Sponsors Link

4 Cara Merawat Mobil Carry Tua Agar Kondisinya Baik

Sponsors Link

Jaman semakin berubah dan begitu pula teknologi. Dari masa ke masa, segala sesuatu menjadi lebih canggih dan menarik. Tak terkecuali dunia mobil yang tersentuh perubahan terknologi. Cukup banyak mobil jenis baru yang bermunculan sekarang.

ads

Tapi, masih ada saja orang-orang yang hobinya mengkoleksi mobil-mobil jadul. Mereka adalah penikmat keunikan mobil-mobil tua tersebut. Dunia mobil tua memang menarik. Jika anda termasuk orang yang mampu, maka sebaiknya perlu mengetahui mobil antik termahal di dunia. Jika tertarik dengan yang murah, maka perlu tahu mobil tua yang bandel dan irit dan mobil bekas berkualitas di bawah 50 juta. Mungkin anda lebih tertarik pada sedan maka mobil sedan paling irit tahun 90an. Yang paling perlu dipertimbangkan adalah tips membeli mobil bekas tua.

Tapi mobil tua tentu beda perawatannya karena mesin yang tentu berbeda dengan mesin mobil saat ini. Anda perlu tahu cara merawat mesin mobil tua. Contohnya jika anda memiliki mobil Carry Tua.

Pemilik perlu mengetahui cara merawat mobil Carry tua karena penanganannya berbeda dengan mobil masa kini. Aslinya merawat mobil Carry tua cenderung mudah. Yang terpenting hanya perlu memperhatikan mobil Carrynya. Ada beberapa aspek yang perlu anda perhatikan untuk merawat mobil Carry tua.

  • Penggunaan BBM dan Oli

Cara merawat mobil Carry tua pertama kita lihat dari penggunaan oli dan bensin. Mobil Carry yang sudah digunakan lebih dari sepuluh tahun lebih memerlukan suplai oli lebih banyak agar kerja mesin tetap optimal. Mesin Carry sudah lemah karena sudah lama digunakan. Ibarat lansia yang sudah terlalu lemah untuk melakukan berbagai macam aktivitas dan pikiran berat. Untuk menekan tingkat emisi mesin Carry, direkomendasikan untuk mengganti oli mobil Carry 2500 km sekali. Selain itu, oli bermanfaat untuk meringankan performa mobil. Gunakan oli yang kekentalannya SAE 10-40 W atau 15-40 W.

Untuk bahan bakarnya, lebih baik gunakan pertamax. Cukup banyak kelebihan pertamax dibandingkan BBM bersubsidi lainnya. Proses pembakaran pertamax lebih baik sehingga tenaga yang dihasilkan lebih kuat, noda di tempat pembakaran relatif sedikit, kompresinya lebih baik sehingga suara yang dihasilkan lebih lembut dan ramah lingkungan karena pertamax tidak menggunakan timbal. Coba isi BBM dengan rutin agar tangki BBM tidak cepat keropos.

  • Selalu Periksa Ring, Kabel dan Karet Penyangga

Selain memperhatikan penggunaan BBM dan oli, cara merawat mobil Carry tua kedua adalah memperhatikan ring, kabel dan karet penyangga. Tiga benda ini memang terlihat remeh tapi sangat penting.

Untuk kondisi ring, jangan sampai ringnya rapuh dan berkorosi. Dua manfaat ringnya baik bisa membuat suara mesin lebih halus dan aliran BBM lebih lancar. Ganti ring jika kondisinya sudah rapuh dan berkorosi.

Selalu periksa kondisi kabel dan pastikan kondisinya tidak rapuh dan tidak mengelupas. Karena salah satu sebab konslet adalah kabel yang mengelupas. Bahkan lebih buruknya lagi terjadi percikan di kabel yang berpotensi kebakaran. Mesin juga susah dinyalakan jika kabel mengelupas. Penggantian kabel diperlukan bila kondisinya sudah seperti itu.

Di pintu-pintu mobil Carry ada karet penyangga. Karet-karet ini perlu anda perhatikan. Pastikan karetnya tidak sobek karena biasanya akan terdengar suara desingan ketika mengendarai mobil Carry anda. Air hujan juga lebih mudah masuk jika karet penyangganya robek.

Sponsors Link

  • Melakukan Pemeriksaan Pada Mesin Mobil

          Cara merawat mobil Carry ketiga adalah membuat jadwal rutin untuk memeriksakan mesin mobil Carry anda. Mesin mobil Carry tua cukup sering mogok. Jangan sampai mesin mobil mogok ketika anda mengendarainya di hutan waktu malam hari. Anda perlu tahu cara mengatasi mobil carry mogok. Jika anda merasakan ada yang tidak beres pada mesin Carry, anda bisa langsung melakukan perawatan.

Jika mampu, anda juga bisa merawatnya sendiri tanpa harus ke bengkel. Cukup memiliki alat, pengetahuan dan keterampilan untuk mengganti komponen mesin yang rusak di rumah. Tapi jika tidak mampu, bawa saja mobil Carry anda ke bengkel. Lalu amati dan belajar dari para montir agar anda nantinya tidak perlu repot-repot membawa mobil ke bengkel. Intinya, usahakan agar mesin mobil Carry anda selalu dalam kondisi sehat. Anda juga perlu tahu cara mengecek mesin pada mobil bekas.

  • Rutin Membersihkan Mobil Carry

Keempat, cara merawat mobil carry tua adalah membersihkan mobil. Bersihkan mobil secara menyeluruh dan sempurna. Tidak hanya bodi mobil Carry, tapi hingga bagian-bagian mobil yang mudah terjangkau oleh anda. Untuk lebih spesifiknya anda perlu tahu cara membersihkan mesin mobil tua.

Sponsors Link

Untuk interior mobil carry, beli lap basah dan parfum mobil. Harga lap basah atau disebut kanebo berkisar Rp 20.000 hingga Rp 70.000. Sedangkan parfum mobil harganya berkisar Rp 50.000. Parfumnya lumayan agar interior mobil Carry tetap wangi. Sedangkan lap basah berguna agar bagian dalam tidak berdebu.

Untuk bodi mobil, jangan menggunakan deterjen. Susunan kimia deterjen bisa merusak bodi mobil carry. Ada beberapa orang yang menganggap bahwa deterjen bisa membuat mobil semakin mengkilat. Memang secara jangka pendek terlihat bagus. Tapi, secara jangka panjang, nanti di bodi mobil Carry akan muncul bercak yang sedikit meluntur karena panas. Kandungan kimia di deterjen memang bersifat panas. Penggunaan deterjen hanya dibolehkan untuk kaki-kaki dan roda-roda mobil saja.

Anda juga bisa menggunakan sabun cuci piring. Selain murah, bahannya juga ramah. Tidak ada sifat panas seperti deterjen. Sabun cuci piring bisa membersihkan noda minyak dan lumpur. Tapi, lebih amannya, gunakan pembersih khusus mobil. Untuk lebih umumnya anda perlu tahu cara mencuci mobil.

Demikian informasi cara merawat mobil Carry tua. Semoga informasi ini dapat membantu anda untuk menjaga keandalan mobil Carry dan tetap bekerja dengan optimal.

Sponsors Link
, , ,




Oleh :
Kategori : Perawatan