Sponsors Link

4 Tips Membeli Mobil Bekas Tua Aman dan Mudah

Sponsors Link

Majunya perkembangan zaman memang membuat banyak sekali produk-produk mobil dengan teknologi terbaru bermunculan di pasaran. Bahkan kini didukung dengan desain yang keren dan pastinya akan sangat menarik minat konsumen di pasaran. Namun meskipun begitu bukan berarti jika peminat mobil tua menurun, bahkan seperti Mobil sedan paling irit tahun 90an masih banyak diburu orang hingga saat ini. Mobil tua memiliki kesan antik dan limited yang menjadikannya daya tarik tersendiri. Namun dalam membeli mobil yang sudah tua tentu saja anda harus ekstra berhati-hati, agar jangan sampai nantinya anda salah membeli. Nah berikut ini ada beberapa tips membeli mobil bekas tua yang murah dan aman yang bisa anda lakukan.

ads

1. Perhatikan Anggaran Anda 

Tips membeli mobil bekas yang pertama harus dilakukan adalah dengan memperhatikan anggaran yang anda miliki. Cobalah untuk melakukan riset tentang informasi seputar harga-harga jual dari mobil tua saat ini di pasaran. Dan setelah itu bandingkan dengan kondisi keuangan yang anda miliiki. Apakah mobil-mobil yang anda incar cocok dengan kondisi finansial anda? Tipsnya adalah siapkan anggaran yang memang realistis dan sesuai dengan pasaran. Konsisten pada anggaran yang sudah anda buat sebelumnya. Jika memang belum menemukan harga yang cocok, maka sebaiknya tunda dahulu keputusan untuk membeli mobil tua. Namun jika memang anda menemukan harga yang cocok, maka anda bisa melanjutkannya.

2. Cek Kondisi Body Mobil

Setelah anda menemukan mobil tua yang bandel dan irit seperti yang anda inginkan, maka datangi tempat penjualan mobil tersebut. Pertama kali cek kondisi body mobil. Cari tau tentang sejarah mengenai mobil tersebut, apakah pernah mengalami kecelakaan atau tabrakan. Hal ini sangat penting ketika anda memutuskan untuk membeli mobil bekas yang tua. Cobalah untuk membeli mobil tua dengan kondisi body mobil yang masih baik. Banyak orang yang beranggapan jika membeli mobil dengan kondisi mesin yang bagus meskipun body kurang baik akan lebih menghemat.

Namun sebenarnya pernyataan ini salah, akan lebih ekonomis jika anda membeli mobil tua yang memiliki body masih sangat mulus, tanpa cacat, bahkan masih orisinil bagian luar dan dalam meskipun kondisi mesin kurang baik. Cobalah perhatikan pada bagian car mobil, apakah terdapat goresan, penyok, karat, atau bahkan masih mulus. Bagian fisik mobil ini sama sekali tidak boleh luput dari perhatian.

Cek dengan detail setiap bagian body mobil, termasuk pula plafon mobil. Plafon mobil yang masih bagus, memiliki kondisi yang masih cukup tebal. Hal ini karena fungsi plafon yang digunakan untuk melindungi suhu udara yang ada di dalam kabin mobil terutama saat kondisi cuaca sekitar sedang panas. Kemudian berlanjut pada bagian ban mobil, jika kondisi ban memang sudah menipis maka mungkin anda perlu menggantinya. Jangan lupakan pula pada bagian bawah mobil, lampu, dan lainnya, jangan sampai luput dari perhatian anda. Dan yang paling penting adalah memeriksa dengan teliti bagian rangka mesin dan komponen kaki kaki mobil.

Sponsors Link

3. Hidupkan Mesin Kendaraan 

Setelah itu mintalah untuk menghidupkan mesin mobil tua tersebut. Setelah itu perhatikan bunyi yang dihasilkan mesin maupun bunyi-bunyi lainnya yang muncul saat mobil dihidupkan. Dengarkan dan amati dengan seksama. Periksa bagian knalpot, apakah masih dalam kondisi normal atau tidak. Cek jelaga yang ada di dalam knalpot dengan menggunakan jari anda. Pastikan jika kondisi jelaga masih dalam kondisi kering.

Lihat asap yang dihasilkan, melalui asap knalpot tersebut anda bisa membaca jika terdapat masalah atau tidak pada bagian silinder bakar, ring seher, ataupun terdapat kebocoran pada saat proses pembakar.  Jangan lupa untuk mengecek setiap fitur-fitur yang ada di dalam mobil, apakah masih berjalan normal atau tidak, misalnya saja seperti lampu mobil dan klakson mobil.

4. Cek Semua Surat-Surat Kelengkapan

Tips membeli mobil bekas tua lainnya yang wajib untuk dilakukan adalah dengan mengecek semua surat-surat kelengkapan mobil tersebut. Jika memang anda sudah deak dengan mobil tersebut, maka jangan lupa untuk mengecek surat-surat kelengkapan seperti STNK, BPKP, dan lainnya. Cocokkan nomor yang tertera pada BPKB dan STNK dengan nomor yang tertera pada body dan mesin mobil. Jika memang cocok, maka mobil tersebut aman untuk anda beli. Namun jika tidak cocok, maka akan lebih baik untuk tidak membeli mobil tersebut meskipun kondisi mobil masih bagus. Hal ini akan sangat beresiko kedepannya.

Sponsors Link

Membeli mobil bekas tua memang sedikit merepotkan, sehingga anda memang perlu bersabar dan mengecek dengan penuh teliti. Sehingga anda bisa mendapatkan mobil tua yang anda inginkan dengan harga yang tentu saja sesuai dengan kondisi anda.

Jika memang anda kurang memahami tentang bagian-bagian mobil, akan lebih baik jika anda membeli mobil bekas tua di tempat penjualan mobil yang memang sudah terpercaya. Sehingga meminimalisir jika terjadi resiko-resiko yang dapat merugikan anda kedepannya. Nah itu tadi beberapa tips membeli mobil bekas tua yang aman dan tentunya dapat menghindarkan anda dari resiko membeli mobil tua yang tidak tepat. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk anda.

Sponsors Link
, ,




Oleh :
Kategori : Tips dan Trick