Sponsors Link

Cara Memperbaiki Bumper Mobil Yang Penyok Paling Mudah

Sponsors Link

Kecelakaan mobil sering kali terjadi tanpa terduga. Padahal kita sudah berusaha hati-hati dan teliti ketika mengemudi atau mengemudi secara pelan, masih ada saja orang lain yang ceroboh dalam mengemudi dan sialnya menabrak kita. Bahkan pengemudi yang ahli pun terkadang gagal dan tertabrak ketika berusaha menghindari pengemudi lain yang ugal-ugalan. Ketika kita sudah berusaha mempertahankan keselamatan mengendara, malah orang lain yang merusak keselamatan berkendara kita. Karena itulah, perusahaan mobil memberi bumper di sisi depan dan belakang mobil.

ads

Fungsi bumper adalah untuk mengurangi dampak kerusakan dari tabrakan atau benturan dengan mobil yang ugal-ugalan. Rusak ya memang jelas rusak. Tapi paling tidak, dengan bumper, kekurangannya tidak keterlaluan. Biasanya bumper dipasang di sisi depan dan belakang mobil. Tapi beberapa pemilik mobil yang sangat berhati-hati juga memasang bumper di sisi kanan dan kiri mobil. Bumper menjadi korban pertama dari tumbukan dua benda yang beradu ini.

Ada dua jenis bumper dilihat dari bahannya. Yaitu bumper fiber atau plastik dan bumper besi. Kelebihannya bisa dibentuk sesuai dengan berbagai macam jenis mobil dan ringan. Kelemahan bumper jenis ini mudah retak dan hancur ketika berbenturan dalam kecepatan yang tinggi. Contohnya seperti MPV, City Car dan SUV. Bumper jenis ini sangat disukai di negara Jepang. Bumper jenis kedua yaitu bumper besi. Kelebihan dan kelemahan bumper besi kebalikan dari bumper plastik.

Karena keras, bumper ini lebih dipercaya keselamatannya daripada bumper plastik. Bumper besi lebih disukai oleh penduduk Eropa daripada Jepang. Bumper plastik rawan dan lemah akan tubrukan. Jika mengalami tabrakan, minimal bumper plastik akan pecah dan maksimal akan hancur. Jika kerusakan pada bumper tidak parah atau hanya penyok, daripada beli baru, anda masih bisa memperbaikinya. Seperti karena menabrak trotoar. Berikut cara memperbaiki bumper mobil yang penyok

  • Gunakan Hair Dryer

Cara memperbaiki bumper mobil yang penyok pertama adalah menggunakan hair dryer. Benda ini ternyata tidak hanya berguna untuk mengeringkan rambut saja, tapi juga bisa meluruskan bumper mobil yang penyok. Sebelum menggunakan hair dryer, dapatkan ijin dari istri dulu. Biasanya istri tidak terima kalau barangnya digunakan untuk yang hal aneh.

Jika sudah mendapatkan ijin, anda bisa mulai bekerja. Anda perlu menyiapkan beberapa bahan. Metode ini membutuhkan dua buah hair dryer dan cat mobil yang warnanya sama dengan bumper anda. Langkah awalnya, gunakan hair dryer untuk memanaskan bumper mobil anda. Bumper berbahan plastik akan meleleh sedikit. Prinsipnya seperti fungsi las. Ketika sudah meleleh, doronglah secara perlahan bagian dalam bumper dengan tangan. Bisa juga dengan palu karet hingga bagian yang penyok bisa lurus kembali. Teruskan sampai bagian yang penyok sudah normal seperti sedia kali. Kemudian gunakan cat yang sewarna dengan bumper untuk menutupi goresan karena penyok.

Bicara masalah cat mobil agar terlihat lebih cantik dan bersih, anda harus memperhatikan beberapa hal. Seperti cara mengecat mobil sendiricara menghilangkan noda pada cat mobilcara menghilangkan jamur pada cat mobil dan cara mengkilapkan cat mobil. Gunakan pula pelindung cat mobil yang bagus agar tahan lama mengkilapnya.

Sponsors Link

  • Gunakan Air Panas

Selain dengan hair dryer. Cara memperbaiki bumper mobil yang penyok kedua adalah menggunakan air panas. Lakukan cara ini jika istri tidak mengijinkan anda untuk menggunakan hair dryer. Cukup ada air, panci dan kompor saja bahannya. Untuk perwarnannya, gunakan kuas dan cat yang sewarna dengan bumper.

Jika anda sudah menyiapkan semuanya, bisa kita mulai penyembuhan bumper mobil anda yang penyok. Pertama, panaskan air hingga mendidih dan bawalah ke dekat bumper mobil. Siramkan air panas ke area bumper yang penyok. Lakukan perlahan dan hati-hati. Pastikan agar tidak terkena kaki atau kulit anda. Setelah bumper melunak, dengan tangan anda, doronglah bumper mobil dari dalam hingga bagian yang penyok kembali normal. Terakhir, gunakan cat dan kuas agar bumper mobil anda kembali seperti baru. Jika cat mobil anda rusak atau memburuk, anda perlu tahu bagaimana cara memperbaiki cat mobil.

Sponsors Link

Agar bumper mobil anda lebih awet dan berumur panjang, anda bisa melakukan beberapa perawatan. Di antaranya seperti tidak memilih dan tidak memaksa mobil untuk melewati jalan yang buruk. Kalau pun harus, sebaiknya jangan sering-sering. Kemudian periksa dan sering kencangkan sekrup-sekrup yang menahan bumper mobil agar tidak longgar dan tidak terjadi kerusakan di lubang sekrup bumper. Terakhir, jangan kurangi ketinggian mobil agar bumper lebih tahan lama. Untuk informasi tentang perawatan bumper yang lebih lengkap, anda perlu membaca tips merawat ban mobil. Anda perlu tahu tips aman mengendarai mobil sedan bagi anda para pemilik mobil sedan agar bumper anda tidak mentok.

Demikian informasi tentang cara memperbaiki bumper mobil yang penyok. Untuk perbaikan bumper robek dan renggang, anda perlu membaca cara memperbaiki bumper mobil dan cara menghilangkan lecet pada bumper agya jika anda pemilik mobil Toyota Agya. Semoga dengan informasi ini, bumper anda kembali lurus dan normal kembali. Sehingga enak dan bagus untuk dilihat.

Sponsors Link
, , ,