Sponsors Link

Mengenal Fitur Child Safety Lock di Mobil

Sponsors Link

Sebagaian keluarga banyak yang bepergian menggunakan alat transportasi roda empat, yakni mobil. Mobil memang merupakan salah satu alat transportasi yang praktis dan ringkas jika dibandingkan dengan kendaraan umum seperti bua. Pernahkah ketika anda bepergian dengan mobil dan pada saat itu membawa anak – anak kecil di kursi belakang dan kedua orang tuanya berada di kabin depan? Sudah kodratnya jika anak – anak suka iseng untuk mencoba hal baru yang baru mereka ketahui.

ads

Dan pada saat anak – anak menemukan hal yang baru mereka tanpa berpikir panjang, sehingga tidak menutup kemungkinan ketika mobil melaju si kecil mencoba untuk membuka pintu, mungkin Anda beranggapan akan aman – aman saja karena pintu sudah dikunci dan dalam menggunakan central lock.

Akan tetapi bagaimana jika pengunci pintu juga dibuka oleh si kecil dari dalam? Untuk mengantisipasi hal tersebut maka pabrikan mobil tersebut sudah melengkapi produknya dengan sistem pengunsian yang modern. Atau fitur kunci pengaman anak atau yang sering disebut dengan child safety lock pada setiap pintu belakang mobil yang sudah dilengkapi dengan perangkat penguncian tersebut. Pemahaman terhadap cara aman berkendara mobil saat berputar arah juga perlu anda ketahui sobat, agar tetap aman.

Child safety lock merupakan salah satu fitur penguncian yang modern, biasanya sistem penguncian ini bisa ditemukan pada mobil – mobil yang sudah dilengkapi dengan fitur ini. Child safety lock merupakan tuas kecil yang terletak pada pintu mobil yang berfungsi untuk menonaktifkan handle pintu bagian dalam. Jadi ketika fitur ini aktif dan kita ingin membuka handle pintu dari dalam maka pintu tersebut tidak akan bisa terbuka (bahkan ketika pengunci pintu sudah dibuka dari sistem penguncian otomatis atau cental lock).

Satu – satunya cara adalah dengan membuka dari handel pembuka di bagian luar pintu tersebut. Fitur child safety lock ini hanya tersedia pada kedua pintu belakang, lalu kenapa demikian? Karena pada dasarnya possi menempatkan anak – anak pada saat berkendara menggunakan mobil anak tersebut pasti ditempakan di belakang. Dan diciptakan child safety lock tersebut bertujuan agar anak di dalam mobil yang duduk di kursi belakang aman dari pintu terbuka.

Pabrikan telah merancang hal tersebut dengan dilengkapi dengan tombol untuk menon aktifkan power window di semua pintu mobil kecuali pintu pengemudi. Terlebih lagi jika mobil anda sudah dilengkapi dengan fitur keselamatan air bag, jika sewaktu – waktu terjadi kecelakaan dan air bag tersebut akan secara otomatis mengembang justru akan membahaykan nyawa si anak yang berada di depang sehingga pabrikan selalu memberi peringatan untuk tidak mendudukan anak balita di posisi kursi depan mobil. Anda juga perlu tahu cara merawat pintu mobil agar bisa memaksimalkan kenyamanan.

Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat anda gunakan sebagai panduan untuk meng aktifkan child safety lock di pintu belakang mobil:

  • Cara yang pertama yakni dengan cara membuka pintu belakang, anda akan melihat tuas kecil lazimnya berwarna putih tapi untuk beberapa jenis mobil di Indonesia ada yang berwarna hitam (seperti pada kijang Innova).
  • Geser tuas pengunci pada posisi “lock” maka fitur penguncian modern ini akan aktif dan anda tidak akan bisa membuka dari handel bagian dalam.
  • Untuk menon aktifkan sistem penguncian child safety lock ini geser tuas ke posisi free. Kemudian handel bagian dalam pintu moil akan berfungsi lagi seperti semua.
Sponsors Link

Jadi pada dasarnya produsen mobil menciptakan sistem punguncian child safety ini hanya untuk menambah sistem keamanan mobil saja. jika pada saat anak duduk di kursi bagian belakang dan orang tuanya yang duduk pada kursi depan tidak mengawasi atau terlepas dari pengawasan orang tua, membuka pintu pada saat mobil melaju, pintu tidak akan bisa terbuka karena sistem keamanan child safety lock sudah diaktifkan.

Dan anda juga perlu khawatir jika anak balita yang duduk pada kursi belakang membuka pintu. Jangan lupa pasangkan sabuk pengaman ada anak karena ketika sabuk pengaman terpasang anak tersebut akan mempunyai peluang yang sangat kecil untuk melakukan hal yang dapat membahayakan nyawanya. Karena dengan menggunakan sabuk pengaman badan anak pun akan mempunyai ruang yang sempit untuk bergerak secara leluasa dan tangan anak pun memiliki kemungkinan kecil untuk menggapai tuas pintu mobil.

Akan tetapi, anda sebagai orang tua dari anak tersebut juga tidak boleh lengah untuk mengawasi anak balita anda yang duduk di kursi belakang. Anda dapat mengajaknya berkomunikasi secara terus menerus atau Anda bisa juga memberinya mainan agar anak tersebut asik dengan mainannya dan tidak akan tertarik dengan hal atau benda baru yang mereka ketahui pada saat di dalam mobil yang dapat membahayakan.

Sponsors Link

Nah itulah ulasan mengenai child safety lock yang dapat anda ketahui dan dapat anda terapkan dalam sistem mengemudi anda agar anak balita maupun orang yang ada disekitar anda aman. Demikian artikel yang dapat saya ulas kali ini mengenai child safety lock.

Semoga artikel di atas dapat bermanfaat serta dapat menambah wawasan kita semua. jangan remehkan hal sekecil apapun karena bisa jadi hal yang kecil tersebut bisa membuat aman. Kenali terlebih dahulu kerusakan yang terjadi pada mobil anda sebelum memutuskan untuk mengikuti cara – cara yang penulis berikan. Terima kasih.

Sponsors Link
, , , , ,




Oleh :
Kategori : Info Mobil