Sponsors Link

2 Cara Aman Berkendara Mobil Saat Berputar Arah

Sponsors Link

Berkendara dengan cara yang baik dan benar tentunya adalah salah satu hal yang sangat penting dan tentunya perlu untuk  kita lakukan bersama untuk mewujudkan cara berkendara yang mengutamakan keselamatan dan keamanan dalam berkendara secara keseluruhan.

ads

Untuk itulah sobat, keahlian dan kecakapan dalam berkendara tersebut sangatlah dibutuhkan untuk menjamin keselamatan pengendaraan tersebut. Untuk mendapatkan keahlian dan kecakapan atau juga kemahiran dalam berkendara tersebut, tentunya sangat dibutuhkan SIM ( Surat Ijin Mengemudi ). SIM ( Surat Ijin Mengemudi ) adalah surat yang akan menjamin anda untuk bisa berkendara di jalan raya. Tanpa adanya dokumen SIM tersebut, maka anda tidak akan bisa berkendara di jalan raya seperti yang anda inginkan.

Adanya SIM ( Surat Ijin Mengemudi ) tersebut digungsikan untuk memastikan bahwasanya anda sudah bisa mengemudikan kendaraan tersebut dengan cara yang benar. Sebut saja pada saat berbelok atau memutar, maka tentunya anda harus berhati hati penuh untuk hal tersebut, karena seperti yang sudah kita ketahui bersama, justru sangat sering sekali terjadi kecelakaan pada saat berputar arah tersebut. Lantas bagaimana cara aman berkendara mobil saat berputar arah? Berikut ulasannya untuk anda.

Pada umumnya sobat, mberputar balik arah secara umum terdapat dua macam, yakni putar balik di jalan yang sama, ( three point turn ). Untuk melakukan putar balik di jalan yang sama yang tidak memungkinkan untuk dilakukan dengan sekali putar, meski dengan setir penuh. Nah sobat, berikut ini adalah langkah yang harus anda lakukan untuk  untuk melakukan putar balik dengan jenis ini, antara lain :

1. Cara Putar Balik dengan Cara Three Point Turn

Cara berbelok dengan  menggunakan teknik atau cara three point turn antara lain adalah sebagai berikut :

  • Set gigi trasmisi ke posisi 1
  • Jika mobil anda sedang ada dalam posisi kiri, dan ingin memutar ke sebelah kanan, maka segera majukan mobil anda sembari belokkan setir mobil anda ke sebelah kanan.
  • Setelah itu, lalu mundurkan mobil anda dan sambil membelokkan setir mobil (power stering) anda ke sebelah kiri.  Setelah itu, anda silahkan maju lagi dan sambil membelokkan setir ke sebelah kanan. Atau dengan kata lain, urutannya adalah maju ( kanan ) à mundur (  kiri ) à maju lagi ( kanan ).
  • Adapun jika mobil anda pada awalnya berada di sisi kanan dan ingin memutar ke mobil kiri, maka majukan mobil tersebut  sambil membelokkan setir ke kiri anda, setelah itu mundur dan belokkan setir ke bagian kanan, lalu maju lagi dengan memelokkan setir ke kiri. Sehingga urutannya adalah maju ( kiri ) à mundur à ( kanan ) à terus silahkan maju lagi.

Selain itu ada pula cara berbelok ataur berputara arah yang disebut dengan u – turn. Adapun cara aman berkendara berputar dengan menggunakan cara u – turn tersebut antara lain adalah sebagai berikut :

Sponsors Link

2. Cara Putar Balik dengan Cara U –  Turn

Cara berbelok dengan  menggunakan teknik atau cara u – turn antara lain adalah sebagai berikut :

  • Silahkan ambil lajur yang paling dekat, dengan pembatas antar jalan
  • Set gigi ke transmisi 1
  • Ketika ujung putaran sejajar dengan bagian tengah mobil anda, maka mulailah putar setir penuh ke arah yang akan anda inginka untuk berputar.
  • Jika pada saat akan berputar namun ada mobil dari arah yang lain, maka hentikan terlebih dahulu mobil anda sebelum benar benar ingin berputar. Caranya adalah dengan menginjak pedal kopling lalu pedal rem mobil,  selanjutnya silahkan lepaskan pedal kopling perlahan, sehingga mesin  mobil anda bergetar dan pedal rem akan tetap terinjak.
  • Setelah anda menemukan atau mendapatkan runag untuk berputar, lepaskan pedal rem secara perlahan dan sempurnakan putaran mobil anda. ambil pula lajur terdekat dengan pembatas jalan raya, terutama jika lalu lintas tempat anda akan berputar arah tersebut sedang dalam kondisi yang ramai.

Itulah sobat cara aman berkendara mobil saat berputar arah yang bisa anda jadikan sebagai refresni khususnya anda yang baru belajar menggunakan mobil dan baru belajar memutar arah.

Sebagai tambahan informasi untuk anda sobat, pada saat anda akan memutar arah, maka baiknya  juga harus memperhatikan posisi tangan anda.  Pada saat pengemudi mau bermanuver, maka baiknya kondiis tangan anda seperti posisi jarum jam angak 9 dan 3.

Sponsors Link

Selain karena posisinya sejajar dengan jantung,  posisi tersebut juga sesuai dengan  perkembangan teknologi utama  keselamatan berkendara. Posisi ini juga disebut tidak menghalangi keluarnya air bag atau kanting udara yang ada dalam mobil anda. Untuk itulah sobat, untuk masa sekarang ini, pengait tangan pada mobil sudah banyakan menggunakan 9 –  3 tersebut.

Demikianlah ulasan yang bisa penulis sajikan untuk anda, semoga ulasan ini bermanfaat bagi anda yang sudah berkunjung dan membaaca artikel ini. Sampi jumpa pula di ulasan yang selanjutnya, tentnya pembahasan yang tidak kalah menarik lainnya. Kenali terlebih dahulu kerusakan yang terjadi pada mobil anda sebelum memutuskan untuk mengikuti cara – cara yang penulis berikan. Salam otomotif.

Sponsors Link




Oleh :
Kategori : Tips dan Trick