Sponsors Link

Manfaat Lain dari Rem Parkir Saat Kondisi Darurat

Sponsors Link

Rem parkir (atau dalam bahasa umum yakni Rem Tangan) adalah sebuah kabel rem parkir pada mobil dengan sistem pengereman pada kendaraan bermotor, khususnya kendaraan roda empat maupun lebih. Rem Parkir umumnya berfungsi untuk menahan mobil bergerak dalam posisi kemiringan jalan yang miring,

ads

terutama dalam keadaan menanjak maupun menurun. Fungsi rem parkir ini dapat digunakan sebagai pengganti rem utama jika mobil dalam kondisi berhenti yang cukup lama, semisal dalam kondisi kemacetan atau saat parkir. Setiap mobil, truk, maupun bus, dilengkapi dengan rem parkir dengan tuas dan cara kerja yang bervariasi,

bergantung pada model mobil dan juga bobot kendaraan. Rem parkir ini umumnya terletak di tengah-tengah antara dua kursi depan, biasa dioperasikan dengan tangan ditarik untuk mengaktifkan rem ini yang mana rem parkir ini sering disebut sebagai rem tangan.

Mungkin yang anda ketahui fungsi dari rem parkir atau rem tangan ini ialah digunakan atau difungsikan khusus hanya pada kendaraan ketika sedang dalam keadaan terparkir, padahal masih banyak sekali fungsi atau manfaat lain dari tuas rem tangan atau rem parkir ini yang bisa kita pergunakan dengan baik sesusai perbedaan teknik pengereman pada mobil matic dan manual.

Lalu apa sajakah fungsi dari tuas rem parkir yang ada pada sebuah mobil tersebut selain difungsikan untuk menahan posisi mobil agar tidak berpindah atau bergeser dari posisi semula saat sedang diparkirkan ? dibawah ini adalah beberapa fungsi lain yang bisa kalian manfaatkan dari sebuah rem tangan.

1. Membantu mengistirahatkan mobil sejenak di lampu merah

Ketika anda sedang mengemudi dan kebetulan sedang terkena lampu merah sehingga mengharuskan anda untuk berhenti sejenak, maka dengan memanfaatkan rem tangan ini membuat anda tidak perlu lagi harus capek capek menginjak pedal rem dan

tidak perlu takut mobil berjalan sendiri di lampu merah yang menanjak atau menurun. Namun yang perlu anda perhatikan adalah, jangan sampai anda lupa untuk menonaktifkan kembali rem tangan jika lampu sudah menyala hijau ya.

2. Membantu stop and Go di jalan menanjak

Yang namanya macet tentu saja tidak mengenal yang namanya kondisi jalanan, baik itu dijalan rata, dijalan menurun ataupun di jalan menanjak. Nah seringkali jalanan jalanan menanjak ini mengalami kemacetan bahkan sampai ada yang parah misalnya jalur ke puncak.

Sponsors Link

Dengan adanya rem tangan ini anda bisa memanfaatkan mobil untuk stop and go pada jalanan tanjakan tanpa takut mobil kembali mundur dan menabrak kendaraan lain dibelakang. Penggunaan rem parkir atau rem tangan di jalan tanjakan yang macet ini lebih disarankan ketimbang menggunakan rem kaki.

3. Untuk membantu melakukan manuver ekstrim ( drifting )

Ada sebuah olahraga mobil yang mana si pengemudi harus melakukan belokan belokan alias manuver tajam yang disebut dengan olahraga slalom / drifting, dan untuk melakukan hal itu diperlukan yang namanya tuas rem tangan. Tanpa adanya rem tangan ini anda tidak bisa melakukan itu semua.

ads

4. Membantu pengereman mobil saat pedal rem mengalami blong

Terkadang karena panik atau apa, ketika seseorang terjebak dengan kondisi pedal rem yang tidak mau merespon alias blog, mereka menjadi nge blank dan tidak tahu harus berbuat apa untuk menghentikan atau memperlambat laju mobilnya. Nah dengan memanfaatkan rem tangan diikuti dengan penggunaan engine brake ini, akan sangat membantu anda dalam menghentikan laju mobil yang remnya mengalami blong.

Jenis Rem Parkir & Penggunaannya

  • Stik

Pada zaman dahulu kala, ketika mobil manual merajai jalanan dan hanya ada segelintir mobil matic, seluruh rem tangan memiliki desain dasar serupa berupa stik. Penempatannya pun sama, di tengah di antara  dua kursi paling depan. Untuk menggunakan jenis ini, cukup tarik ke atas maka mobil akan diam selama parkir.

  • Pedal

Desain ini tergolong baru dan digunakan pada Nissan Teana. Untuk mengaktifkannya, injak pedal yang tersedia di dekat kaki. Model ini user-friendly karena memberi tangan kebebasan untuk memegang kendali setir. Namun harap diingat, rem tangan yang diinjak fungsinya sama persis dengan rem tangan tongkat. Jadi, tetap gunakan pedal rem tangan sebagaimana rem tangan pada umumnya.

Perawatan Rem Tangan atau Rem Parkir

Ada kesamaan pada rem tangan dengan rem biasa, yaitu sama-sama penting membutuhkan perawatan. Karena itu, ikuti langkah-langkahnya di bawah ini:

  • Apapun Bentuknya, Fungsinya Sama

Perlakukan rem tangan sebagaimana mestinya, yaitu hanya untuk parkir seharian, jalanan macet menanjak, dan rem darurat bila rem biasa blong.

  • Membersihkan dengan Rutin

Bersihkan kotoran di rem tangan, seperti debu dan kerak pada cakram setiap 1000 s/d 2000 km untuk penggunaan normal. Bila tidak yakin Anda mampu membersihkannya, segera bawa ke bengkel resmi Nissan.

  • Batasan Parkir

Selain biaya parkir yang mahal, parkir terlalu lama tidak disarankan. Parkir berhari-hari sambil mengaktifkan rem tangan dapat merusak disc brake, terutama bila mobil melewati genangan air atau parkir di daerah berkelembapan tinggi. Rem tangan maksimal digunakan selama satu hari. Jika lebih dari satu hari, sebaiknya mobil diganjal dengan kayu.

Nah ternyata banyak juga ya manfaat lain dari sebuah rem tangan alias rem parkir ini. Semoga tulisan diatas dapat memberikan pengetahuan yang lebih dalam mengenai fungsi dan manfaat rem parkir mobil. semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Info Mobil