Sponsors Link

Hal yang Wajib Diperhatikan saat Knalpot Mobil Bocor

Sponsors Link

Knalpot adalah salah satu bagian dari kendaraan  yang berfungsi untuk membuang gas emisi hasil pembakaran mesin. Selain itu, knalpot ini juga sekaligus bertugas untuk meredam suara bising dari proses pembakaran. Setiap bagian atau komponen mobil tentu harus diperhatikan dan dirawat

ads

agar tidak menimbulkan masalah yang tentu saja akan mengganggu kenyamanan dan juga bisa membahayakan seperti asap putih dari knalpot mobil. Seperti kanvas rem menipis, rem sudah mulai aus, atau knalpot mobil yang bocor. Tentu permasalahan tersebut tidak bisa dianggap sepele dan diabaikan begitu saja.

Jika rem atau kanvas yang menipis bisa menimbulkan bunyi dan itu akan membuat kenyamanan anda berkurang karena bunyi tersebut. Namun, jika permasalahan timbul dari penyebab knalpot mobil berembun atau knalpot bocor, maka anda harus segera menanganinya karena jika dibiarkan akan berbahaya.

Berikut beberapa hal yang wajib diperhatikan saat knalpot bocor :

1. Awal Mula atau Gejala Knalpot Bocor

Biasanya, knalpot mobil yang bermasalah akan terdengar suara yang lebih bising dari biasanya. Suara bising ini akan terdengar semakin parah seiring dengan putaran mesinnya. Tanda- tanda lainnya adalah tenaga mesin yang kemudian

akan sedikit berkurang dari biasanya. Berkurangnya tenaga mesin ini akan disusul oleh timbulnya bau yang masuk ke dalam kabin mobil. Tenaga mesin yang berkurang karena putaran mesin yang rendah akan membuat bahan bakar menjadi boros.

2. Penyebab Knalpot Mobil Bocor

  • Karat

Karat adalah salah satu penyebab utama terjadinya kebocoran pada knalpot. Seperti yang kita ketahui, knalpot terbuat dari material metal yang rentan berkarat jika berkontak dengan air atau oksigen. Apalagi jika anda berkendara di jalanan yang basah.

Cipratan air (bercampur bakteri) yang menempel pada knalpot dan tidak segera dibersihkan membuat knalpot menjadi berkarat. Knalpot yang sudah berkarat lebih rentan mengalami kebocoran karena logamnya sudah semakin rapuh.

  • Air yang mengendap dalam pipa

Masih berhubungan dengan poin yang pertama, terkadang kita tidak menyadari kalau ada air yang mengendap di dalam knalpot. Air ini lah yang berpotensi menyebabkan karat di dalam pipa knalpot. Untuk itu, sebaiknya jangan terlalu sering berkendara dalam kecepatan rendah agar air tidak terlalu lama mengendap di dalam pipa.

Sponsors Link

3. Bahaya yang Ditimbulkan

Asap yang berasal dari knalpot mobil merupakan asap yang mengandung banyak partikel-partikel jahat yang berbahaya, seperti karbon monoksida, ozone, formaldehyde dan juga bisa terdapat timbalnya. Jika molekul-molekul tersebut

hidup oleh paru-paru kalian, kemudian terserao dan mengalir dalam darah. Maka hal itu tentu akan mencemari organ dalam tubuh lainnya, lebihb dari itu, bahaya dari knalpot bocor akan dapat menimbulkan kerusakan pada organ tubuh kalian.

ads

Selain dapat merusak organ tubuh manusia, kebocoran yang terjadi pada knalpot juga terkadang dapat membuat tenaga mesin mobil kalian berkurang dan menjadi loyo. Knalpot bocor dapat terjadi karena beberapa hal, yang salah satunya ialah

karena faktor usia. Selain itu, knalpot bocor juga dapat dipicu oleh karat atau korosi dan korosi yang terjadi bisa disebabkan oleh efek kondensasi atau di karena perbedaan temperatur udara antara luar dan dalam pipi knalpot mobil kalian.

4. Berikut Beberapa Tips atau Cara Terbaik Untuk Menangani Knalpot Mobil Bocor.

  • Mengelas bagian knalpot yang bocor

Jika knalpot mobil anda mengalami kebocoran, anda bisa mengatasinya dengan cara mengelas pada bagian-bagian yang bocor tersebut.

  • Manfaatkan alumunium foil

Yaitu dengan melipat alumunium foil tersebut sampai membentuk tali. Kemudian dibulatkan sampai membentuk lingkaran. Setelah itu pasang alumunium foil ini pada bagian antara pipa knalpot dan bagian pakingnya.

  • Gunakan plastik steel

Selain bisa dengan alumunium foil, anda juga bisa menangani knalpot bocor dengan menggunakan plastik steel. Namun ada resiko yang ditimbulkan bahan ini, yaitu bekas tambalan yang merusak tampilan knalpot. Tapi anda tak perlu khawatir karena bekas tersebut masih bisa dihilangkan.

  • Lem besi

Solusi untuk mengatasi knalpot bocor tanpa harus mengganti adalah dengan menggunakan lem besi. Anda bisa mendapatkan lem besi ini di toko bangunan terdekat. Sebelum anda merekatkan lem besi ke knalpot, pastikan terlebih dahulu knalpot mobil anda sudah benar-benar kering. Setelah ditunggu sampai kering, campurkan lem puih dan lem hitam sampai merata.

Setelah mencampurkan lemnya, tempelkan dan rekatkan segera pada bagian knalpot yang bocor tersebut. Untuk hasil yang lebih optimal, ratakan lem tersebut dengan tangan anda, setelah itu diamkan mengering selama beberapa saat.

  • Ganti knalpot baru

Namun jika kebocoran sudah terlalu parah, anda bisa mengganti dengan knalpot yang baru agar kinerja mesin menjadi lebih baik dan optimal kembali.

Dari uraian diatas, ada beberapa tindakan yang perlu di perhatikan supaya kasus di atas tidak terjadi.

  • Jangan terlalu sering menghidupkan mesin pada putaran idling atau kecepatan rendah dalam waktu yang berulang-ulang.
  • Hal ini untuk mencegah mengendapnya air pada bagian dalam pipa knalpot.
  • Selalu menjaga kebersihan bagian kolong kendaraan terutama pada saat musim hujan. Di antaranya adalah pipa atau saluran knalpot.
  • Periksa dan berikan rawatan yang tepat pada knalpot bila sering melewati daerah-daerah yang mengandung kadar garam tinggi (melewati pantai misalnya).
  • Cara ini untuk mencegah korosi pada pipa knalpot.

Demikian yang dapat disampaikan penulis, semoga menjadi wawasan yang bermanfaat ya sobat, terima kasih.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Teknis