Sponsors Link

3 Tips Merawat Lampu Mobil Paling Lengkap Beserta Ulasannya

Sebagai salah satu komponen terpenting, lampu depan atau head lamp tidak hanya berfungsi menerangi jalan di malam hari tetapi juga memberikan informasi mengenai posisi mobil Anda ke pengendara lain. Oleh karena itu, agar dapat tetap berfungsi dengan optimal dibutuhkan perawatan yang tepat. Seperti halnya komponen mesin mobil, komponen lampu juga sangat penting.

Bila performanya menurun, tentu akan menggurangi kenyamanan berkendara, baik disebabkan oleh penggunaan bohlam dengan daya listrik yang lebih besar, kabel kelistrikan mulai terganggu hingga berembun akibat menerjang banjir. Kerusakan reflektor atau timbulnnya jamur tentu akan mengurangi daya pancar dari bohlam.

Tips Merawat Lampu Mobil 

Pada artikel kali ini saya akan mebahas tentang tips merawat lampu mobil, agar performa lampu mobil tetap terjaga dengan baik, bekerja maksimal sehingga perjalanan pun menjadi nyaman terutama pada malam hari. Yuk kita simak berikut cara merawat lampu mobil :

1. Merawat Bagian Mika

mika lampu bagian terluar headlamp kerap menguning atau nampak kusam. selain menghambat pancaran lampu juga memberikan efek kurang baik untuk penampilan eksterior mobil. Terlihat usang dan tidak sedap dipandang. Beberapa penyebab lampu terlihat kusam adalah selain penggunaan lampu yang tidak sesuai dengan spesifikasi standar yang direkomendasikan pabrik, juga karena sering parkir sembarangan atau parkir di area terbuka.

daftar perlengkapan alat yang perlu anda siapkan :

  • Kain katun yang berbahan halus
  • Kompon, digunakan untuk memoles cat
  • Detergen pekat atau sabun krem
  • Kaus halus
  • Wadah untuk menampung air
  • Lap chamois

Proses membersihkan mika lampu mobil :

  • Setelah semua peralatan siap, tahap selanjutnya yaitu lepas mika lampu dari dudukanya agar proses pembersihan dapat dengan mudah menjangkau semua bagian, terutama bagian dalam yang sulit dibersihkan.
  • Gunakan detergen pekat atau sabun krem untuk mencuci seluruh bagian mika lampu yang terbuat dari plastik. Proses pembersihan ini bertujuan untuk mengurangi flek jamur yang menempel pada lampu. Lakukan langkah ini secara berulang-ulang untuk memastikan head lamp mobil anda bersih dari jamur. Untuk menjangkau bagian dalam, anda bisa menggunakan kaus/kain halus agar semua kotorannya terangkat sempurna.
  • keringkan mika beberapa saat di bawah sinar matahari. Hal ini bertujuan untuk melihat goresan-goresan yang terdapat pada mika lampu.
  • Selanjutnya, oleskan kompon pada permukaan mika. Gosok permukaan mika dengan cara memutar ke kanan berulang menggunakan kain halus. Hindari memutar terlalu keras, hal ini berpotensi merusak head lamp mobil anda.
  • Jika baret mika lampu pada mobil terlihat cukup parah, anda bisa memanfaatkan amplas kertas yang dicampur dengan air. Kemudian gosok perlahan permukaan mika. Hindari menggosok permukaan mika terlalu lama, hal ini akan menyebabkan penipisan pada mika. Jadi, anda harus berhati-hati sekaligus teliti ya?
  • Proses yang terakhir setelah melakukan langkah-langkah diatas ialah cucilah lampu mobil menggunakan detergen pekat dan bilas hingga bersih. Kemudian lap menggunakan lap chamois untuk menghindari baret halus saat proses pengeringan berlangsung.
  • Pasang kembali mika lampu pada dudukan mobil dengan benar.

Selain cara diatas cara lain yang lebih mudah untuk menghilang­kan efek kusam yaitu anda bisa menggunakan pemoles atau wax khusus mika lampu yang dijual di toko-toko perawatan mobil. Penggunaannya cukup mudah dan bisa dilakukan sendiri.

Namun jika efek menguning masih berada di sisi dalam mika, alangkah baiknya jika mobil dibawa ke bengkel spesialis lampu. Baca juga mengenai tips memilih aki mobil.

2. Merawat Lampu yang Berembun

Masalah ini timbul karena masuknya air kedalam headlamp. Hal tersebut kemungkinan terjadi ketika Anda menerjang banjir atau mencuci mobil dengan air bertekanan kencang disaat sealer antara mika dan reflektor mulai getas.

Berikut ini beberapa hal yang harus anda kenali penyebab lampu mobil berembun :

  • Perbedaan suhu udara, penyebab yang pertama adalah karena adanya perbedaan suhu udara di dalam dan di luar.Perbedaan suhu inilah yang biasanya menyebabkan lampu mobil anda berembun.
  • Adanya celah lubang, jika dibiarkan maka celah ini akan menjadi penyebab masuknya air.
  • Karet pada bohlam soket robek.
  • Perekat pada lampu kurang pas.

Cara membersihkan lampu mobil berembun, anda harus melepas head lamp terlebih dahulu. Anda cukup mengelapnya melalui lubang lampu bohlam dengan menggunakan kain microfiber yang telah diikat dengan tongkat kayu kecil.

Anda juga bisa membuka bohlam mobil anda. Selain itu anda juga bisa ambil hairdryer dan memanasi udara dalam lampu dan anda juga harus memperhatikan suhunya jangan terlalu panas karena bisa juga headlamp mobil anda malah rusak.

Dengan ini maka akan menghilangkan uap air yang berada di dalam headlamp mobil anda. Selanjutnya anda bisa memasang kembali bohlam mobil anda dan anda juga harus memastikan bahwa tidak ada celah walaupun hanya kecil yang bisa digunakan untuk keluar masuk udara. Anda juga bisa mengoles dengan silikon di sekitar celah kecil yang bisa dimasuki oleh udara.

Demikianlah beberapa hal yang bisa anda kenali penyebab lampu mobil berembun dan caramengatasinya. Semoga bermanfaat dan membantu. Baca juga mengenai penyebab lampu depan mobil mati.

3. Merawat Bagian Kelistrikannya

Meski penggantian kabel lampu jarang dilakukan, namun ketika sudah mencapai batas umur pakai, pastikan instalasi kelistrikannya dilakukan dengan baik. Pastikan sambungan terpasang dengan sempurna. Fungsinya untuk menghin­dari hubungan arus pendek atau korsleting. Untuk hasil yang maksimal alangkah baiknya anda memeriksakan kondisi kelistrikan ke bengkel. Baca juga mengenai penyebab korsleting pada mobil.

Masalah yang sangat kecil tetapi jika anda abaikan akan terjadi masalah yang fatal juga. Mobil adalah komponen utama yang ada pada mobil anda. Anda harus memperhatikan kesehatan mobil anda juga. Terutama jika mobil anda sering di gunakan untuk pergi jauh.

Anda bisa mengikuti tips yang sudah ada di atas, tips yang mudah dan membuahkan hasil yang memuaskan. Selain itu juga akan meminimkan anda untuk mengeluarkan budget.

Alangkah baiknya sebelum kita melakukan pembersihan terhadap lampu mobil, kita kenali dulu penyebab masalah yang ada pada lampu mobil. Dengan perawatan yang dilakukan secara berkala maka akan memperpanjang usia lampu mobil tersebut. Demikian artikel kali ini saya buat, Terimakasih dan selamat membaca.

, , ,
Oleh :
Kategori : Tips dan Trick