Sponsors Link

Pelindung Cat Mobil Nano Ceramic- Pengertian, Manfaat, dan Proses

Melakukan perawatan body mobil sudah menjadi kewajiban tersendiri bagi setiap pemilik mobil. Perawatan body mobil yang tepat akan membuat tampilan mobil selalu bersih dan kilap tahan lama. Salah satu masalah yang seringkali terjadi pada permukaan body mobil adalah warna cat mobil yang memudar dan membuat tampilan mobil menjadi kusam.

Untuk mengatasi hal ini, cara mencuci mobil yang baik sekalipun tidak akan bisa mencegah warna cat mobil memudar. Apalagi jika mobil anda seringkali digunakan setiap harinya, tentu saja hal ini akan mempercepat pemudaran pada warna cat mobil. Selain itu, ada beberapa faktor lainnya yang menyebabkan warna cat mobil menjadi cepat memudar, mulai dari paparan sinar matahari, air hujan dan lainnya. Untuk itu lah pentingnya memberikan pelindung cat mobil yang bagus untuk mobil anda.

Pelindung cat mobil tidak hanya digunakan untuk melindungi cat mobil agar tahan lama, namun juga dapat melindungi cat mobil dari goresan dan resiko lainnya yang dapat membahayakan body mobil. Saat ini banyak pelindung cat mobil yang bisa anda aplikasikan pada mobil anda, mulai dari wax, film protection, dan lainnya. Saat ini ada pelindung cat mobil dengan teknologi terbaru yaitu pelindung cat mobil nano ceramic.

Pengertian Pelindung Nano Ceramic

Nano ceramic menggunakan material yang berbahan dasar silika dengan tingkat kerapatan yang lebih tinggi dibandingkan pelindung cat mobil lainnya. Sehingga membuat kotoran, debu, dan residu akan sulit masuk ke dalam pori-pori cat mobil. Hal ini lah yang membuat nano ceramic menjadi lebih tahan lama untuk melindungi cat mobil.

Bahan atau cairan tersebut nantinya akan diaplikasikan kepada permukan cat serta adanya penambahan stiker-stiker film di ujung pintu mobil. Sehingga nantinya perlindungan pada cat mobil anda akan lebih maksimal dan bertahan dalam jangka waktu yang lama.

Perbedaan antara nano ceramic dan wax memang terletak pada tingkat kerapatan molekulnya. Nano ceramic memiliki tingkatan molekul yang lebih kecil dibandingkan dengan pelindung cat mobil wax sehingga menyebabkan kotoran menjadi lebih sulit masuk dibandingkan menggunakan wax. Tak heran pula jika jangka waktu penggunaan nano ceramic lebih lama dibandingkan pelindung wax.

Selain itu, harga dari nano ceramic ini memang jauh lebih mahal dibandingkan dengan pelindung cat mobil lainnya karena sifatnya yang memang permanen dan tahan lama. Untuk kisaran harganya sekitar 3-5 Juta Rupiah tergantung dari pilihan nano ceramic yang digunakan.

Manfaat Nano Ceramic

Ada beberapa manfaat yang didapatkan dengan menggunakan Nano Ceramic pelindung cat mobil terbaik untuk mobil anda, antara lain adalah:

  • Hydrophobic effect, yang mana mobil anda akan mendapatkan efek seperti daun talas. Sehingga permukaan cat mobil akan lebih tahan terhadap air. Ketika ada tetesan air yang mengenai permukaan body mobil, maka air dapat menjadi beeding dan mudah untuk turun.
  • Self Cleaning Effect, yang mana menyebabkan kotoran, debu, dan residu menjadi tidak mudah menempel pada permukaan cat mobil. Sehingga mencuci mobil akan terasa lebih mudah dilakukan.
  • Perlindungan terhadap kontaminasi natural acid.
  • Membuat permukaan cat mobil menjadi lebih tahan terhadap baret baret yang halus, semisal swirl mark yang diakibatkan cara mencuci mobil yang salah.
  • Melindungi mobil dari kerusakan yang diakibatkan paparan sinar UV.

Proses Coating Nano Ceramic

Sebenarnya anda bisa melakukan cara coating mobil sendiri di rumah, hanya saja akan lebih baik jika anda menyerahkan pengerjaan pada teknisi yang sudah ahli. Berbeda dengan wax yang  dapat menutupi baret-baret yang cukup halus saja, pengaplikasian nano ceramic tidak dapat menutupi goresan goresan yang terlihat begitu saja.

Sehingga sebelum proses coating nano ceramic dilakukan, pastikan jika kondisi mobil memang sudah terbebas dari kotoran serta cacat yang ada pada permukaan cat. Jika hal ini anda biarkan maka ketika coating dilakukan maka akan membuat defects menjadi sulit untuk dihilangkan.

  • Hal pertama yang perlu dilakukan dalam proses perlindungan cat mobil nano ceramic adalah dengan mencuci mobil hingga bersih. Pastikan tidak ada debu dan kotoran yang menempel sebelum proses coating akan dilakukan.
  • Anda juga bisa menggunakan clay bar agar kotoran-kotoran dapat terangkat pada saat proses mencuci mobil. Kotoran-kotoran yang terangkat oleh clay bar ini biasanya tidak dapat terlihat dengan mata, namun bisa dirasakan adanya permukaan yang kasar pada cat mobil.
  • Proses kedua dilanjutkan dengan multi-stage paint correction. Biasanya ini dilakukan untuk menghilangkan cacat yang ada pada permukaan cat mobil anda dengan menggunakan compund, polish, dan lainnya.
  • Setelah itu lah proses nano ceramic coating dapat dilakukan. Untuk mengaplikasikan nano ceramic, penting untuk dilakukan di dalam ruangan steril yang tertutup dengan kondisi suh ruangan yang pas sekitar 21 hingga 23 derajat celcius sehingga nantinya mendapatkan hasil yang maksimal.
  • Untuk total pengerjaan sekitar 3 hari, namun tergantung pula pada kondisi cat mobil anda.

Nah itu tadi penjelasan mengenai pelindung cat mobil nano ceramic. Meskipun sudah diberikan perlindungan yang maksimal, juga sangat penting untuk melakukan perawatan body mobil lainnya yang dapat menunjang daya tahan lama dari nano ceramic yang digunakan.

Penting pula untuk melakukan maintenance yang rutin setiap 6 bulan sekali. Hal ini nantinya akan membuat coating nano ceramic yang anda aplikasikan akan lebih tahan lama yang membuat tampilan mobil akan terlihat prima selamanya. Anda bisa mengkonsultasikannya dengan pihak bengkel mobil. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk anda.

, , ,
Oleh :
Kategori : Perawatan