Sponsors Link

3 Cara Membersihkan Headlamp Mobil Kusam Bagian Dalam

Sponsors Link

Cara Membersihkan Headlamp Mobil yang kusam bagian dalam terlihat sangat sulit, namun tidak bagi anda yang mengetahui tricknya. Seperti yang anda ketahui lampu mobil merupakan salah satu bagian penting pada sebuah kendaraan untuk menunjang kenyamanan dan keamanan dalam berkendara, terutama jika anda menggunakannya pada malam hari ataupun pada saat cuaca sedang hujan. Kondisi lampu yang kusam tentunya akan membuat fungsi nya menjadi tidak maksimal sehingga sinar lampu yang dihasilkan tidak akan seterang pada umumnya.

ads

Hal ini tentunya akan sangat membahayakan jika anda gunakan bahkan dapat membahayakan pengguna jalanan lainnya. Terutama pada kondisi lampu depan atau headlamp yang memang seringkali digunakan ketika berkendara. (baca juga: Cara Merawat Mobil Avanza)

Baik kendaraan apapun itu tentunya bisa memiliki kondisi lampu yang kusam dan tidak terang. Salah satu penyebab dari kusamnya lampu depan mobil anda biasanya diakibatkan oleh perubahan dari warna mika. Warna mika pada lampu depan bisa saja berubah menjadi kusam diakibatkan dari panas yang dihasilkan dari daya lampu yang digunakan cukup besar sehingga membuat mika menjadi kekuningan.

Selain itu perubahan warna pada mika juga bisa disebabkan oleh cuaca, jamur, usia dari pemakaian, goresan dan hal lainnya yang dapat membuat kerja dari lampu depan anda tidak dapat maksimal. (baca juga: Komponen Karburator Mobil)

Jika kaca depan mobil anda sudah dalam kondisi yang tidak baik, akan lebih baik jika anda segera membersihkannya. Biasanya orang-orang langsung membawa kendaraan mereka pada salon perawatan mobil untuk hasil yang maksimal. Namun anda juga dapat membersihkan headlamp mobil anda sendiri di rumah jika tidak memiliki waktu luang untuk ke salon mobil. Untuk membersihkannya anda hanya membutuhkan alat dan bahan yang sederhana saja. Berikut beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk membersihkan headlamp mobil.

1. Menggunakan Cairan Pembersih Kaca

Untuk membersihkan kaca depan mobil dengan menggunakan cairan pembersih kaca, yang pertama kali harus anda lakukan adalah dengan melihat terlebih dahulu kondisi dari kaca depan mobil anda. Perhatikan apakah kondisi kerusakan ada pada dalam atau pada luar kaca. Jika terdapat kelembapan di dalam kaca mobil, tentunya anda harus melepaskan terlebih dahulu cover nya dan mengeringkan air yang ada di dalamnya. Jika kerusakan ada pada bagian luar, maka anda dapat membersihkannya terlebih dahulu dengan menggunakan cairan pembersih kaca.

Poleslah dengan menggunakan pemoles mobil ataupun plastik khusus, biasanya kompon ini memiliki zat pengikis yang lembut sehingga memudahkan untuk membersihkan kaca mobil anda. Pastikan anda tidak mengenai cairan pembersih tersebut pada plastik hitam yang ada pada pinggiran headlamp mobil karena tentunya akan sulit sekali dihilangkan.

Anda juga dapat menggunakan alat pemoles putar untuk proses pembersihan yang lebih cepat dan tentunya dengan hasil yang maksimal. Untuk membuat hasilnya menjadi lebih maksimal lagi, anda dapat menggunakan wax atau silicone di akhir untuk membuat hasil lebih tahan lama. (baca juga: Cara Memperbaiki Booster Rem Mobil)

Sponsors Link

2. Menggunakan Selotip Penutup

Cara lainnya yang dapat anda gunakan untuk membersihkan headlamp mobil anda adalah dengan menggunakan selotip penutup. Sediakan semua kebutuhan yang anda gunakan mulai dari selotip, cat lensa, amplas, dan bahan-bahan lainnya.

Jika anda kurang mengetahui cara membersihkannya, anda dapat mencari video tutorialnya yang dapat anda temukan di internet. Untuk perlindungan, anda dapat menutupi pinggiran dari sekitar lampu depan anda dengan menggunakan selotip kertas. Jangan menggunakan duct tape karema bisa saja merusak cat mobil anda. Kemudian mulailah bersihkan kaca lampu depan mobil anda. (baca juga: Cara Membersihkan Radiator Mobil)

Untuk membersihkan lampu depan mobil, anda dapat mengamplas terlebih dahulu lampu depan mobil anda. Tentunya proses ini akan menimbulkan goresan-goresan pada kaca mobil anda, namun setelah itu anda dapat menghilangkan goresan tersebut. Basahi terlebih dahulu amplas yang anda gunakan pada air sabun. Kemudian anda dapat menyemprot kaca lampu depan mobil dengan menggunakan semprotan pembersih khusus. Lalu lap dengan menggunakan kain bersih atau handuk. (baca juga: Cara Memperbaiki Master Rem Mobil)

Pada saat kondisi lampu masih basah, oleskan kompon secara merata pada lensa kaca mobil depan anda. Siapkan spon dan juga amplas berukuran 600. Kemudian celupkan ke dalam air sabun spon dan amplas. Setelah itu, amplas kaca mobil anda dengan gerakan yang mendatar dan rata. Lakukan hal ini berulang kali dan basahi kembali amplas dengan air sabun. Kemudian anda dapat melanjutkan pengamplasan dengan menggunakan amplas berukuran 1200, 2000, dan 2500 secara berurutan agar dapat menghilangkan goresan-goresan yang ditimbulkan dari proses pengamplasan sebelumnya.

Setelah selesai mengamplas dengan amplas berukuran 2500, kemudian oleskan secara merata kompon plastik dan biarkan hingga beberapa saat dan hapus dengan menggunakan lap bersih. Proses yang terakhir dapat anda lakukan dengan membersihkan lensa dengan menggunakan air sabun untuk membersihkan sisa-sisa kompon yang masih menempel pada kaca depan mobil. (baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Mobil Ayla)

Setelah dirasa bersih, anda dapat mengoleskan wax untuk menjadi pelindung dari lampu depan mobil anda. Namun hal ini harus anda lakuan pada saat mobil benar-benar dalam keadaan bersih. Gunakan seal lensa dengan seal silikon. Kemudian gunakan handuk bersih dan tuangkan wax pada handuk tersebut. Biarkan beberapa saat hingga wax dapat menyerap. Kemudian oleskan handuk tersebut pada kaca depan mobil anda dengan gerakan yang searah dari kanan ke kiri serta dari atas hingga ke bawah lensa anda. Lakukan hingga wax dapat teroleskan merata sempurna pada kaca depan mobil anda. Setelah itu anda akan mendapatkan lampu depan yang bersih dan jernih ketika digunakan. (baca juga: Cara Merawat Kopling Mobil)

3. Menggunakan Pasta Gigi

Cara lainnya yang dapat dengan mudah anda lakukan adalah dengan menggunakan pasta gigi. Anda dapat menggunakan pasta gigi dengan merk dan jenis apapun terutama yang terdapat kandungan memutihkan, zat abrasif (sillica atau soda) . Jangan lupa untuk menggunakan sarung tangan untuk perlindungan anda.

baca juga:

Terlebih dahulu cuci lampu depan mobil anda sampai bersih dari kotoran, debu, dan goresan yang ada. Jangan lupa untuk menggunakan selotip kertas untuk melindungi komponen yang ada di sekitar kaca seperti karet, cat, krom dan lainnya agar tidak terkena dari cairan pembersih. Kemudian tuangkan pasta gigi pada kain lembut yang sudah dibasahi sebelumnya.  Lalu gosokkan kain tersbeut pada kaca depan mobil anda dengan gerakan melingkar dan perlahan-lahan saja. Anda dapat menambah atau mengurangi pasta gigi yang anda gunakan. Gunakan pasta gigi secukupnya. (baca juga: Cara Mencuci Mobil)

Lakukan sedikit penekanan pada saat mengoleskan agar dapat menghilangkan goresan-goresan pada kaca mobil hingga kondisi kaca mobil anda sudah bersih. Anda dapat menambahkan air ketika kondisi kaca mobil anda sudah mulai jernih. Setidaknya setiap lampu membutuhkan 3-5 menit untuk membersihkannya. Saat dirasa sudah bersih, hentikan untuk menggosok dan bersihkan dengan menggunakan air bersih. Kemudian anda dapat mengelapnya dengan menggunakan lap kering. Untuk membuat hasil lebih maksimal, anda dapat menggunakan lapisan pelindung pada akhir proses pembersihan. (baca juga: Cara Memperbaiki Rem Cakram).

Sponsors Link

Pada saat proses pembersihan, tentunya ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan seperti:

  • Pada saat proses pembersihan kaca mobil, sebaiknya lakukan di tempat yang teduh. Jangan lakukan di tempat yang langsung terkena sinar matahari.
  • Jika anda melakukan pembersihan dengan cara mengamplas, lakukan pengamplasan pertama untuk menghilangkan lapisan yang sudah buruk pada kaca mobil. Selanjutnya gunakan amplas yang lebih lembut untuk menghilangkan goresan.
  • Jangan lupa untuk menggunakan alat-alat pelindung seperti kacamata pelindung, sarung tangan, dan lainnya.
  • Untuk memudahkan proses pembersihan, anda dapat membuka kap mesin yang memiliki akses langsung dengan bagian atas dari lampu.
  • Pastikan kondisi kaca benar-benar bebas dari kotoran yang menempel sebelum mengamplas.
  • Sabun pembersih yang digunakan harus aman digunakan untuk cat mobil.
  • Segera bilas sabun jangan sampai mengering pada kaca ataupun cat mobil.
  • Usahakan agar kondisi amplas selalu basah ketika mengamplasnya.
  • Jangan lupa pula untuk memperhatikan kondisi dalam dari kaca mobil anda. Jika kondisi lembab dan terdapat air, maka sebaiknya anda mengeringkan terlebih dahulu bagian dalam lampu depan mobil.

Video :

Nah itu tadi beberapa cara yang efektif untuk membersihkan headlamp mobil anda. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi anda.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Tuesday 07th, March 2017 / 07:06 Oleh :
Kategori : Tips dan Trick