Sponsors Link

14 Kelebihan dan Kekurangan Mobil APV Terbaru dan Terlengkap

Sponsors Link

Suzuki APV merupakan salah satu jenis mobil MVP yang diluncurkan oleh suzuki pada November 2007. Perminataan akan mobil keluarag yang cukup tinggi, membuat suzuki menciptakan APV yang memang cocok digunakan sebagai mobil keluarga. Bahkan mobil ini dapat menampung kurang lebih hingga 8 penumpang di dalamnya. Mobil APV ini dibekali mesin kendaraan dengan kode G15A 1.5 liter dengan 4 silinder segaris 16 katup MPi SHOC yang dapat mengeluarkan tenaga hingga 92 BHP dalam 6000 rpm. Sedangkan untuk torsi nya mampu mencapai maksimal 128 Nm pada putaran 3200 rpm. SuzukiAPV menawarkan dua jenis pilihan transmisi nya yaitu otomatis 4 percepatan dan manual 5 percepatan. (baca juga: Cara Merawat Mobil Avanza)

ads

Pada saat awal kemunculan dari mobil APV ini, tersedia beberapa tipe yang bisa anda pilih antara lain adalah tipe GX Manual, GL Manual, serta GX Automatic. Kemudian sekitar pada tahun 2005-2005, suzuki APV mengeluarkan tipe terbaru yaitu tipe X, L, dan X A/T untuk tipe mobil tertinggi. Sedangkan untuk tipe terendahnya tersedia tipe E dan A. Kemudian di tahun selanjutnya pada tahun 2007, diluncurkan tipe baru yaitu tipe GX M/T, GX A/T, GL M/T serta tipe SGX Automatic dan tipe SGX. Dan terakhir pad atahun 2009, diluncurkanlah tipe terbaru yaitu tipe SGX Luxury. Bahan bakar yang digunakan kendaraan ini juga cukup hemat karena menggunakan jenis premium. Kapasitas tangki bensin sekitar 40 liter dan kapasitas mesin sebesar 1493 cc. (baca juga: Cara Menyetel Kopling Mobil)

Bagi anda yang tertarik untuk memiliki suzuki APV ini, akan lebih baik nya jika anda mempelajari terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan mobil APV ini.

Kelebihan mobil APV

Bagi anda yang memiliki mobil APV pasti memiliki kebanggaan tersendiri karena mobil APV memiliki kelebihan yang sangat luar biasa, kelebihan mobil APV ini wajib anda ketahui. Berikut ini adalah beberapa kelebihan yang di miliki oleh mobil APV

Baca juga:

1. Emisi Rendah dan Ramah Lingkungan

Mobil APV menggunakan katup 16 valve MPI untuk ruang bakar kendaraan. Selain itu suzuki APV juga menggunakan 4 silinder dimana masing-masing dari silinder nya memiliki 4 katup yang digunakan untuk intake dan outake. Dengan kondisi katup yang besar ini tentunya membuat pembakaran mesin kendaraan menjadi lebih lancar dengan emisi yang rendah dan tentunya akan lebih ramah terhadap lingkungan. Selain itu, mobil APV dilengkapi dengan sistem bahan bakar multipoint injection sehingga membuat pemakaian bahan bakar menjadi lebih hemat. (baca juga: Komponen Karburator Mobil)

Sponsors Link

2. Menggunakan Sistem Keyless Entry

Mobil APV dilengkap oleh sistem keyless entry yang membuat pengendara mudah untuk membuka kunci mobil. Selain itu dengan adanya fitur keyless entry akan mencegah resiko dari adanya pencurian mobil. (baca juga: Cara Merawat Kopling Mobil)

3. Dirancang dengan Sistem Intake Manifold

Sistem intake manifold merupakan sebuah sistem yang pengambilan udara untuk digunakan pada pembakaran mesin kendaraan. Saluran ini dibentuk dengan agak panjang sehingga dapat mengalirkan udara dengan halus dan cepat ke dalam ruang bakar kendaraan. (baca juga: Cara Merawat Mobil Tua)

4. Aman dan Nyaman 

Bnetuk ground clearance yang tinggi membuat jarak antara mobil dengan jalanan sekitar 110 cm. Selain itu posisi dari air intake juga dibentuk sedikit lebih tinggi sehingga membuat mobil akan sangat nyaman dan aman meskipun harus melewati genangan-genangan air yang tinggi terutama ketika kondisi banjir. (baca juga: Cara Mengatasi Mobil Mogok)

5. Fitur Penanganan Kecelakaan yang Baik

Mobil APV dilengkapi dengan side impact beams yang berada pada pintu mobil bagian kanan dan kiri yang memiliki fungsi untuk mengurangi resiko benturan yang terjadi ketika terjadi kecelakaan. Selain itu mobil APV juga dilengkapi dengan height adjustable safety yang dapat menyesuaikan posisi dari seat belt dengan ketinggian dari penumpang di dalamnya sehingga penumpang mobil tetap merasa nyaman meskipun menggunakan seat belt. Mobil APV juga dilengkapi oleg desain mococuque body with ladder farme integrated yang dapat membuat bodi mobil menjadi lebih kokoh meskipun bobot nya relatif ringan sehingga mengurangi resiko bentran yang terjadi. (baca juga: Penyebab Mobil Susah Distarter)

6. Ukuran Kabin Mobil Luas

Ukuran kabin dari mobil APV terbilang cukup luas yaitu 4225 x 1655x x1855 mm. Terbukti mobil ini mampu menampung 8 penumpang di dalamnya.

Baca juga:

Berikut dalah kelebihan yang di miliki oleh mobil APV dan belum tentu dimiliki oleh mobil yang lain nya. Sehingga jika anda memiliki mobil APV, anda juga harus bangga dengan kelebihan – kelebihan yang telah di ciptakan oleh mobil APV.

Kekurangan Mobil APV

Perlu diketahui juga, bahwa mobil APV ini selain memiliki kelebihan yang luar biasa, juga ada beberapa kekurangan yang ada pada mobil APV ini, tapi anda tidak perlu ragu dan kawatir. Setiap masalah yang ada pada mobil anda pasti memiliki berbagai macam solusi. Berikut ini adalah kekurangan mobil APV :

1. Posisi Ban Depan di Bawah Supir

Hal yang menjadi kekurangan dari mobil APV adalah posisi ban yang berada di bawah dudukan supir. Hal ini akan menyebabkan ban mobil menjadi cepat aus. Anda dapat melihatnya pada pemakaian 3 bulan awal, akan terlihat tanda-tanda dari masalah pada ban mobil anda. Hal ini akan terlihat lebih jelas lagi ketika mobil anda memasuki usia 6 bulan atau sudah mencapai pemakaian 20.000 km. Ban mobil yang yang berada di depan akan terlihat lebih aus dibandingkan dengan ban mobil lainnya. Sehingga mau tidak mau bagi anda pengguna mobil APV harus seringkali melakukan spooring. (baca juga: Cara Memperbaiki Master Rem Mobil)

2. Air Ski Cepat Habis

Hal lainnya yang menjadi kekurangan adalah air aki mobil yang cepat habis. Belum diketahui dengan pasti penyebab dari kekurangan yang satu ini. Air aki mobil yang cepat habis bisa saja disebabkan oleh arus masuk yang besar, posisi aki yang dekat dengan mesin kendaraan, ataupun dikarenakan kapasitas aki yang digunakan terlalu kecil. Padahal aki dari APV ini menggunakan aki basah 40 amper yang sangat cukup bila digunakan untuk mensuplay kebutuhan listrik dari komponen-komponen mobil, menjalankan starter kendaraan, serta lainnya. Namun air aki akan berkurang drastis pada 10 hari penggunaan. Sehingga bila terlambat melakukan pengisian tentunya akan membuat kerusakan yang cukup besar. Oleh karena itu sangat disarankan untuk mengecek kondisi dari air aki setidaknya satu kali dalam seminggu. (baca juga: Tips Berkendara Jarak Jauh)

3. Kaki – Kaki Mobil Kurang Kokoh

Masalah lainnya yang seringkali dihadapi oleh pemilik APV berada pada bagian kaki mobil. Stabilisser joint link, tie rod, per dan bal joint cepat sekali mengalami kerusakan apalagi jika anda sering menggunakannya untuk bepergian jauh ke luar kota. Hal ini bisa terlihat dari adanya bunyi-bunyi yang berasal dari kaki-kaki mobil. Bunyi-bunyi tersebut dapat hilang jika mobil telah dicuci. Hal ini adalah tanda-tanda jika seal mobil mulai aus atau kering. (baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Mobilio)

Sponsors Link

4. Suspensi Depan Mobil Keras

Hal ini dapat dikatakan sebagai masalah umum yang seringkali dialami oleh mobil APV. Seringkali suspensi depan mobil mengeluarkan bunyi-bunyi yang diakibatkan oleh kondisi per suspensi yang keras. Sehingga guncangan tersebut tidak dapat diredam oleh per dan dapat masuk ke dalam kabin sehingga menimbulkan bunyi-bunyi yang menganggu. (baca juga: Cara Membersihkan Plafon Mobil)

5. Gigi Mundur Susah Masuk

Hal lainnya yang menjadi kekurangan dari mobil APV adalah pada saat anda akan memindahkan gigi mundur. Bila posisi nya kurang tepat maka gigi mundur akan sulit sekali untuk dipindahkan. (baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Mobil Panther)

6. Fitur Keamanan yang Kurang

Hal yang paling disayangkan dari mobil APV ini fitur keamanan yang dirasa sangat kurang, terutama pada varian suzuki APV Arena.

7. Motor Extra Fan Radiator

Pada mobil APV, posisi dari motor extra fan radiator berada di bagian depan pengemudi dan memiliki fungsi sebagai fan blower radiator serta kondensor AC. Karena kondisi dari kondensor AC menyatur dengan radiator tentunya dapat membuat  resiko yang sangat fatal jika bagian tersebut mengalami gangguan. Masalah-masalah yang dapat ditimbulkn antara lain adalah mesin kendaraan akan cepat mengalami over heat dan kondisi dari AC mobil tidak dingin. Tanda-tanda yang ada dapat anda lihat adalah adanya suara decitan ataupun suara-suara menganggu lainnya yang berasal dari bagian depan mobil terutama pada saat mobil dimatikan. Biasanya masalah ini akan terlihat pada saat mobil sudah digunakan kurang lebih 50.000 kilometer ataupun 1 tahun pemakaian. (baca juga: Cara Memperbaiki Booster Rem Mobil)

8. Harga Jual yang Murah

Kekurangan lainnya dari mobil APV ini adalah harga jual mobil nya cukup murah. Padahal harga beli dari mobil ini cukup tinggi yaitu sekitar 260 juta rupiah untuk varian tertingginya. (baca juga: Cara Menghilangkan Baret Kaca Mobil)

Nah itu tadi kelebihan dan kekurangan mobil APV. Setiap kendaraan pasti memiliki kelebihan dan kekurangan yang masing – maisng mungkin ada dan tidak ada dalam kendaraan yang lainnya. Jadi sebelum membeli kendaraan kita juga harus lebih hati – hati dalam mencari jenis dan model kendaraan. Kendaraan memiliki harga beli yang tinggi sehingga kita tidak boleh asal – asal an dalam membeli kendaraan yang kita inginkan. Semoga informasi diatas bermanfaat bagi anda.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Thursday 09th, March 2017 / 05:56 Oleh :
Kategori : Info Mobil