Sponsors Link

Begini Cara Mengatur Refleksi Kaca Spion Samping Pada Mobil

Masih berbicara mengenai otomotif ya sobat, dan yang akan kita bahas pada postingan kali ini yakni mengenai kaca spion mobil. Seperti yang sudah kita ketahui bersama sobat, kaca spion ini merupakan salah satu komponen yang memiliki fungsi cukup penting dalam keadaan kendaraan mobil ini.

Meskin bentukya tergolong kecil, namun benda yang satu ini adalah satu satu benda yang sangat erat kaitannya terhadap keamanan dan keselamatan pengendaraan anda. Tidak jarang terjadi kecelakaan yang disebabkan oleh pengemudi mobil yang tidak memperhatikan kaca spionnya terutama pada saat berpindah jalur, sehingga tidak memperhatikan keadaan kendaraan yang dibelakang maupun disampingnya.

Adapun beberapa fungsi dari kaca spion tersebut antara lain adalah sebagai berikut :

  • Mencegah terjadinya tabrakan pada saat akan berpindah jalur
  • Membantu anda untuk bermanuver pada saat akan parkirkan kendaraan anda.
  • Agar bisa melihat dan memantau kondisi lalu lintas di belakang
  • Membantu anda pada saat anda akan memundurkan kendaaran
  • Sebagai pedoman pada anda untuk mengatur posisi kendaraan anda pada posisi yang tepat
  • Sebagai aksesoris yang menambah kecantikan kendaraan anda.

Itulah ya sobat beberapa fungsi dari kaca spion yang terdapat pada kendaraan anda. Oleh karena fungsinya yang penting tersebut sobat, maka anda harus mengatur posisi atau refleksi kaca spion samping pada mobil anda, agar fungsinya dapat anda gunakan secara maksimal.

Karena pada faktanya sobat, sebagiam besar pengendara maisih mengatur spion samping mobilnya dengan posisi tang masih bisa melihat badan mobilnya sendiri baik sepertiga maupun sebagian dari kaca sipon tersebut. Padahal sobat, makin besar area spion yang digunakan untuk melihat mobil diri sendiri, maka kaan semkain besar pula blind spot – nya.

Untuk zaman sekarang ini sobat, sudah ada banyak pabrikan atau produsen mobil yang sudah meningkatlan atau melakukan kecanggihan pada kaca spion samping mobil prodak buatan mereka. Hal tersebut bisa kita lihat dari banyaknya kaca spion yang sudah menggunakan teknologi elektrik atau otomatis.

Namun untuk urusan pengaturannya sendiri, persoalannya bukan pada kecanggihan teknologinya ya sobat, melainkan terletak pada pemahaman atau kesadaran pengendara dalam pengaturan area refeksi spionnya.

Nah sobat semua, untuk ulasan selengkapnya mengenai pengaturan refleksi kaca spion tersebut, ada baiknya sobat semmua menyimak ulasan di bawah ini, karena pada postingan kali ini penulis akan mengulasnya secara lengkap untuk anda. Begini cara mengatur refleksi kacaspion samping pada mobil. Yul sobat, langsung saja kita simak ulasan berikut ini dengan seksama.

1. Mencocokkanya dari Bangku Pengemudi

Cara yang pertama adalah dengan mencocokkannya dari bangku pengemudi. Untuk mendapatkan sudut pandang atau refleksi yang pas, anda harus mengatur posisi kaca spion tersebut dari bangku pengemudi. Hal ini berguna untuk membuat posisi tersebut pas pada saat anda melihat ke kiri, kanan maupun ke belakang dalam posisi yang pas.

Pastikan gambar yang terpantul dari kaca tersebut adalah jalur di bagian kanan dan kiri anda, bukan melihat dar bagian mobil anda. Pahami juga kegunaan klip di bagian bawah kaca spion tengah mobil agar anda bisa maksimal menggunakannya.

2. Jangan Terdapat Titik Buta

Cara yang pertama adalah dengan memastikan jangan terdapat titik buta.  Seperti yang sudah kita ketahui bersama sobat, kaca spion memang ukurannya sangat kecil namun anda harus bisa mengatur ferleksinya sedemikian rupa  agar dapat memantulkan gambar sesuai dengan keinginan dan fungsinya yang dikehendaki oleh si pengemudi.

Untuk itu aturah refleksi kaca spion mobil anda sampai tidak ada ditemukan titik buta, dimana anda bisa melihat semua kendaraan lain yang melintas di dekat anda, sehingga fungsi dari kaca spion tersebut bisa maksimal untuk anda gunakan.

3. Memiliki Pantulan yang Berbeda

Cara yang ketiga adalah dengan  mengatur kaca spion anda sebaik mungkin dengan mengatur pantulan yang berbeda. Maksundnya memiliki pantulan yang berbeda adalah bahwasanya setiap kaca spion tentunya terdiri atas tiga buah dalam satu mobil, yakni kaca spion samping kanan, samping kiri, dan juga depan.

Agar refleksi  kaca spion anda bisa menghasilkan posisi yang sempurna, maka ketiga kaca spion tersebut idealnya memiliki pantulan yang berbeda satu dengan yang lainnya. Spion yang terletak disamping, pantulannya harus lebih diatur posisinya sesuai dengan tingkat pantulan yang anda kehendaki yang menurut anda lebih nyaman  buat anda, dengan demikian fungsi dari kaca spion tersebut akan lebih maksimal.

4. Atur Blint Spotnya

Cara yang keempat  adalah dengan mengatur blind spotnya. Kaca spion samping yang memiliki refleksi yang ideal adalah kaca spion yang pada saat anda mengendarai mobil anda, pastikan pengaturannya bisa berjalan dengan masimal, artinya anda masih bisa melihat badan mobil anda sendiri dari daerah kaca spion.

Dengan mengatur posisi refleksi yang seperti ini, maka anda juga sudah bisa melihat kendaraan lain tentunya yang ada disekitar anda, maupun yang akan berpindah jalur atau mendahului anda. Pahami juga jenis jenis kaca spion mobil untuk agar pengetahuan anda bertambah.

Demikain ulasan yang bisa penulis sajikan buat sobat semua pada postingan kali ini. Terima kasih buat sobat yang sudah berkunjung dan membaca artikel ini. Semoga bermanfaat. Kenali terlebih dahulu kerusakan yang terjadi pada motor anda sebelum memutuskan untuk mengikuti cara – cara yang penulis berikan.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Info Mobil