Sponsors Link

10 Kelebihan dan Kekurangan Mobilio Paling Lengkap

Sponsors Link

Saat ini, mungkin saja Anda tertarik untuk membeli mobil Honda Mobilio. Namun, sebelum anda membelinya, anda perlu mengenali lebih dalam mengenai mobil ini. Di sini kami akan membahas mengenai Honda Mobilio, beserta kelebihan dan kekurangannya. Honda Mobilio, mobil ini ramai berada di pasaran, sejak diperkenalkan pada januari 2015 lalu. Mobil keluaran honda ini mengusung mobil bertipe MPV atau Low Multi Purpose Chicle yang mampu menampung hingga tujuh orang. Mobil ini cocok untuk keluarga. (Baca Juga : Mobil yang Cocok untuk Keluarga)

ads

Mobilio hadir dengan teknologi baru dan modern yang sebelumnya tidak dikeluarkan oleh honda. Desain eksterior dan intertiornya pun lebih anggun dan berkelas. Selain itu, persediaan warna dari mobilio pun beraneka ragam, seperti  crystal black pearl, loinzed bronze metalic, dyno blue pearl, taffeta white, polished metal metalic dan alabaster silver metallic. (Baca Juga: Cara membersihkan interior mobil)

Struktur bodi pada mobilio sebenarnya telah diterapkan terlebih dahulu oleh Suzuki Ertiga dan Chevrolet Spin yaitu menggunakan teknologi G-forece technology dan G-CON. Lalu, bagaimanakah detail dari mobil Honda Mobilio ini? Kita akan bahas singkat disini.

Spesifikasi Mobil Honda Mobilio 

1) Desain Dan Dimensi

Mobil Honda Mobilio mengusung konsep mobil keluarga, sesuai dengan permintaan konsumen di Indonesia. Honda mencoba mewujudkan keinginan warga Indonesia untuk memiliki mobil keluarga yang modern dan terjangkau. Mobil ini didesain dengan sporty, memiliki kabin yang luas, bagasi besar dan fleksibel, serta irit bahan bakar minyak (BBM). (Baca Juga: Mobil MPV Paling Irit)

Sebagai mobil keluarga, tentu daya tampung kursi untuk duduknya pun semakin banyak dan leluasa. Selain itu, desain lampu mobil ini memiliki keistimewaan. Yaitu, desain lampu depan yang lebar. Keistimewaan ini membuat pengendara lebih nyaman ketika mengemudikan mobil di malam hari. Sedangkan, lampu belakang didesain sangat dinamis karena adanya perpaduan garis body dengan dual solid motion. Serta adanya tambahan galssy cabin yang akan membuat mobil terlihat sporty.

2) Dapur Pacu

Mobilio memiliki enam seri berbeda, namun tidak ada perbedaan yang signifikan di antara ke-enam seri ini. Keenam seri mobilio ini menggunakan suplai bahan bakar berjenis PGM -FI. Jenis suplai bahan bakar ini dijamin mampu membawa performa yang lebih baik pada mesin dan lebih kuat. Selain itu, dengan menggunakan teknologi PGM FI akan membuat mesin mobil ini memiliki suplay bahan bakar yang lebih efisien tanpa mengurangi kekuatan mobil untuk melaju. Teknologi ini sangat cocok digunakan di mobil keluaran honda ini, karena mobil fapat melaju dengan kecepatan maksimal.

3) Suspensi dan Kaki-kaki Mobilio

Mobil Honda Mobilio menggunakan sistem suspensi Macpherson strut. Jenis suspensi ini memang kerap dipasang di mobil-mobil keluaran honda. Suspensi jenis ini dapat menopang rangka dengan baik. Untuk suspensi Mobil Honda Mobilio ini menggunakan suspensi berjenis H-sHape Torison Beam Honda Mobilio. Suspensi jenis ini tangguh dan sudah terjamin kualitasnya. Selanjutnya, Untuk pengereman, mobil ini menggunakan pengereman jenis ABS+ABD. Dengan jenis pengereman ini, ketika pengendara melakukan pengereman akan merasa nyaman, terutama ketika kapasitas mobil penuh dan berada di jalan yang tidak rata. (Baca Juga : Komponen Transmisi Otomatis)

Sponsors Link

4) Fitur Kemanan

Honda Mobilio ini dilengkapi dengan berbagai jenis fitur keamanan. Seperti, Alarm Sistem, Padestrian Protection, Dual Front Air bags, Sabuk keselamatan depan, Sabuk keselamatan belakang, Pretensioner with load Limiter Seatbelt,Dual Front SRS Airbags , danImmpobilizer. Sistem keamanan yang begitu banyak pada mobil ini membuat anda semakin merasa aman dari tindak kejahatan dan lainnya. Dengan beragam keistimewaan Honda Mobilio ini, ternyata harganya pun cukup terjangkau. Yaitu mulai 168 juta sampai 222 juta. (Baca Juga: Perbedaan Mobilio dan BR V)

Demikian keistimewaan Mobil Honda Mobilio. Namun, jika dibandingkan dengan mobil lain, apa saja kelebihan dan kekurangan mobil ini? Untuk mengetahui lebih lanjut, kami akan membahas mengenai Kelebihan dan Kekurangan Honda Mobilio.

Kelebihan Honda Mobilio :

1. Kabin yang Luas

Jika dilihat dari eksterior mobil ini, Honda Mobilio merupakan mobil yang paling rendar dari segi ketinggiannya, jika dibandingkan dengan produk lain. Namun, kabin mobil ini jauh lebih luas dan lega dibandingkan dengan mobil MPV sekelasnya. Di sini Honda mencoba memaksimalkan desain kendaraan dengan menghadirkan kabin yang luas namun tak membuat mobil terlihat besar.

2. Sistem Kendali Lebih Baik

Honda Mobilio memiliki handling atau sistem kendali yang sangat baik. Body roll dan feedback setir mobil ini masih lebih baik dibandingkan mobil-mobil sekelasnya, walaupun ketika menggunakan EPS akan mengurangi feeling mengemudi. (Baca Juga: Penyebab Mobil Matic Tidak Bertenaga)

3. Performa Mesin

Salah satu mobil MPV keluaran Honda ini memiliki mesin 1.500 cc L 15Z1. Mesin ini adalah mesin terbaru dari Honda jika dibandungkan dengan Honda City dan akan diterapkan juga di Honda Jazz. Selain itu, tenaga yang dikeluarkan oleh mesin mobil Honda Mobilio ini adalah 118 Hp. Tenaganya lebih kecil 2 Hp jika dibandingkan dengan Honda Jazz. Pengurangan tenaga ini merupakan strategi Honda agar konsumsi bahan bakar lebih irit dan lebih hemat. Mesin mobil ini juga menggunakan intake manifold berbahan plastik untuk mengurangi bobot kendaraan. (Baca Juga: Cara Menghemat BBM Mobil)

4. Bagasi Luas

Bagasi Honda Mobilio memang sangat luas. Bahkan, dikatakan paling luas di kelasnya. Luas bagasi Honda Mobilio disebutkan lebih besar jika dibandingkan dengan Kijang Innova. Agar memberikan kesan yang mewah, Honda menempatkan dongkrak dan toolkit di tempat yang tersembunyi dan tidak mengurangi ruang bagasi. Namun, sayangnya jok mobil ini tidak bisa dilipat menjadi rata lantai.

5. Desain Eksterior Berkelas

Desain eksterior Honda Mobilio merupakan desain yang berkelas jika dibandingkan dengan mobil-mobil sekelasnya. Mobil ini dirancang khusus untuk menjadi mobim keluarga yang sporty. (Baca Juga: Mobil yang Cocok untuk Wanita)

Kekurangan Honda Mobilio:

1. Kualitas Pengerjaan Kurang

Banyak hal dari Honda Mobilio ini masih kurang dari segi kualitas pengerjaan, seperti bodi dan engine bay, dashboard, door trim, dan sambungan bodi. Sehingga, menimbulkan kesan asal-asalan dan tidak sesuai. Hal ini juga kemungkinan karena Honda sedang menambah jumlah produksi Honda Mobilio, sampai akhirnya menurunkan kualitas pengerjaan dan material yang digunakannya kurang bagus.

Sponsors Link

2. Transmisi CVT Tidak Sanggup Menyalurkan Tenaga Mesin

Transmisi CVT pada mobil ini tidak bisa memberikan tenaga mesin yang sebenarnya. Pada kecepatan rendah, pedal memang sangat responsif, tapi ketika dalam kecepatan sedang (40 – 80 km/jam), performa transmisi CVT terasa sangat lambat dan tidak memberikan performa yang baik, seperti pada Honda Mobilio manual. Terlebih dalam kecepatan yang sangat cepat, yaitu mencapai 150 km/jam, maka CVT sudah tidak sanggup lagi jika ada injakan kaki untuk memacu mobil lebih cepat lagi. Oleh karena itu,sebaiknya anda mengambil varian manual pada Honda Mobilio, jika alasan anda membeli mobul karena akselerasi. (Baca Juga : Perawatan Mesin Diesel)

3. Suspensi Tidak Nyaman

Sayangnya mobil MPV ini dikategorikan sebagai mobil yang paling kaku di kelasnya. Jika Anda melewati jalan bergelombang atau tidak rata, anda harus membawanya secara perlahan, terlebih pada suspensi belakang. Hal ini tidak sama seperti Honda Freed yang memiliki suspensi yang nyaman. Akan tetapi, kelebihannya ada pada handling, sehingga kekurangan pada suspensi ini terbayarkan.

4. Kabin Tidak Kedap Suara

Kualitas pengerjaan Honda Mobilio yang terbilang terburu-buru ini ternyata berpengaruh pada kekedapan mobil. Jika anda dalam kondisi kecepatan rendah, suara mesin mobil akan sangat tenang dan tidak terasa. Namun, ketika anda memacu mobil dengan kecepatan di atas 80 km/ jam, maka kekedapan kabin tidak dirasakan kembali. Suara mesin, angin, dan ban sangat mengganggu. Hal ini sama seperti avanza keluaran pertama. Selain itu, suara di luar juga mengganggu, karena ketika kita mengobrol di luar dapat terdengar hingga ke dalam mobil. Hal ini karena penggunaan plat bodi tipis dan hanya memakai satu lapis karet peredam saja. (Baca juga : Cara Membersihkan Plafon Mobil)

5. Desain dan Kualitas Interior Kurang Menarik

Bentuk dari Honda Mobilio kurang menarik. Selain itu, kualitas material fan fit, juga finishingnya kurang begitu baik. Bahkan, kita juga tidak mendapatkan kompartemen penyimpanan yang melimpah, seperti mobil-mobil MPV sekelasnya. Interior Honda Mobilio ini sama persis desainnya dengan Honda Brio, kecuali pada aksen dan pewarnaan yang diberikan. (Baca Juga: Mobil yang Cocok untuk Pemula)

Demikianlah kelebihan dan kekurangan Honda Mobilio. Anda dapat mempertimbangkannya kembali ketika hendak membeli mobil ini. Jika sesuai dengan keingin Anda, jangan ragu untuk membelinya. Jika kurang sesuai, pilihlah mobil sejenisnya. Namun, memang setiap mobil tentunya ada kekurangan dan kelebihannya. Sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Jangan Lupa Membaca Artikel ini:

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Friday 10th, February 2017 / 03:21 Oleh :
Kategori : Info Mobil