Sponsors Link

Cara Mudah, Tepat dan Aman Mendongkrak Mobil

Sponsors Link

 Dongkrak merupakan salah satu alat yang sangat penting bagi setiap mobil yakni alat repair body mobil. Dongkrak sendiri memiliki fungsi yang sangat membantu para pengemudi pada saat pecah ban. Dongkrak menggunakan sistem hidrolis ini memudahkan penggunanya pada saat menggunakannya untuk mengangkat bagian mobil.

ads

mendongkrak mobil tidak boleh dilakukan secara sembarangan dan mendongkrak mobil membutuhkan ketrampilan tersendiri. Mendongkrak mobil merupakan ketrampilan yang sebaiknya dimiliki oleh para pengemudi mobil. tidak hanya

untuk memperbaiki kerusakan kecil, mengganggu ban, dan membersihkan kolong pada mobil juga dapat dilakukan dengan bantuan benda yang satu ini agar tidak merusak jenis radiator coolant untuk mobil. Akan tetapi mendongkrak mobil ternyata juga memiliki cara tersendiri, karena mendongkrak mobil

tidak boleh asal asalan dilakukan, harus benar dan aman dalam menggunakannya. Bagi anda yang belum mengetahui bagaimana cara yang mudah, tepat dan aman mendongkrak mobil, berikut ini adalah merupakan panduan mendongkrak mobil dengan mudah, tepat dan tentunya aman:

1. Posisikan mobil yang akan anda dongkrak di tempat datar untuk mendapatkan tumpuan yang kuat dan seimbang. Tujuan dari memposisikan mobil pada permukaan yang rata adalah agar pada saat didongkrak mobil tidak goyang atau stabil.

2. Ingat, jangan menarik rem tangan sebab berhubungan dengan cara menyetel rem tangan mobil supaya roda dapat berputar atau bergerak pada saat anda mengendurkan dan mencopot baut atau mur. Anda cukup memberi ganjal pada depan dan belakang ban mobil anda agar mobil tidak berjalan.

3. Aturlah posisi dongkrak pada titik yang benar sesuai dengan buku petunjuk mobil yang akan anda dongkrak. Hal ini disarankan agar mobil tidak jatuh pada saat didongkrak dan juga tidak merusak bagian disekitar body atau chasis yang menjadi titik tumpu dongkrak tersebut.

4. Cara tersebut bertujuan supaya kerja dongkrak bisa lebih praktis dan juga efisien. Sehingga tidak akan merusak komponen serta bisa menjaga keselamatan semuanya.

5. Pusat yang aman untuk mendongkrak mobil yakni pada bagian arm atau sayap roda. Sebab bagian tersebut terbuat dari bahan yang kuat. Cara ini bisa dilakukan baik padaroda belakang maupun pada roda depan.

6. Jangan pernah memasukan badan anda kekolong mobil, dan pakailah pengungkit yang panjang yang memungkinkan untuk mengungkit dongkrak dari luar. Hal ini bertujuan untuk keselamatan anda dan bisa mencegah dari hal yang berbahaya.

7. Anda bisa menggunakan jackstand apabila mendongkrak mobil dalam waktu yang lama supaya lebih aman. Selain membuat aman menggunakan jackstand juga bisa menghemat waktu dan memudakan anda untuk melakukan pergantian pada ban lebih dari satu secara bersamaan.

Sponsors Link

8. Di keadaan yang darurat sebaiknya ganjal dengan menaruh kayu, dan ban serep. Atau pada kolong mobil anda bisa meletakan batu ditempat yang kuat. Dan ingat pastikan mobil yang anda dongkrak tidak terlalu miring.

9. Pastikan dongkrak yang anda gunakan lebih besar dari beban mobil tersebut. Hal ini bertujuan agar mobil dapat di dongkrak dengan sempurna dan masih begitu banyak pengemudi mobil barang yang bermuatan overtonase menggunakan dongkrak yang memiliki beban maksimal dibawah beban mobil bermuatan tersebut.

10. Hasilnya pengemudi harus menunggu orang yang mau meminjamkan dongkrak yang memiliki maksimal beban yang besar untuk digunakannya.

ads

Mendongkrak mobil terkadang harus dilakukan guna mengecek ataupun memperbaiki komponen mobil pada bagian kolong mobil yang rusak. Kompenen tersebut antara lain seperti suspensi, ban, velg, dan lain sebagainya. Bagi para pemula, mungkin mendongkrak mobil merupakan salah satu hal yang sangat sulit untuk dilakukan.

Mereka bingung dimana titik tumpuan untuk meletakan dongkrak tidak boleh secara sembarangan. Jika salah memposisikan dongkrak, mka bisa berbahaya untuk pelakunya. Perlu anda ketahui bahwa di sebuah mobil itu sendiri

sebenarnya sudah ada titik tumpu untuk meletakan dongkrak, jadi anda tidak perlu bingung untuk memposisikan dongkrak tersebut. Titik tumpu pada dongkrak biasanya terletak tidak terlalu jauh dipinggir. Sehingga anda bisa meletakan dongkrak sekitar pintu atau sekitar ban.

Tumpuan dongkrak mempunyai bentuk seperti dongkrak dari mobil itu sendiri. Tumpuan tersebut biasanya berupa tonjolan persegi ataupun sekungan. Namun, cara yang paling tepat yang dapat anda gunakan pada saat mendongkrak mobil

adalah dengan cara melihat dan membaca buku petunjuk utnuk menentukan tumpuan dongkrak pada mobil. Mendongkrak mobil tidak boleh sembaranagn sebab bisa merusak bodi mobil. pernah ada kasus mendongkrak mobil yang salah

tanpa ada teknik yang benar, hasilnya adalah bodi mobil menjadi rusak akibat tidak kuat menahan beban mobil yang berat. Hal ini diakibatkan karena dongkrak meleset akibat peletakannya yang tidak benar. Untuk mencegah supaya hal tersebut tidak terjadi, sebaiknya anda perlu tahu dimana sebenarnya letak titik tumpuan dongkrak itu. Dongkrak

biasanya emnggunakan 1 ban saja, jangan perah menggunakan 2 dongkrak untuk mendongkrak 2 ban sebab resikonya sangatlah besar. Mengingat fungsi dongkrak yang hanya untuk menaikkan mobil saja tidak untuk mendongkrak dalam waktu yang lama.

Demikian artikel yang dapat saya ulas kali ini mengenai cara mudah tepat dan aman mendongkrak mobil. semoga artikel kali ini dapat bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita semua.

Sponsors Link
, , , , ,




Oleh :
Kategori : Tips dan Trick