Sponsors Link

Cara Membersihkan Kabin Mobil Yang Baik dan Benar

Perawatan mobil tentunya tak hanya pada bagian luar nya saja, bagian dalam mobil tentunya harus selalu rutin dirawat agar tetap dalam keadaan yang baik. Banyak sekali gangguan-gangguan yang sering terjadi di dalam mobil, seperti bau tidak sedap yang entah dikarenakan makanan, karpet lembab, asap rokok, sistem pendingin yang kotor, dan masih banyak lainnya.

Untuk itu pentingnya anda menjaga kebersihan serta keindahan bagian kabin mobil agar anda senantiasa nyaman saat mengendarai mobil anda. Selain itu, menjaga kabin mobil senantiasa tetap bersih, tentunya juga akan membuat kondisi mobil menjadi sehat dan bersih. Nah untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa cara membersihkan kabin mobil yang baik dan benar.

1. Persiapan

Sebelum anda memulai untuk membersihkan kabin mobil anda, akan lebih baik bila anda membersihkan bagian eksterior terlebih dahulu hingga benar-benar bersih dan lap hingga benar-benar kering. Setelah kondisi luar mobil benar-benar bersih dan kering, baru lah anda mulai untuk membersihkan bagian dalam mobil anda. Siapkan alat-alat yang dibutuhkan seperti sikat, kuas, penyedot debu, lap kering, dan cairan pembersih. (baca juga: Penyebab Mobil Berasap)

Keluarkan barang-barang dari dalam kabin mobil anda seperti payung, sepatu, sandal, dan masih banyak lainnya. Buang sampah-sampah yang ada di dalam kendaraan mobil anda. Jangan lupa pula untuk membersihkan barang-barang yang tadinya di dalam mobil anda sebelum dimasukkan ke dalam mobil. Setelah itu barulah anda mulai membersihkan kabin mobil. Pada saat anda membersihkan kabin mobil, usahakan untuk membuka semua pintu agar sirkulasi dalam mobil bisa terjaga dengan baik.

2.Membersihkan Karpet-Karpet Tambahan

Cara membersihkan kabin mobil pertama kali dapat anda mulai dari karpet-karpet tambahan yang ada ddalam mobil. Seperti yang anda ketahui, karpet-karpet tersebut dapat menjadi penyebab bau mobil yang tidak enak. Anda bisa membersihkan karpet-karpet tersebut dengan menggunakan penyedot debu khusus untuk mobil. Jika diperlukan, anda bisa mencuci karpet mobil anda dan menjemurnya hingga kering. Pastikan bila kondisi karet benar-benar kering sebelum diletakkan di dalam mobil. Kondisi karpet yang lengkap dapat membuat bau tak sedap di dalam mobil anda. (baca juga: Cara Menyetel Platina Mobil)

3. Membersihkan Dasbor Mobil

Setelah itu anda bisa membersihkan bagian dasbor mobil. Gunakan lap kain lembut serta cairan pembersih untuk membersihkannya. Anda bisa mudah membeli jenis cairan pembersih ini di toko-toko perlengkapan mobil. Untuk bagian sudut-sudut dasbor yang tidak dapat terjangkau, anda bisa menggunakan kuas yang berbulu halus. (baca juga: Cara Merawat Power Steering)

4. Membersihkan Jok Mobil

Jangan lupa pula untuk membersihkan kebersihan jok mobil, termasuk pada bagian sela-sela jok mobil anda. Bersihkan debu dan kotoran-kotoran lainnya yang biasanya terdapat pada sudut-sudut jok. Anda bisa menggunakan penyedot debu untuk hasil bersih yang lebih maksimal. Untuk pembersihan jok nya sendiri, rawat dan bersihkan jok mobil anda sesuai dengan rekomendasi pabrik ataupun bahan material jok. Tentunya setiap jenis jok memiliki cara pembersihan yang berbeda-beda. Perhatikan kebersihkan jok dan bagasi mobil, termasuk sela antar jok. Maksudnya agar tidak ada sisa makanan, sampah atau kotoran di dalamnya. Dibantu alat penyedot debu, proses pembersihan ini menjadi lebih maksimal. Rawat jok sesuai rekomendasi pabrik kendaraan atau bahan yang digunakan. (baca juga: Komponen Starter Mobil)

5. Membersihkan Plafon Mobil

Cara membersihkan kabin mobil lainnya yaitu dengan membersihkan plafon mobil anda. Plafon mobil merupakan bagian mobil yang mungkin jarang sekali tersentuh. Plafon mobil yang kotor tentunya akan berpengaruh pada keindahan kabin mobil anda. Untuk itu, sangat penting membersihkan dengan rutin plafon mobil anda. Namun pembersihannya pun perlu dilakukan dengan hati-hati. Hal ini karena plafon mobil rentan rusak, sobek, dan lainnya. Apalagi bila plafon mobil anda terbuat dari bahan berserat, bila salah penanganan saja bisa membuat plafon anda kendur, sobek, bahkan bolong.

6. Nyalakan AC Mobil

Jangan lupa pula untuk membersihkan sistem pendingin (AC) mobil anda. AC mobil yang kotor tentunya membuat udara menjadi tak sedap pula. (baca juga: Mobil Matic Vs Manual). Setelah semua langkah-langkah sudah dikerjakan dengan tepat, anda bisa menyalakan mesin dan pendingin mobil beberapa saat dengan kondisi pintu dan jendela mobil terbukan. Hal ini dilakukan agar semua bau-bau sisa dari cairan pembersih yang anda gunakan bisa hilang dan sirkulasi udara menjadi lancar.

7. Menggunakan Bahan Alami Pengusir Bau

Untuk menyingkirkan bau-bau tak sedap lainnya yang menganggu, anda bisa menggunakan bahan-bahan alami seperti kopi, arang kayu, baking soda dan cuka. Bahan-bahan ini bisa digunakan untuk mengurangi bau-bau tak sedap di dalam kabin mobil. Anda bisa meletakkan salah satu bahan ini di sebuah wadah terbuka dan menempatkannya di bagian depan dan belakang dalam mobil anda. Biarkan bahan di dalam wadah terbuka itu selama kurang lebih 24 jam dengan kondisi mobil tertutup. (baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Mobil Timor)

Nah itu tadi beberapa cara membersihkan kabin mobil yang baik dan benar. Tentu saja hal ini harus anda lakukan secara rutin agar kondisi kabin mobil tetap terjaga kebersihannya. Selain itu, gunakan bahan-bahan pembersih yang memang direkomendasikan untuk mobil anda. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi anda.

baca juga:

, , , ,
Oleh :
Kategori : Tips dan Trick