Sponsors Link

3 Penyebab Mobil Matic Tidak Bisa Mundur Yang Sering Terjadi

Sponsors Link

Mobil matic memang banyak menjadi idaman karena penggunaannya yang mudah, terutama bagi anda yang masih pemula dalam mengendari mobil. Namun meskipun mudah dikendarai bukan berarti mobil matic tak memiliki berbagai problem yang bisa saja terjadi. Mulai dari transmis otomatis yang mulai rewel dan menyentak, getaran mobil, cukup terasa, perpindahan gigi yang cukup sulit, bahkan yang terparah adalah ketika mobil matic tidak bisa mundur.

ads

Jika mobil tidak bisa bergerak ke belakang atau tak bisa mundur, tentu saja akan menyulitkan anda ketika sedang berkendara. Mobil yang tidak mampu bergerak mundur biasanya sering terjadi dikarenakan ada komponen mekanikal atau elektrik yang ada di sistem transmisi. Nah berikut ini beberapa penyebab mobil matic tidak bisa mundur. (baca juga: Penyebab Mobil terbakar)

Mobil matic yang tidak bisa mundur memang menjadi salah satu gejala kerusakan mobil matic yang cukup parah. Jika kondisi ini terjadi pada mobil anda, maka anda tidak bisa asal melepas tangan ketika berkendara. Biasanya penyebab mobil matic tidak bisa mundur dipicu karena sistem mekanik yang ada pada sistem transmisi memang sedang bermasalah. Berikut ini beberapa penyebab mobil matic tidak bisa mundur, antara lain:

  • Yang paling sering terjadi adalah kondisi tuas gigi yang memang sudah rusak. Switch mobil yang sudah rusak biasanya akan terlihat beberapa tanda, seperti mobil yang diam ataupun berada di dalam mode parking. (baca juga: Cara Aman Belajar Mengemudi)
  • Untuk sistem transmisi matic elektrik, biasanya terjadi kerusakan pada perangkat elektronik tepatnya pada kabel selenoid yang putus ataupun kehilangan stroom. Untuk mengecek kondisi ini, anda bisa mencoba untuk melepas beberapa sensor yang bertujuan agar bisa menciptakan kondisi eror di sistem elektriknya. (baca juga: Cara Membersihkan Radiator Mobil)
  • Untuk sistem transmisi matik yang masih konvesional, biasanya dikarenakan ada kerusakan pada komponen mekanikal transmisi. Biasanya yang sering terjadi adalah rasio gigi mundur atau reverse gear ratio, ataupun return shift nya patah. (baca juga: Cara Mencuci Mesin Mobil Yang Baik)

Bila kondisi ini terjadi pada mobil anda, maka anda harus segera membawanya ke bengkel untuk dilakukan pengecekan lebih lanjut. Jika anda membiarkannya saja, yang terjadi malah bisa menimbulkan resiko keamanan serta keselamatan saat berkendara. Selain itu, anda juga harus melakukan perawatan sistem transmisi mobil matic secara rutin, antara lain adalah:

1. Periksa Dengan Rutin Oli Transmisi

Banyak kerusakan yang terjadi pada sistem transmisi mobil matic disebabkan karena pengguna kendaraan tidak mengganti dan memeriksa dengan rutin kondisi dari oli sistem transmisi. Sehingga anda harus melakukan pengecekan dengan rutin. Waktu yang tepat untuk melakukan pengecekan adalah saat pagi hari sebelum mobil akan digunakan.

Anda bisa menggunakan tongkat indikator untuk bisa melihat apakah oli transmisi masih dalam kondisi yang baik atau tidak. Bila oli sudah berwarna kecoklatan apalagi sudah ada serbuk besi halus, maka menandakan jika ada masalah pada sistem transmisi mobil matik anda.

Jangan lupa pula untuk memeriksa apakah terjadi rembesan atau kebocoran pada oli transmisi anda. Biasanya kebocoran terjadi pada gasket hingga penampungan oli.  (baca juga: Shockbreaker Paling Empuk)

baca juga:

Sponsors Link

2. Perhatikan Bila Terjadi Suara-Suara Yang Mengganggu

Cobalah untuk memperhatikan dengan baik bila terjadi suara-suara aneh yang cukup mengganggu di kendaraan anda. Bisa jadi suara-suara ini menjadi tanda atau sinyal jika terjadi masalah pada mobil anda. Awalnya bisa jadi suara-suara tersebut seperti suara mesin pada umumnya, namun lama kelamaan bila anda menyimak dengan teliti maka suara yang keluar bverbeda dan akan cukup mengganggu ketika mobil digunakan. (baca juga: Penyebab Mobil Bergetar)

3. Test Drive

Setelah kondisi sistem transmisi dicek dengan rutin, maka anda juga perlu melakukan test drive untuk menguji kerja dari sistem transmisi mobil matik anda. Anda bisa melakukannya dengan cara memindahkan posisi gigi dengan perlahan mulai dari kondisi mobil yang berhenti. Jika terasa agak berat bahkan hingga menghentak, maka terjadi masalah pada sistem transmisi mobil anda. (baca juga: Komponen Gardan Mobil)

Nah itu tadi beberapa penyebab mobil matic tidak bisa mundur. Kondisi seperti ini tak bisa hanya dibiarkan begitu saja karena akan mengganggu kenyamanan dan keamanan dalam berkendara. Menggunakan mobil matic memang lebih praktis dan menyenangkan namun tentunya anda harus juga melakukan perawatan intensif agar mobil tetap bisa dikendarai dengan baik. Bahkan perawatan mobil matic memang membutuhkan perhatian lebih banyak dibandingkan mobil manual karena komponen transmisinya yang memang sedikit sensitif.

baca juga:

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Thursday 22nd, June 2017 / 08:46 Oleh :
Kategori : Masalah Teknis