Categories: Tips dan Trick

7 Cara Mengatur Barang Bawaan di Bagasi Mobil yang Perlu Diketahui

Bagasi adalah sebuah ruang yang ada di dalam mobil yang fungsinya sebagai tempat penyimpanan barang bawaan anda sewaktu akan melakukan perjalanan liburan atau mudik bersama keluarga. Seringkali kita di buat sibuk mengatur barang bawaan di dalam bagasi mobil untuk itu sangat penting bagi anda mengetahui cara pengaturan barang bawaan di mobil yang benar. Yang perlu anda perhatikan sobat, cara merawat bagasi mobil wajib dilakukan agar proses penataan barang bawaan ketika bepergian bisa dilakukan dengan aman.

Saat hendak melakukan perjalanan untuk berlibur atau mudik bersama keluarga tentu harus mengatur barang bawaan dengan benar, agar tidak menganggu kenyamanan saat di perjalanan. Hal ini tentu juga bisa berpengaruh dengan keselamatan berkendara, menghindari muatan yang berlebih. Barang yang paling besar, berat dan paling tidak dipergunakan bisa diletakkan di posisi paling bawah.

Kenapa demikian karena hal ini berkaitan dengan “center of gravity”, semakin rendah center of gravity pada mobil maka semakin baik dampaknya terhadap handling atau pengendalian mobil. Selain itu posisi barang harus diletakkan saling mengunci satu sama lain agar semakin kecil kemungkinan barang tersebut bergeser.

Maka dari itu kita harus mengetahui cara mengatur barang bawaan di bagasi mobil sangatlah penting, supaya anda dan sekeluarga bisa nyaman saat perjalanan liburan atau mudik ke tempat yang jauh. Kemudian tips mudik menggunakan mobil pribadi agar aman juga wajib diperhatikan ya sobat. Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan tips untuk and acara mengatur barang bawaan di bagasi mobil yang benar berikut ini :

1. Utamakan Barang yang Benar-benar Dibutuhkan

Mengingat kabin bagasi mobil yang tersedia untuk membawa dan menempatkan barang itu terbatas, sebaiknya anda membuat prioritas terlebih dahulu. Pastikan hanya barang-barang yang dibutuhkan selama liburan atau mudik saja yang dibawa.

Perhitungkan barang bawaan dengan lamanya anda akan di kampung halaman. Jangan sampai barang bawaan anda malah jadi menyusahkan anda selama perjalanan. Jika ada barang berharga pastikan posisi penempatanya dengan jelas. Tempatkan barang tersebut yang tidak jauh dari anda.

2. Kemas dan Tatalah dengan Tepat

Ketika anda sedang liburan atau mudik, pilihlah tas atau koper yang simpel sehingga memudahkan anda untuk membawanya dan juga tidak memakan tempat. Pilih juga koper atau tas yang memiliki roda agar memudahkan anda untuk mengangkatnya.

Tempatkan pakaian yang besar dan berat terutama baju dan celana di urutan terbawah. Setelah itu tempatkan koper, tas atau kardus yang berukuran besar ditempatkan di bagian bawah. Namun perlu di ingat kalau barang yang sering digunakan harus ditempatkan di bagian atas bisa dipisahkan dengan tas atau ardus tersendiri.

3. Cermat dalam Menempatkan Barang Kecil

Ketika anda sedang liburan dan membawa barang-barang kecil seperti kotak kosmetik bisa ditempatkan di sela pakaian yang sudah tertata tadi. Selain itu barang-barang yang berukuran kecil bisa dimasukkan ke kantong-kantong atau sela yang ada di tas atau koper tersebut. Maksimalkan ruang tas atau koper yang anda bawa.

4. Urutkan Penempatan Sesuai dengan Ukuran Tas atau Koper

Setelah mengemas barang bawaan selesai, langkah selanjutnya adalah memikirkan tempat tas atau koper di bagasi mobil. Hal yang perlu anda ingat adalah tempatkan tas atau koper berukuran besar di bagian terbawah dan jika urutanya menyamping maka tempatkan itu di bagian samping.

Letakkan tas yang berisi barang-barang sangat penting dan sering digunakan di bagian paling atas. Urutan seperti ini selain memudahkan pengambilan juga untuk keamanan, karena tas atau koper yang ditumpuk mudah bergeser atau berpindah tempat sehingga saat mobil mengerem mendadak atau menikung barang bawaan anda tetap aman dan tidak berantakan.

5. Hindari Tumpukan Barang Menutupi Kaca Belakang

Hal yang kerap dilupakan saat liburan atau mudik oleh orang-orang adalah menumpuk barang bawaan sampai ke atas dan menutupi kaca bagian belakang mobil tersebut. Itu akan menyebabkan pengemudi akan kesulitan melihat situasi di belakang mobil. Kondisi seperti itu sangat membahayakan bagi anda karena di sepanjang perjalanan tentu akan ramai oleh kendaraan yang lain juga, sedangkan kita juga tidak mengetahui secara persis kondisi jalan yang akan kita lalui.

Kita harus tetap waspada dari segala sisi mobil yang ada baik depan, samping kanan, samping kiri maupun belakang mobil, itu sangat wajib hukumnya. Oleh karena itu tumpuk barang sewajarnya saja batas maksimal menumpuk barang adalah setinggi jok mobil tersebut.

6 Maksimalkan Ruang Penyimpanan

Setelah semua bagasi di mobil terisi semua namun masih ada barang bawaan yang masih belum masuk, anda tak usah khawatir. Karena masih ada langkah untuk mengakomodasikanya, melalui ruang-ruang seperti cup holder, glove box di dashboard, center console sampai dengan di bawah bangku baris pertama.

Glove box di dashboard bisa kita isi dengan tas kecil berisi peralatan mandi, menyimpan handuk dan tas kecil bisa diselipkan di bawah bangku baris pertama. Namun perlu diingat agar tidak terlalu berlebihan menaruk barang karena hal tersebut termasuk salah satu cara merawat dashboard mobil. Untuk cup holder bisa diisi dengan botol minuman, termos kecil dan botol susu jika anda membawa seorang balita dalam perjalanan.

7. Menaruh Barang Di Atas Atap

Meskipun semua mobil tidak dilengkapi dengan perangkat roofrail di bagian atapnya, namun fungsi ini sangat berguna ketika anda melakukan perjalanan liburan atau mudik yaitu mengangkut barang bawaan yang tidak muat di bagasi.

Bila atap mobil terintergrasi dengan roofrail anda bisa mengaplikasikan roofbox, cargo bag atau carrier basket untuk mengakomodasi barang bawaan tersebut. Perlu anda ingat untuk roofbox perlu mengikat barang dengan tali pengaman supaya posisinya tidak berpindah-pindah karena bisa menyebabkan kerusakan pada roofbox itu sendiri.

Demikian adalah cara mengatur barang bawaan di bagasi mobil dengan benar, selain memaksimalkan bagasi mobil anda hal tersebut juga agar anda bisa menikmati perjalanan liburan atau mudik dengan nyaman dan aman. Tidak perlu khawatir lagi jika barang bawaan anda kenapa-kenapa seperti jatuh, bergeser dan sebagainya.

Sekian artikel ini kami buat, apabila masih ada kekurangan kami mohon maaf. Dan semoga artikel ini memberikan manfaat bagi semua orang yang membacanya. Sampai jumpa di artikel kami selanjut nya ya sobat. Terima kasih dan salah hangat selalu dari penulis.

Yogi Suherman

Recent Posts

7 Cara Mengatasi Cat Mobil Retak Dijamin Mulus Kembali

Terkadang cat mobil yang retak  itu bukan berarti permukaan cat tersebut mengalami pecah. Hal ini…

5 years ago

7 Cara Mengatasi Aki Mobil Drop dengan Efektif

Jika kejadian ini dialami saat di tengah perjalanan tentu pengalaman  yang sangat dibenci. Sebab tanpa…

5 years ago

Cara Mengatasi Mobil Terkunci dari Dalam Dijamin Berhasil

Mobil terkunci dari dalam bukan kejadian yang sedikit dialami. Berbagai komponen mobil memang harus dijaga…

5 years ago

7 Cara Menghilangkan Cat Terkelupas pada Mobil dengan Benar

Cat mobil yang terkelupas untuk memperbaikinya bisa dibawa ke bengkel, namun jika ingin memperbaikinya sendiri…

5 years ago

9 Cara Menyamarkan Cat Mobil Belang Paling Mudah dan Cepat

Melakukan pengecatan mobil bukan suatu hal yang mudah apalagi bagi yang sama sekali belum pernah…

5 years ago

3 Penyebab Oli Bocor Pada Mobil Matic Sangat Mudah Dikenali

Mobil Anda mungkin mengalami kebocoran cairan transmisi karena berbagai alasan, namun hal yang terpenting utnuk…

5 years ago