Sponsors Link

7 Cara Merawat Dashboard Mobil Yang Benar Tanpa Gores

Sponsors Link

Interior mobil merupakan bagian penting yang wajib diperhatikan kebersihannya guna menciptakan rasa nyaman saat mengendara. Seperti halnya salah satu bagian penting dari interior mobil yakni bagian dashboard yang sering digunakan sebagai tempat meletakkan berbagai kebutuhan.

ads

Banyak yang memanfaatkan bagian dashboard untuk menyimpan berbagai cemilan untuk menemani aktivitas mengemudi sehari – hari. Jadi kebersihannya harus dijaga untuk membantu menjaga kehigienisan makanan yang anda letakkan.

Cara Merawat Dashboard Mobil

perawatan-dashboard-mobilCara merawat dashboard mobil tidak diperlukan keahlian khusus seperti halnya pada perawatan ac mobil , melainkan hanya cukup ada kemauan dan ketekunan dari pemilik mobil itu sendiri. Sebenarnya untuk melakukan pembersihan tidak perlu menunggu bagian dashboard dalam kondisi kotor.

Anda bisa membersihkannya terlebih dahulu pada saat akan digunakan dan juga setelah digunakan. Dengan begitu debu tidak akan cepat menumpuk, sehingga sisa – sisa makanan yang rontok tidak mengundang semut untuk berkerumun pada bagian dashboard mobil anda tersebut.

Selain itu jika sudah terlanjur sulit untuk dibersihkan, maka akan membutuhkan kerja keras melakukan proses pembersihan yang mempunyai peluang besar merusak bagian – bagian dari permukaan dashboard seperti misalnya adanya goresan – goresan kecil. Akhirnya penampakan dashboard menjadi kurang sempurna. Jangan lupa perhatikan juga cara perawatan body mobil.

Pada artikel kali ini saya bermaksud akan membahas lebih dalam mengenai cara merawat dashboard mobil yang mungkin bisa anda jadikan sebagai referensi, yuk simak penjelasannya bersama – sama sebagai berikut :

1. Bersihkan Dashboard Dengan Menggunakan Kemoceng Berbahan Lembut

Saat anda akan membersihkan interior mobil termasuk dashboard mobil, sebaiknya buka semua pintu terlebih dahulu agar debu yang beterbangan bisa keluar. Bersihkan dashboard dengan menggunakan kemoceng halus. Lakukan dengan hati – hati, benturan yang terlalu keras bisa beresiko merusak bagian – bagian sekitar dashboard.

Setelah beberapa saat ulangi cara di atas untuk memastikan debu yang mungkin masih menempel kembali. Setau saya memang debu yang sudah dibersihkan menggunakan kemoceng akan menempel kembali karena memang debu mudah beterbangan. Untuk itu pahami juga cara perawatan interior mobil.

2. Gunakan Kanebo Dalam Keadaan Lembab

Kanebo sangat efektif digunakan untuk mengangkat kotoran membandel seperti halnya di permukaan dashboard mobil anda. Membersihkan dengan kemoceng saja tidak cukup, karena debu – debu dengan bentuk sangat kecil sebagiannya akan menempel kembali.

Untuk menyempurnakan pengangkatan debu anda bisa memanfaatkan kanebo yang sudah dibasahi terlebih dahulu. Dengan demikian setidaknya upaya yang anda lakukan akan memperoleh hasil maksimal. Jangan lupa ulangi beberapa kali saat pengelapan. Cuci bilas cuci bilas kanebonya sampai benar – benar bersih.

Sponsors Link

3. Gunakan Vacuum Cleaner

Penggunaan vacuum cleaner biasanya hanya untuk membersihkan bagian – bagian yang sulit dari interior mobil. Jika pada dashboard vacuum cleaner dimanfaatkan untuk membersihkan bagian mp3, mp4 player, atau pun bagian ventilasi AC.

Namun jika dirasa membersihkan debu pada permukaan dashboard kurang bersih anda bisa menyempurnakannya dengan menggunakan vacuum cleaner. Sekarang ini banyak produk vacuum cleaner dibuat khusus untuk mobil dengan bentuk kecil mungil dan harga terjangkau. Jadi anda tidak perlu khawatir lagi. Alat tersebut juga bisa dijadikan sebagai salah satu cara merawat jok mobil

4. Kurangi Membuka Kaca Saat Sedang Mengendarai

Cara merawat dashboard mobil berikutnya ialah dengan menghindari membuka kaca mobil. Kebiasaan membuka kaca mobil saat berkendara, secara tidak langsung akan membuat debu masuk ke dalam mobil anda. Memang pada saat menggunakan mobil yang dijemur di bawah matahari pasti akan terasa sumpek dan panas.

ads

Untuk mengurangi rasa panas tersebut, anda bisa membuka kaca jendela sambil melakukan pemanasan mesin, agar udara panas yang terperangkap di dalam mobil bisa keluar terlebih dahulu. Setelah itu anda bisa masuk dan memulai perjalanan anda. Cara ini efektif untuk menjaga interior mobil anda termasuk dashboard agar tetap dalam kondisi bersih.

5. Bersihkan Sisa – Sisa Makanan dan Tumpahan Minuman Sesegera Mungkin

Ketika anda sedang ngemil, makan atau pun minum di dalam mobil dan meletakkannya di bagian dashboard, perhatikan apakah ada yang berceceran atau tumpah. Jika terlihat sisa makanan dan tumpahan minuman, segeralah beranjak untuk membersihkannya.

Biasakan diri anda untuk melakukan hal baik tersebut, dengan begitu akan membantu menjaga serta merawat dashboard mobil anda. Bayangkan saja jika makanan yang teksturnya lengket, ketika mengering akan sulit untuk dibersihkan. Begitu juga dengan minuman yang rasanya manis akan sulit dibersihkan setelah mengering.

6. Tutup Bagian Kaca Depan Pada Saat Parkir

Banyaknya volume kendaraan dan minimnya lahan parkir sekarang ini khususnya di daerah perkotaan, membuat banyak orang terpaksa memarkir mobilnya sembarangan. Tidak peduli tempat itu teduh atau pun panas. Namanya juga keadaan mendesak, mau tidak mau dilakukan.

Jika hal ini dibiarkan dalam jangka waktu yang panjang, tentu saja akan mempengaruhi warna dari dashboard mobil anda jika tidak segera ditangani. Solusi yang tepat adalah menutup seluruh bagian kaca depan menggunakan koran bekas atau pun alat yang lain agar dashboard tidak berinteraksi langsung dengan cahaya matahari.

7. Gunakan Produk Penunjang Biopolish Leather Care

Anda bisa memanfaatkan biopolish leather care setelah bagian dashboard benar – benar bersih dan bebas dari debu. Aplikasikan produk ini ke dashboard anda agar terlihat lebih mengkilap. Biopolish leather care merupakan produk semir yang memang fungsinya untuk membuat dashboard terlihat baru sepanjang hari.

Gunakan secukupnya saja, tidak disaranakan mengaplikasikan terlalu banyak. Bukannya kinclong malah nempel di tangan anda atau pun makanan yang anda letakkan. Tentu saja anda tidak ingin bukan tangan anda berbekas dan cemong – cemong. Cara ini juga bisa anda terapkan pada proses perawatan mobil bekas.

Sponsors Link

Beresiko juga kalau sampai termakan karena sebelumnya menempel pada makanan yang anda letakkan tanpa anda sadari sebelumnya. Penggunaan biopolish leather care akan membantu anda dalam menjaga warna bagian dashboard walaupun sering berinteraksi langsung dengan cahaya matahari sepanjang hari.

Dapat diambil kesimpulan bahwa artikel mengenai cara merawat dashboard mobil di atas yang diulas secara detail dan dikemas dengan menarik, diharapkan bisa membantu memudahkan dalam mempelajari serta memahaminya lebih dalam lagi.

Sehingga nantinya mungkin bisa dijadikan sebagai bahan referensi yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari – hari dan menambah wawasan bagi anda. Sampai disini dulu ya artikel kali yang membahas mengenai cara merawat dashboard mobil. Semoga bisa bermanfaat bagi anda dan terima kasih sudah meluangkan sedikit waktu untuk membaca artikel saya ini.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Friday 06th, October 2017 / 13:58 Oleh :
Kategori : Perawatan