Categories: Perawatan

8 Perawatan Mobil Diesel Yang Wajib Dilakukan

Mesin diesel mungkin masih menjadi favorit bagi sebagian besar orang karena peformanya yang gahar dan tentu saja sangat bertenaga untuk digunakan di segala medan. Apalagi kini mobil-mobil bermesin diesel didesain dengan getaran yang lebih halus dan suara yang tidak lagi keras serta menimnya polusi udara yang dihasilkan. Tak heran jika kini banyak orang yang mulai beralih menggunakan mobil diesel Namun meskipun begita sama hal nya seperti mobil bensin, mobil diesel juga membutuhkan perawatan. Meskipun terbilang sederhana, namun perawatan mobil diesel memang penting untuk dilakukan. Jika tidak maka umur dari mesin mobil diesel tidak akan lama dan menyebabkan peforma menjadi menurun. Bagi anda yang memiliki mobil bermesin diesel, berikut ini beberapa perawatan mesin diesel agar selalu memiliki peforma terbaik.

1. Panaskan Mesin Sebelum Digunakan

Cara pertama yang dapat anda lakukan untuk merawat mobil diesel anda adalah dengan memanaskannya setiap hari sebelum akan digunakan. Cukup panaskan 5 menit sebelum akan digunakan. Berbeda dengan mobil bensin yang hanya membutuhkan waktu sebentar, mesin diesel membutuhkan waktu yang cukup lama agar suhu mesin diesel optimal digunakan untuk membakar bahan bakar. Hal ini karena mesin diesel tidak dibekali dengan busi, sehingga hanya membutuhkan tekanan udara serta suhu mesin yang tepat.

2. Perhatikan Penggunaan Oli

Pastikan untuk selalu oli mobil terbaik untuk mesin mobil anda. Mesin diesel membutuhkan perawtan yang lebih ekstra pada bagian oli mesin. Gunakan oli mesin yang memang sesuai dengan rekomendasi pabrikan mobil. Hindari menggunakan oli yang murah dan tidak sesuai, hal ini karena fungsi oli yang tidak hanya mendinginkan mesin namun juga melumasi, membersihkan dan melindungi mesin anda. Lakukan penggantian oli setidaknya setiap menempuh jarak 5000 km dan untuk penggunaan ringan biasanya dilakukan pada jarak 10.000 km.

3. Gunakan BBM Yang Sesuai 

Mobil diesel produksi saat ini menggunakan bahan bakar yang berbeda dibandingkan mobil diesel terdahulunya. Saat ini semakin baik solar ditandai dengan sulfur yang rendah terkandung di dalamnya seperti biosolar dan Dexlite. Gunakan bahan bakar yang memang sesuai dengan mesin sehingga usia pakai mesin bisa panjang dan tahan lama.

4. Ganti Filter Bahan Bakar

 Ganti bahan bakar jika memang dibutuhkan. Pada jenis solar, selalu terdapat kandungan air di dalamnya. Sedangkan untuk menyaring antara solar dengan air tentunya merupakan kerja dari filter bahan bakar. Jika filter bahan bakar tidak diganti dalam waktu yang lama, maka tentu saja akan penuh air di dalamnya. Hal ini akan ditandai dengan menyalanya indikator pada filter bahan bakar. Jika tidak segera diganti, maka bisa saja air masuk ke dalam ruang bahan bakar dan membuat proses pembakaran menjadi kurang sempurna.

5. Jangan Biarkan Kondisi Tangki Sampai Kosong

Perawatan mobil diesel yang sau ini jangan sampai terlupakan, pastikan untuk menjaga kondisi tangki bahan bakar agar jangan sampai kosong. Jika volume tangki bahan bakar sudah mencapai 1/3 nya, maka segera isi bahan bakar. Jika tidak maka akan menyebabkan mobil mengalami masuk angin dan mobil tidak dinyalakan.

6. Jangan Langsung Mematikan Mesin

Jangan langsung mematikan mesin diesel anda sesaat setelah digunakan. Paling tidak dinginkan kurang lebih selama 5 menit dalam kondisi mesin masih menyala  dan mobil berhenti. Setelah itu barulah anda bisa mematikan mesin. Penting untuk mengetahui cara  mematikan mesin mobil yang tepat.

7. Bersihkan Injektor Secara Rutin

Jangan lupa untuk membersihkan injektor secara rutin. Pembersihan dapat dilakukan di bengkel, biasanya teknisi akan menyemprotkan cairan di dalam saluran bahan bakar. Pembersihkan secara rutin ini bisa membuat peforma mesin tetap terjaga dengan baik dan lebih menghemat bahan bakar.

8. Ganti Filter Udara

Pada mesin diesel, filter udara haruslah diganti secara rutin minimal setiap menginjak 10.000 km. Jika filter udara ini kotor, maka akan menyebabkan masuknya kotoran yang dapat menghambat pasokan bahan bakar ke dalam ruang pembakaran.

Selain cara-cara diatas, jangan lupa untuk melakukan service rutin di bengkel sesuai dengan jadwal service yang tertera dalam buku panduan mobil baru. Setidaknya lakukan service rutin setiap mencapai 5.000 km. Nah itu tadi beberapa perawatan mobil diesel yang dapat anda lakukan. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk anda.

Yogi Suherman

Recent Posts

7 Cara Mengatasi Cat Mobil Retak Dijamin Mulus Kembali

Terkadang cat mobil yang retak  itu bukan berarti permukaan cat tersebut mengalami pecah. Hal ini…

5 years ago

7 Cara Mengatasi Aki Mobil Drop dengan Efektif

Jika kejadian ini dialami saat di tengah perjalanan tentu pengalaman  yang sangat dibenci. Sebab tanpa…

5 years ago

Cara Mengatasi Mobil Terkunci dari Dalam Dijamin Berhasil

Mobil terkunci dari dalam bukan kejadian yang sedikit dialami. Berbagai komponen mobil memang harus dijaga…

5 years ago

7 Cara Menghilangkan Cat Terkelupas pada Mobil dengan Benar

Cat mobil yang terkelupas untuk memperbaikinya bisa dibawa ke bengkel, namun jika ingin memperbaikinya sendiri…

5 years ago

9 Cara Menyamarkan Cat Mobil Belang Paling Mudah dan Cepat

Melakukan pengecatan mobil bukan suatu hal yang mudah apalagi bagi yang sama sekali belum pernah…

5 years ago

3 Penyebab Oli Bocor Pada Mobil Matic Sangat Mudah Dikenali

Mobil Anda mungkin mengalami kebocoran cairan transmisi karena berbagai alasan, namun hal yang terpenting utnuk…

5 years ago