Categories: Masalah Teknis

4 Penyebab Mobil Bermasalah Saat Distarter dan Cara Mengatasinya

Seiring dengan perkembangan zaman yang diikuti oleh kemajuan teknologi seperti yang sekarang ini kita alami, sedikit banyak sangat memberikan dampak bagi kehiudpan kita sehari –  hari. Tidak hanya pada kehidpan kita sobat, namun juga tentunya bagi perkembangan dunia otomotif yang semakin hari semakin canggih tersebut.

Salah satunya adalah apda dunia otomotif mobil. Semakin hari semakin banyak pula pilihan mobil yang ditawarkan oleh setiap produsen kepada semua konsumennya tentunya dengan fitur –  fitur kebanggaan mereka setiap produsen tersebut. Hal seperti ini tentunya sudah sering kita alami ya sobat.

Dengan adanya perkembangan teknologi pada dunia otomotif tersebut, namun tidak menjadikan prodak yang mereka keluarkan terbebas dari masalah 100 %. Sebagai pengguna kendaraan tersebut anda harus dituntuk untuk mengetahui karakteristik mobil yang sedang anda gunakan.

Mulai dari teknik perawatan, pemakaian, kendala hingga solusi yang harus anda ambil. Salah satu kendala yang sering terjadi adalah mobil anda tidak bisa di starter? Apakh sobat pernah mengalami hal tersebut? Untuk mengatasinya, sebleumnya anda harus tau terlebih dahulu penyebab mobil bermasalah saat distarter. Berikut ulasannya untuk anda.

1. Aki

Penyebab mobil bermasalah saat distarter yang pertama ialah karena terdapat masalah pada bagian akinya. Aki atau accu adalah sumber utama kelistrikan pada setiap mobil. saat terjadi permasalahan kelistrikan, bagian utama yang perlu anda cek adalah pada bagian aki. Biasanya tanda aki kering mobil soak  atau aki yang sudah aus adalah salah satu penyebab mobil anda tidak bisa di starter.

2. Kabel Sekring Utama

Penyebab mobil bermasalah saat distarter yang kedua ialah terjadi masalah pada bagian sekring utamanya. Bagian sekring ini bisa menjadi penyebab korsleting pada mobil. Setelah anda memrikas aki pada mobil anda namun ternyata kinerjanya normal, hal yang perlu anda lakukan selanjutnya adalah dengan memeriksa kabel sekring utama. Pada umumnya kabel sekring utama ini ada di dekat aki bagian positif , jika ada masalah pada kabel tersebut maka bisa dipastikan mobil anda tidak akan bisa di satarter.

3. Socket dan Kunci Kontak

Setelah anda mengecek sekring utama namun tidak ada masalah, berarti yang masalahnya terdapat pada socket dan kunci kontak anda. Socket yang kendor bisa menyebabkan mobil anda tidak bisa di starter. Hal ini pada umumnya ditandai dengan tidak adanya suara yang berasal dari dynamo starter sama sekali, hal ini lah yang menjadi ciri utama socket atau kunci kontak anda yang bermasalah. Lakukanlah pengecekan dan perbaikan agar socket tersebut bisa kembali ke posisi semua, sehingga kunci kontak anda akan berfungsi seperti semua juga.

4. Busi

Penyebab mobil bermasalah saat distarter yang terakhir ialah terjadi masalah pada bagian businya. Seperti yang sudah kita ketahii besama, busi juga merupakan salah satu komponen penting dalam mobil anda. Busi merupakan komponen yang berfungsi untuk melakukan pembakaran dalam mesin mobil anda dengan bantuan beberapa komponen lainnya seperti aki maupun koil.

Nah sobat apabila busi ini bermasalah, bukan hanya tidak bisa di starter tetapi juga mobil anda kemungkinan besar tidak akan bisa menyala karena sistem pengapian atau pembakaran dalam mesinnya bermasalah. Selain itu busi yang kondisinya sudah tidak baik bisa menjadi penyebab mesin mobil brebet saat panas atau pun mesin mobil brebet saat dingin. Betapa pentinganya busi ya sobat, bentuknya kecil tapi manfaatnya luar biasa.

Oke sobat semua, sekian informasi mengenai penyebab mobil bermasalah saat distarter yang penulis bagikan kali ini ya. Sampai jumpa di lain kesempatan ya sobat. Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca. Salam hangat dari penulis.

Yogi Suherman

Recent Posts

7 Cara Mengatasi Cat Mobil Retak Dijamin Mulus Kembali

Terkadang cat mobil yang retak  itu bukan berarti permukaan cat tersebut mengalami pecah. Hal ini…

5 years ago

7 Cara Mengatasi Aki Mobil Drop dengan Efektif

Jika kejadian ini dialami saat di tengah perjalanan tentu pengalaman  yang sangat dibenci. Sebab tanpa…

5 years ago

Cara Mengatasi Mobil Terkunci dari Dalam Dijamin Berhasil

Mobil terkunci dari dalam bukan kejadian yang sedikit dialami. Berbagai komponen mobil memang harus dijaga…

5 years ago

7 Cara Menghilangkan Cat Terkelupas pada Mobil dengan Benar

Cat mobil yang terkelupas untuk memperbaikinya bisa dibawa ke bengkel, namun jika ingin memperbaikinya sendiri…

5 years ago

9 Cara Menyamarkan Cat Mobil Belang Paling Mudah dan Cepat

Melakukan pengecatan mobil bukan suatu hal yang mudah apalagi bagi yang sama sekali belum pernah…

5 years ago

3 Penyebab Oli Bocor Pada Mobil Matic Sangat Mudah Dikenali

Mobil Anda mungkin mengalami kebocoran cairan transmisi karena berbagai alasan, namun hal yang terpenting utnuk…

5 years ago