Categories: Tips dan Trick

5 Tips Mobil Hemat BBM Yang Mudah Dilakukan

Bagi pemilik mobil, kebutuhan bahan bakar tentu saja menjadi kebutuhan utama yang cukup penting. Apalagi jika sering digunakan setiap harinya, maka tentu saja biaya yang dikeluarkan untuk bahan bakar tidak sedikit. Tak heran banyak orang yang mencari mobil-mobil yang memiliki konsumsi BBM yang sedikit.

Kebanyakan mobil-mobil saat ini memang sudah didukung dengan sistem pembakaran yang dapat menghemat konsumsi bahan bakar mobil anda. Namun sebenarnya selain dari sistem pembakaran, anda juga bisa menghemat konsumsi BBM mobil anda dengan teknik mengemudi yang baik. Nah beirkut ini tips mobil hemat BBM yang bisa anda lakukan.

1. Menginjak Pedal Gas Dengan Perlahan

Cara pertama yang dapat anda lakukan adalah dengan menginjak pedal gas dengan perlahan ketika dikendarai. Semakin besar terbukanya katup gas, maka akan menyebabkan bahan bakar yang dikonsumsi semakin banyak. Saat menginjak gas spontan dan penuh, maka mobil akan membutuhkan bahan bakar lebih banyak. Sehingga hal inilah yang menjadi penyebab mobil boros BBM.

Sehingga biasakan untuk tidak menarik atau menginjak pedal gas mobil sesuka hati. Injak atau tarik pedal gas dengan stabil dan lembut. Usahakan ketika berakselerasi, dari diam hingga ke kecepatan yang diinginkan, pastikan untuk menggunakan posisi gear yang baik dan tepat. untuk mobil, cobalah untuk mengganti posisi gear ketika berada di putaran mesin 2.000-2.5000 rpm.

2. Atur Kecepatan Agar Tetap Stabil

Selanjutnya yang dapat anda lakukan adalah dengan mengatur agar kecepatan mobil anda tetap stabil di jalanan yang sedang dilewati. Misalnya saja saat berada di jalanan perkotaan, anda bisa mengatur kecepatan mobil agar stabil di kisaran 40-60 km/jam. Sedangkan untuk berkendara di jalanan yang bebas hambatan, anda bisa mencoba melaju di kecepatan maksimal 80 km/jam. Jika anda ingin melakukan deselerasi, maka turunkan gear ketika putaran mesin berada dalam posisi rendah. Jika anda menurunkan gear saat posisi putaran mesin terlalu tinggi, maka akan menyebabkan konsumsi bahan bakar semakin tinggi.

3. Ketika Macet Panjang Maka Matikan Mesin

Macet diperkotaan besar memang sudah menjadi masalah yang umum. Tentu saja hal ini menjengkelkan, terutama ketika anda sedang mengendarai mobil sendiri Macet tidak hanya dapat membuat waktu anda terbuang saja namun juga membuat mobil anda boros bahan bakar. Apalagi kemacetan di ibu kota terkadang lumayan lama dan panjang. Tips mobil hemat bbm yang dapat anda lakukan adalah dengan mematikan mesin mobil ketika mengalami macet panjang. Hal ini juga dapat mengurangi penyebab mesin mobil panas saat macet.

4. Berhati-Hati Saat Berada Di Jalanan

Berhati hati ketika mengemudi di jalanan yang cukup pdat. Jika terjadi perubahan kecepatan secara tiba-tiba maka akan juga mempengaruhi penggunaan bahan bakar. Selalu berhati-hati dan waspada saat berkendara di jalanan padara, jangan sampai terhadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti pengereman mendadak.

5. Jaga Intensitas Injakan Rem

Hal terakhir yang seringkali menjadi penyebab mobil boros bahan bakar adalah penggunaan rem yang tidak benar. Usahakan untuk tidak menekan rem mobil secara terus menerus, terkecuali jika ada kebutuhan mendadakn seperti kendaraan yang tiba-tiba muncul di depan mobil anda. Sehingga hindari penggunaan mobil yang stop and go karena dapat membuat boros bahan bakar kendaraan anda.

Nah itu tadi tips hemat mobil BBM yang dapat anda lakukan. Cukup mudah bukan? kuncinya adalah selalu mengemudi mobil anda dengan cara yang baik dan tepat. Sehingga konsumsi bahan bakar anda tetap normal dan peforma mobil terjaga dengan baik. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk anda.

Yogi Suherman

Recent Posts

7 Cara Mengatasi Cat Mobil Retak Dijamin Mulus Kembali

Terkadang cat mobil yang retak  itu bukan berarti permukaan cat tersebut mengalami pecah. Hal ini…

5 years ago

7 Cara Mengatasi Aki Mobil Drop dengan Efektif

Jika kejadian ini dialami saat di tengah perjalanan tentu pengalaman  yang sangat dibenci. Sebab tanpa…

5 years ago

Cara Mengatasi Mobil Terkunci dari Dalam Dijamin Berhasil

Mobil terkunci dari dalam bukan kejadian yang sedikit dialami. Berbagai komponen mobil memang harus dijaga…

5 years ago

7 Cara Menghilangkan Cat Terkelupas pada Mobil dengan Benar

Cat mobil yang terkelupas untuk memperbaikinya bisa dibawa ke bengkel, namun jika ingin memperbaikinya sendiri…

5 years ago

9 Cara Menyamarkan Cat Mobil Belang Paling Mudah dan Cepat

Melakukan pengecatan mobil bukan suatu hal yang mudah apalagi bagi yang sama sekali belum pernah…

5 years ago

3 Penyebab Oli Bocor Pada Mobil Matic Sangat Mudah Dikenali

Mobil Anda mungkin mengalami kebocoran cairan transmisi karena berbagai alasan, namun hal yang terpenting utnuk…

5 years ago