Categories: Tips dan Trick

6 Tips Merawat Velg Mobil dan Penjelasannya

Melakukan perawatan tiap komponen mobil memang harus dilakukan secara berkala. Dengan begitu, mobil dapat lebih awet dan tahan lama. Salah satu komponen yang wajib dilakukan perawatan rutin adalah velg.

Velg merupakan salah satu komponen terpenting pada mobil. Velg berguna sebagai rumah bagi ban yang bertujuan untuk menopang dan menjalankan mobil. Namun, jika sudah menghajar lubang atau menyenggol trotoar, jadi sesuatu yang menakutkan bagi para pengguna mobil. Jika benturannya cukup keras maka velg riska penyok atau bahkan retak dan pecah.

Jika sudah terjadi hal seperti itu, dan kebetulan kantong kosong maka solusinya memperbaikinya sendiri. Tetapi, jika kerusakannya sudah parah, mau tidak mau kamu harus membawa dan memperbaikinya di bengkel.

Tips Merawat Velg Mobil

Selain memiliki fungsi yang cukup vital, velg mobil juga memiliki harus diakui memiliki fungsi sebagai kosmetik untuk memperindah tampilan mobil. Maka dari itu, tak sedikit orang yang mengganti velg mobil mereka untuk mendapatkan tampilan yang memuaskan. Dan karena itu, velg mobil juga membutuhkan perawatan agar tetap terlihat kinclong dan menarik.

Namun sayangnya, kebanyakan orang lebih memperhatikan kebersihan dan detail perawatan body mobil. Karena alasan itu, perawatan velg juga terkadang disamakan dengan merawat body mobil. Seperti dicuci menggunakan sabun yang sama dan tidak ada proses ‘detailing’ lainnya. Pada artikel kali ini saya akan memberikan beberapa tips merawat velg mobil, yuk simak penjelasan dibawah :

1. Cucilah Velg

Saat anda memcuci mobil pastikan sabun untuk mencuci body mobil dengan velg tidak sama, hindari penggunaan dengan menggunakan sabun atau detergen biasa. Untuk bagian velg gunakanlah cairan khusus velg hal ini untuk menghindari warna velg menjadi kusam terutama bagi anda yang menggunakan velg yang bernuansa blink atau crome.

Untuk velg mobil yang memiliki motif jari (mesh) atau juga memiliki banyak palang, biasanya lebih sulit untuk dibersihkan. Cobalah menggunakan sikat halus untuk membersihkan celah-celah sempit di antara palang. Jika dirasa perlu, anda dapat membeli kuas yang dapat digunakan menjangkau celah-celah sempit.

Jika ada kotoran yang membandel, seperti noda aspal, oli atau lumpur yang sudah terlalu lama, maka ulangi terus proses membersihkan dengan cairan khusus velg beberapa kali. Hindarilah penggunaan minyak tanah atau bensin karena dapat membuat cat menjadi kusam, atau bahkan luntur (rontok / mengelupas).

Sesekali, lepaskan velg agar proses pencucian lebih detail. Tak perlu sering-sering, tiga bulan sekali adalah waktu yang tepat. Dengan begitu, celah-celah sempit yang mungkin sulit dijangkau ketika velg terpasang dapat dengan mudah dibersihkan. Penting sekali untuk merawat velg secara rutin agar penampilan mobil Anda tetap cantik. Baca juga mengenai cara memperbaiki body mobil.

2. Lap Velg

Tips merawat velg mobil selanjutnya ialah dengan mengelap velg. Setelah dicuci dan dibersihkan laplah velg mobil anda menggunakan lap halus yang dapat menyerap air,  pastikan velg benar-benar dilap sampai bersih dan tidak meninggalkan bercak air.

Lapisan kromium pada velg sangat sensitif terhadap goresan-goresan kecil. Misalnya, ada cipratan lumpur yang menempel pada velg. Bila Anda langsung mengelapnya dengan lap kain biasa, bukan tidak mungkin pasir akan menggores velg dan menimbulkan celah karat baru. Sangat disarankan untuk menggunakan kain lembut atau kain micro-fiber untuk mengelap velg tersebut.

Hindari penggunaan lap secara bergantian, bedakan lap untuk mengeringkan kaca, body dan juga velg. Hal ini untuk menghindari kotoran pindah ke lap dan menyisakan goresan baik di bagian kaca, sehingga akan sulit untuk menghilangkan goresan kaca mobil karena sudah terlanjur parah.

3. Periksa Kondisi Velg

Periksalah kondisi velg secara berkala,  untuk memastikan seberapa parah penyoknya jika kondisi penyoknya masih sedikit kita tidak perlu khawatir dan tidak perlu memperbaikinya, namun jika kondisnya sudah mengganggu performa mobil maka dianjurkan untuk memperbaikinya ke bengkel karena jika tidak, maka akan membahayakan jika mobil tetap dipaksakan untuk beroperasi.

4. Periksakan Ke Bengkel

Tips merawat velg mobil berikutnya dengan memeriksakannya ke bengkel. Jika dirasa cukup mengganggu performa ketika anda berkendara, cobalah periksakan kondisi velg mobil ke bengkel, karena tidak semua orang bisa memperbaikinya sendiri. Biasanya bengkel akan memperbaikinya dengan cara di ketok, dipanaskan dan cara yang paling terbaru adalah menggunakan mesin, velg akan dipres secara khusus. Baca juga mengenai tips merawat ban mobil.

5. Hindari Jalan Berlubang

Jika ingin anda sedang mengendarai mobil usahakan agar menghindari lubang, juga kurangi kecepatan, ini bertujuan agar velg mobil tidak mudah penyok sehingga velg pun akan awet.

Jika anda terlalu sering  melewati jalanan yang berlubang maka akan menyebabkan velg penyok parah, jika sudah begini mau tidak mau kita jarus membawanya ke bengkel dan harus mengeluarkan biaya yang lumayan menguras kantong, sangat disayangkan bukan?

6. Rawatlah Velg Mobil

Rawatlah velg mobil anda sebagaimana anda melakukan perawatan mesin mobil atau pun komponen-komponen lainnya, velg termasuk bagian penting untik di check secara berkala.

Di saat cuaca panas, kemudian tiba-tiba hujan maka ukuran tekanan angin ban bakal berubah dan mempengaruhi ketidak sempurnaan ban mobil kamu.

jangan pernah kamu mencuci velg mobil dalam suhu panas. Biarkan hingga suhu menurun sampai dingin. Karena jamur akan timbul jika Anda langsung menyiram velg dengan air ketika dalam keadaan panas. Oleh karena itu, jika ingin melakukan pencucian velg mobil, tunggu kondisinya hingga dingin terlebih dahulu.

Itulah beberapa penjelasan mengenai tips merawat velg mobil, jika anda menginginkan velg mobil tetap awet. Rawatlah velg mobil, periksalah velg mobil setiap habis berkendara untuk mengetahui tingkat kerusakan pada velg terutama jika anda sudah mengendarai mobil dijalan yang kurang bagus. Jika anda berkendara dalam keadaan hujan maka sesampainya dirumah keringkanlah velg mobil dengan segera agar velg mobil tidak karat.

Jangan pernah gunakan zat berbahan abrasif atau asam meskipun terkena noda aspal. Penggunaan zat seperti ini hanya akan menipiskan lapisan krom sehingga mudah rusak. Zat-zat seperti bensin atau minyak tanah adalah beberapa contoh zat abrasif yang sebaiknya tidak digunakan.

Demikianlah artikel kali ini, semoga artikel yang membahas mengenai tips merawat velg mobil bisa menjadi sumber referensi anda dalam merawat velg mobil. Jika menurut anda artikel ini bermanfaat silahkan mengsharenya. Terima kasih sudah menyempatkan membaca artikel ini. Sampai jumpa pada artikel – artikel berikutnya. Salam otomotif.

Yogi Suherman

Recent Posts

7 Cara Mengatasi Cat Mobil Retak Dijamin Mulus Kembali

Terkadang cat mobil yang retak  itu bukan berarti permukaan cat tersebut mengalami pecah. Hal ini…

5 years ago

7 Cara Mengatasi Aki Mobil Drop dengan Efektif

Jika kejadian ini dialami saat di tengah perjalanan tentu pengalaman  yang sangat dibenci. Sebab tanpa…

5 years ago

Cara Mengatasi Mobil Terkunci dari Dalam Dijamin Berhasil

Mobil terkunci dari dalam bukan kejadian yang sedikit dialami. Berbagai komponen mobil memang harus dijaga…

5 years ago

7 Cara Menghilangkan Cat Terkelupas pada Mobil dengan Benar

Cat mobil yang terkelupas untuk memperbaikinya bisa dibawa ke bengkel, namun jika ingin memperbaikinya sendiri…

5 years ago

9 Cara Menyamarkan Cat Mobil Belang Paling Mudah dan Cepat

Melakukan pengecatan mobil bukan suatu hal yang mudah apalagi bagi yang sama sekali belum pernah…

5 years ago

3 Penyebab Oli Bocor Pada Mobil Matic Sangat Mudah Dikenali

Mobil Anda mungkin mengalami kebocoran cairan transmisi karena berbagai alasan, namun hal yang terpenting utnuk…

5 years ago