Categories: Teknologi

Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Ertiga 2013 yang Paling Mudah Diketahui

Berbicara mengenai jenis – jenis mobil tentunya sangat banyak jenisnya ya sobat. Baik dari segi merk atau jenis keluaran pabrikan yang mana, maupun untuk jenis atau tipe dari kendaraan roda dua atau mobil tersebut. Salah satu merk mobil tersbeut adalah “ Suzuki Ertiga”.

Apakah anda adalah salah satu pemilik dari kendaraan dengan merk ini sobat? Walaupun bukan, tapi setidaknya sobat semua tentunya sudah familiar dengan mobil jenis dan merk ini ya sobat karena memang jenis mobil ini sungguh laris dipasaran yang dicari oleh banyak penggemarnya.

Sejak awal peluncuran mobil ini, dapat dikatakan bahwa Suzuki Ertiga ini merupakan salah satu jenis mobil yang terlaris yang diluncurkan oleh Suzuki. Bahkan kehadiran Suzuki Ertiga ini merupakan penyumbang terbesar dari semua jenis penjualan mobil yang dikeluarkan oleh Suzuki.

Suzuki Ertiga secara resmi pertama diluncurkan pada tahun  2012, dan pada tahun 2015 diluncurkan kembali Suzuki Ertiga dengan model facelift yang tentunya dibekali dengan fitur – fitur yang terbaru dan lebih canggih juga. Nah sobat, walupun demikian adanya apabila anda tertarik untuk membeli Suzuki Ertiga ini, ada baiknya anda harus tau terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan suzuki ertiga 2013.

Nah sobat pada kesempatan kali ini, penulis akan membagikan informasi bagi sobat semua tentang apa saja kelebihan dan kekurangan Suzuki Ertiga ini, tapi yang akan kita bahas adalah Suzuki Ertiga keluaran tahun 2013 ya sobat. Yuk sobat, mari kita simak ulasan berikut ini.

Kelebihan Suzuki Ertiga

Kelebihan yang dimiliki oleh mobil suzuki ertiga tentu saja banyak yang tidak dimiliki oleh jenis mobil lainnya meskipun menirunya, anda bisa lihat dari penjelasan di bawah ini :

  •  Desain Eksterior dan Interior yang Elegan

Salah satu hal yang menjadi kelebihan dari Suzuki Ertiga ini adalah pada design bodi yang tampak lebih elegan dan mewah. Hal ini sangat dipengaruhi oleh ukuran dari mobil tersebut yatu dengan ukuran  4.625 x 1.695 x 1.685 mm.

Selain itu tampilan elegan dari mobil ini juga dikarenakan adanya lampu depan mobil yang berukuran besar dan dilengkapi halogen yang berfungsi untuk mendinginkan mesin kendaraan. perawatan interior mobil dalam hal ini memang sangat diperlukan untuk menjaga kondisi agar tetap baik ya sobat.

  • Mesin yang Bertenaga

Karena menggunakan mesin K14B DOHC – VVT, yang memiliki katup dan silinder 4 – in line ini dapat Suzuki ertiga ini mampu mengeluarkan tenaga maksimal 95 PS pada putaran 6000 RPM serta torsi maksimal 130 Nm pada putaran 4000 RPM. tenaga mesin mobil ngempos pada ertiga tidak berlaku karena memang sudah dipastikan mesin mempunyai tenaga yang cukup tangguh di untuk menaklukkan berbagai medan.

  • Hemat Bahan Bakar

Hal lain yang membuat Suzuki Ertiga ini unggul adalah pemakaian bahan bakarnya yang cukup hemat. Bahkan pemakaiannya yang irit ini jauh lebih unggul jika dibandingkan dengan mobil yang lain yang satu kelas dengannya. Adapun penggunaan bahan bakarnya mencapai 12 – 18 kilo meter untuk setiap satu liternya. Gimana hemat kan sobat?

  • Ukuran Bagasi yang Cukup Luas

Selain ukuran cabin nya yang cukup luas, mobil jenis ertiga ini juga disertai dengan ukuran bagasi yang cukup luas jika dibandingkan dengan ukuran bagasi mobil yang satu kelas dengannya.

Dengan adanya ukuran bagasi yang tinggi ini, maka anda tidak perlu kuatir ya sobat apabila ingin bepergian jarak jauh dengan membawa serta keluarga besar anda. Tentu saja hal seperti cara merawat bagasi mobil wajib diperhatikan demi kenyamanan keluarga saat bepergian dan membawa banyak barang.

  • Fitur Keamanan yang Cukup Lengkap

Jika anda bandingkan dengan mobil competitor lainnya yang memang satu kelas dengannya, Suzuki Ertiga ini memiliki fitur  keamanan yang cukup lengkap mulai dari immobilizer, audio yang berkualitas,  air bag tipe tertinggi, amrest yang terletak di bangku belakang, serta ABS ABD yang memang menjadi keunggulan dari Suzuki Ertiga ini.

  • Rasio Transmisi yang Panjang

Kelebihan lainnya yang dimiliki oleh Suzuki Eriga ini adalah rasio transmisinya yang panjang. Dengan kondisi rasio transmisi yang panjang, hal ini kaan membuat pengemudinya untuk melakukan akselerasi. Selain itu, kondidi transmisi yang panjang juga akna memudahkan kendaraan anda untuk melintasi daerah pegunungan yang memang medannya cukup susah untuk anda lalui. Selain itu, handling mobil ini juga cukup oke sehingga membuat pengemudia merasa lebih aman dan nyaman ketika mengendarainya.

Kelemahan Suzuki Ertiga

Namun sobat disamping kelebhan Suzuki Ertiga ini, terdapat juga loh sobat kelemahannya. Karena memang pada dasarnya pada setiap kelebihan pasti ada kelemahannya juga ya sobat. Berikut kelemahan dari Suzuki ertiga ini.

  • Bau Mobil yang Menyengat Seperti Bau Sangit Ketika Dikendarai dengan Kecepatan Tinggi

Salah satu hal yang merupakan kelemahan dari mobil Suzuki Ertiga ini adalah bau yang menyengat seperti bau sangit ketika anda mengemudikannya dalam kecepatan tinggi. Hal ini dsebabkan oleh bahan atau material yang digunakan merupakan ceramica catalic conventer akan mengeluarkan bau sangit pada suhu yang tinggi. Nah sobat hal ini tentunya akan mengganggu perjalanan anda ya sobat.

  • Cat Bodi Mobil

Salah satu kekurangan lainnya adalah pada bagian eksterior mobil, tepatnya apda bagian cat bodi mobil. Cat yang digunakan untuk melapisi bagian bodi mobil ini sanagt tipis jika dibandingkan dengan mobil yang lainnya yang satu kelas dengannya. Jadi potensi mobil ini baret sungguh terbuka lebar ya sobat.

  • Jok yang Tidak Bisa Dilipat

Pada umumnya jok mobil pada baris kedua biasanya bisa dilipat apabila sedang tidak dibutuhkan atau jika aka nada perbaikan dalam interior mobil anda. Tetapi tidak dengan Suzuki Ertiga ini sobat, jok yang bisa dilipat hanyalah jok pada baris ketiga saja, jadi apabila anda ingin memodif interior mobil anda, akan sedikit mengalami kewalahan ya sobat. Dengan begitu cara merawat jok mobil menjadi lebih sulit karena tidak bisa dilipat.

  • Sulit Menaiki Tanjakan Bila Kabin Penuh

Hal lainnya yang merupakan kelemahan dari Suzuki Ertiga ini adalah ketika mobil anda dalam keadaan atau kondisi yang penuh, dan kebetula jalan yang akan lalui adalah tanjakan. Nah sobat anda perlu berhati – hati untuk melaui jalur seperti ini ya sobat, karena biasanya mobil Suzuki Ertiga susah untuk menaikinya, dibutuhkan konsentrasi yang lebih juga supir yang emmang benar – benar handal dalam melakukan penyetiran mobil.

Oke sobat terkasih, itulah beberapa informasi yang bisa penulis bagikan kepada sobat semua pada kesempatan kali ini mengenai kelebihan dan kekurangan suzuki ertiga 2013. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi sobat semua. Sampai ketemu di artikel selanjutnya ya sobat, salam hangat selalu.

Yogi Suherman

Recent Posts

7 Cara Mengatasi Cat Mobil Retak Dijamin Mulus Kembali

Terkadang cat mobil yang retak  itu bukan berarti permukaan cat tersebut mengalami pecah. Hal ini…

5 years ago

7 Cara Mengatasi Aki Mobil Drop dengan Efektif

Jika kejadian ini dialami saat di tengah perjalanan tentu pengalaman  yang sangat dibenci. Sebab tanpa…

5 years ago

Cara Mengatasi Mobil Terkunci dari Dalam Dijamin Berhasil

Mobil terkunci dari dalam bukan kejadian yang sedikit dialami. Berbagai komponen mobil memang harus dijaga…

5 years ago

7 Cara Menghilangkan Cat Terkelupas pada Mobil dengan Benar

Cat mobil yang terkelupas untuk memperbaikinya bisa dibawa ke bengkel, namun jika ingin memperbaikinya sendiri…

5 years ago

9 Cara Menyamarkan Cat Mobil Belang Paling Mudah dan Cepat

Melakukan pengecatan mobil bukan suatu hal yang mudah apalagi bagi yang sama sekali belum pernah…

5 years ago

3 Penyebab Oli Bocor Pada Mobil Matic Sangat Mudah Dikenali

Mobil Anda mungkin mengalami kebocoran cairan transmisi karena berbagai alasan, namun hal yang terpenting utnuk…

5 years ago