Categories: Masalah Teknis

6 Penyebab Tarikan Mobil Terasa Berat dan Cara Penanganannya

Dewasa ini, mobil memang sudah bukan barang yang dianggap mewah atau hanya untuk mereka yang kalangan atas dan ber duit. Pada masa sekarang ini mobil sudah merupakan hal yang biasa dan dianggap sebagai sebuah kebutuhan yang harus dimiliki paling tidak setiap rumah tangga.

Iya, karena memang mobil ini memiliki mobilitas atau jam terbang yang tinggi untuk memenuhi kebutuhan kita masing – masing.  Untuk itu, setiap pemilik mobil tersebut berusaha semaksimal mungkin untuk membuat kendaraan kesayangannya tersebut senyaman mungkin bagi pengemudi maupun bagi penumang di dalamnya. Baca juga mengenai penyebab karburator mobil nembak.

Penyebab Tarikan Mobil Terasa Berat

Sebuah mobil memiliki sistem dan mekanisme yang memiliki tujuan yang sama, yaitu mewujudkaan pengendara atau pengemudi yang nyaman pada saat digunakan. Tetapi dalam prakteknya, sering kali kita menemukan sebuah kondisi dimana ketika sedang mengendarai atau mengemudikan mobil anda yang anda rasakan tarikan mobil tersebut begitu terasa berat dan berbeda dengan keadaan seperti biasanya. Hal ini tentu sja akan menganggu bagian akselerasi saat anda berkendara dalam kondisi tarikan yang berat.

Salah satu hal yang membuat anda tidak nyaman dalam mengemudi adalah tarikan mobil anda berat. Selain membuat tidak nyaman, kondisi seperti ini juga tentunya menganggu aktivitas perjalanan anda, apalagi anda sedang melakukan perjalanan yang jauh, tentunya tenaga dan pikiran anda kaan terkuras ya sobat. Baca juga mengenai penyebab knalpot mobil nembak.

Pada kesempatan kali ini, penulis akan memberikan informasi mengenai apa saja yang menjadi penyebab tarikan mobil terasa berat, serta solusi untuk pemecahan penyebab tersebut. Sebenarnya, ada beberapa yang mnejadi faktor penyebab tarikan mobil ana berat, diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Kampas Kopling yang Menipis

Faktor utama penyebab tarikan mobil terasa berat adalah menipisnya kopling kendaraan anda. Hal yang paling umum terjadi pada saat timbul gejala seperti mesin yang meraung dan pergerkan ynag cukup berat tidak lain dan tidak bukan adalah masalah koplingya. Seyogianya , kopling ini memang dibuat untuk bergesekan dengan flywheel, sehingga dalam jangka waktu tertentu sesuia denagn life time nya akan terkikis dan menipis dengan  sendirinya.

Apabila kampas kopling anda sudah mulai menipis akibat terkikis oleh gesekan, cengkraman kampas terhadap flywheel biasanya akan kurang kuat dan akan terjadi kopling selip. Dan dari kopling selip inilah yang mengakibatkan tarikan mobil akan terasa berat. Biasanya gejala lain yang diakibatkan oleh penipisan atau terkikisnya kopling ini adalah adanya getaran dari bawah mobil saat mobil anda sedang berjalan.

Adapun solusi untuk menangani masalah ini adalah : sebaiknya anda mengganti plat kopling mobil anda dengan yang baru. Apabila penggantian kopling anda terlambat, saat komponen tersebut sudah tipis, maka akan berpotensi merusak flywheel dan pressure plate.

Jika sudah terjadi hal seperti ini dapat dipastikan nantinya akan terjadi penggantian komponen yang lebih besar disertai juga dengan biaya yang lebih besar pula. Untuk itu, jika memang memerlukan penggantian, sebaiknya diganti aja ya sobat. Baca juga mengenai penyebab mobil bau bensin

2. Cengkraman Rem Terlalu Kuat

Penyebab tarikan mobil terasa berat yang kedua ialah cengkraman rem terlalu kuat. Cengkraman disini maksudnya adalah ketika terjadi keseretan ban yang nantinya akan mempengaruhi beban kendaraan anda saat dijalankan. Tetapi dalam kasus ini bersal dari sistem rem yang terlalu kencang cengkramannya, sekalipun anda belum menginjak pedal rem nya.

Hal ini sudah pasti mempengaruhi tarikan mobil anda ya sobat, dan sudah dapat dipastikan akan memperberat tarikan mobil anda.Solusi untuk menangani maslah ini adalah lakukanlah penyetelan ulang terhadap rem tromol mobil anda agar tidak terlalu mencengkram dan membuat tarikan mobil anda menjadi berat. Baca juga mengenai tarikan mobil berat saat ac hidup.

3. Turbo Vane Macet

Penyebab tarikan mobil terasa berat selanjutnya yakni bagian turbo vane macet. Pada mesin diesel kendaraan turbo itu merupaka hal yang sangat penting. Karena biasanya untuk mesin – mesin dengan kompresi tinggi, turbo charger dianggap sangat berpengaruh untuk mendongkrak torsi dan power yang terdapat dalam mesin.

Pada turbo diesel yang sudah modern, umumnya sudah dilengkapi dengan teknlogi variable geo turbo atau sebah mekanisme yang mengatur kekuatan pada boosting trubo. Solusinya adalah : anda harus melakukan pengecekan  di computer, untuk memastikan komponen seperti VGT atau VNT perlu dilakukan scan, agar terlihat masalhya secara detail. Baca juga mengenai tenaga mesin mobil ngempos.

4. Bearing Pada Roda Sudah Seret

Seperti yang kita ketahui bersama, bearing rida terletak di poros roda yang berfungsi sebagi bantalan roda terhadap steering knucle. Atau biasa juga disebut demgan laher, komponen ini berbentuk silsinder yang agak tirus. Saat fungsionalitas laher terganggu, maka bisa dipastikan  roda kendaraan anda akan bersa seret yang mengakibatkan tarikan mobil anda akan terasa berat.

Solusinya adalah : pastikan pelumas pada bearing anda selalu terjaga, karena pada umumnya apabila roda kendaraan anda seret, hal tersebut diakibakan  oleh kurangnya pelumasan terhadap bearing atau adanya lubang dipermukaan bearing. Untuk menghindari hal ini selalu lakukan pengecekan yang teratur terhadap pelumasan bearing anda ya sobat.

5. Catalytic Conventer Mampet

Gas buang kendaraan biasanya bersifat toksis atau beracun pada lingkungan ataupun manusia. Adapun gas CO yang keluar dari knlapot mobil memang tidak bisa untuk dihindari karena sesempurna apapun pembakaran yang terjadi pada mesin pastinya akan meninggalkan emisi yang biasanya berupa asap yang kelaua dari knalpot. Namun, agar tidak mencemari lingkungan, banyak pemilik mobil yang menggunkan Catalytic conventer untuk menyerap gas polutan ini.

Tetapi, sama seperti komponen yang lainnya, komponen yang satu ini juga memiliki masa pakai atau life time. Pada saatnya tiba, komponen ini akan ditutupi oleh kotoran yang berkerak, sehingga sistem kerjanya tidak akan seperti semula ketika masih baru, apabila sudah dalam keadaan seperti ini maka sebaiknya anda membersihkan komponen tersebut agar bisa berfungsi normal kembali.

6. Sirkulasi AC Bermasalah

Penyebab tarikan mobil terasa berat yang terakhir adalah karena sirkulasi ac bermasalah. Saat SC kendaraan anda hidup, maka akan terhubung dengan tarikan mesin mobil anda. Apabila tekanan pemakain AC menguat, makan berpotensi untuk membuat tarikan mesin anda semakin berat. Untuk itu gunakan AC seperlunya aja ya sobat.

Oke sobat, itulah informasi mengenai penyebab tarikan mobil terasa berat beserta solusinya. Semoga informasi ini bermanfaat bag sobat semua. Tetap semangat dan tetap jaga kondisi kendaraan anda ya sobat. Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel saya ini. Sampai sumpa dilain kesempatan. Salam otomotif.

Yogi Suherman

Recent Posts

7 Cara Mengatasi Cat Mobil Retak Dijamin Mulus Kembali

Terkadang cat mobil yang retak  itu bukan berarti permukaan cat tersebut mengalami pecah. Hal ini…

5 years ago

7 Cara Mengatasi Aki Mobil Drop dengan Efektif

Jika kejadian ini dialami saat di tengah perjalanan tentu pengalaman  yang sangat dibenci. Sebab tanpa…

5 years ago

Cara Mengatasi Mobil Terkunci dari Dalam Dijamin Berhasil

Mobil terkunci dari dalam bukan kejadian yang sedikit dialami. Berbagai komponen mobil memang harus dijaga…

5 years ago

7 Cara Menghilangkan Cat Terkelupas pada Mobil dengan Benar

Cat mobil yang terkelupas untuk memperbaikinya bisa dibawa ke bengkel, namun jika ingin memperbaikinya sendiri…

5 years ago

9 Cara Menyamarkan Cat Mobil Belang Paling Mudah dan Cepat

Melakukan pengecatan mobil bukan suatu hal yang mudah apalagi bagi yang sama sekali belum pernah…

5 years ago

3 Penyebab Oli Bocor Pada Mobil Matic Sangat Mudah Dikenali

Mobil Anda mungkin mengalami kebocoran cairan transmisi karena berbagai alasan, namun hal yang terpenting utnuk…

5 years ago