Categories: Info Mobil

Ignis vs Ayla – Kelebihan & Kekurangan Terlengkap

Suzuki Ignis dan Daihatsu Ayla merupakan jenis mobil hatchback yang cukup populer di pasar otomotif Indonesia. Kedua mobil ini ikut meramaikan kelas mobil mungil dengan kapasitas 5 penumpang di dalamnya. Lalu bagaimana perbandingan serta kelebihan dan kekurangan dari Sukuzi Ignis dan Daihatsu Ayla? Berikut ini akan dijelaskan lebih lanjut. (baca juga: Cara Parkir Mobil Di Garasi Sempit)

Kelebihan Suzuki Ignis

Berikut ini beberapa kelebihan yang dimilikioleh Suzuki Ignis, antara lain adalah:

1. Desain Mobil Modern dan Elegan

Yang menjadi salah satu keunggulan dari Suzuki Ignis adalag tampilan mobil yang modern dan elegan. Mobil ini memadukan konsep mobil hatcback dan SUV yang membuatnya begitu berkelas dan dikemas sempurna dengan kesan modern yang kuat.

2. Fitur Hiburan Lengkap

Fitur hiburan yang tersematkan di dalam mobil ini cukup lengkap, sehingga daoat menunjang kenyamanan berkendara yang berkualitas. Terdapat head unit yang dihubungkan dengan support Radio, USB, dan bluetooth. Untuk hasil output yang terbaik, mobil ini menggunakan 6 buah serta 2 tweeter. (baca juga: Penyebab Mesin Mobil Cepat Panas)

3. Desain Body Mobil Berkualitas Tinggi

Suzuki membekali Ignis dengan rangka body yang terbuat dari platform heartech dengan menggunakan struktur High Rigid Underbody sehingga membuatnya terlihat kokoh serta handal. Dengan struktur body mobil ini akan membuat mobil dapat melalui berbagai medan di jalanan. (baca juga: Penyebab Mobil Matic Tidak Bisa Mundur)

4. Ukuran Body Mungil Memudahkan Dalam Bermanuver

Dapat dikatakan jika dimensi Suzuki Ignis benar benar mendukung untuk konsep urban. Dengan dimensi 3.700×1.690×1.595 mm, membuat mobil ini mampu berjalan gesit dibandingkan dengan mobil pada kelasnya. Namun meskipun gesit, mobil ini tetap memiliki ciri khas Crossover yang melekat.

5. Dilengkapi Remote Keyless

Kelebihan lainnya adalah mobil ini dilengkapi remote keyless yang mana merupakan fitur untuk bisa menghidupkan mesin kendaraan hanya dengan menekan tombol yang ada. Sehingga makin memudahkan pengemudi dalam berkendara menggunakan Ignis. (baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Mini Cooper)

6. Fitur Keamanan Lengkap

Tak hanya fitur hiburan yang lengkap, namun anda juga bisa menemukan fitur keamanan dan keselamatan yang cukup lengkap di dalamnya. Mulai dari ISOFIX yang ada di bangku bagian belakang, Dual SRS Airbags, sistem pengereman ABS + EBD. Fitur fitur ini tentu saja memberikan kenyamanan dan keamanan yang cukup tinggi saat berkendara.

7. Mesin Cukup Irit

Dengan menggunakan mesin berkapasitas 1.2 L yang didukung teknologi Multi Point Fuel Injection yang membuatnya lebih ramah lingkungan serta hemat dalam penggunaan bahan bakar. (baca juga: Cara Memperbaiki Gardan Mobil)

Kekurangan Suzuki Ignis

Tak hanya kelebihan, Suzuki Ignis juga memiliki beberapa kekurangan yang cukup disayangkan, antara lain adalah:

1. Kapasitas Mesin Kecil

Mesin mobil ini memiliki kapasitas 1.197 cc yang hanya dapat mengeluarkan tenaga hingga 83 Ps. Hal ini tentunya cukup kecil jika dibandingkan dengan jenis mobil SUV lainnya. Sehingga ketika anda mengendarai mobil ini pada RPM yang tinggi, maka akan sangat sulit untuk mencapai top speed. (baca juga: Mobil Matic Terbaru)

2. Kurang Stabil

Karena bobot mobil yang cukup ringan, sekitar 850 kg akan membuat mobil ini kurang stabil ketika berada di jalanan. Hal ini lah yang menjadi kelemahan Suzuki Ignis yang cukup disayangkan. Meskipun menggunakan sistem rangka HHigh Rigid Underbody, namun hal ini hanya dapat mengkokohkan bagian chasis mobil. Untuk stabilitasnya sendiri masih sangat terganggu, terutama jika anda menggunakannya pada kecepatan tinggi. (baca juga: Ciri Ciri Mobil Overheating)

3. Pembelian Head Unit Touchscreen Terpisah

Berbeda dengan Suzuki Ignis yang berada di luar negeri, pembelian untuk Head Unit Touchscreen terpisah dengan mobil. Sehingga jika anda ingin memiliki fitur ini apda mobil anda, maka anda harus menambah biaya yang cukup mahal. Untuk tipe GX, anda harus merogoh kocek sekitar Rp 7.249.000. Sedangkan untuk tipe GL  sekitar Rp 7.484.000.

Kelebihan Daihatsu Ayla

Berikut ini beberapa kelebihan dari Daihatsu Ayla yang dapat anda ketahui:

1. Irit Bahan Bakar

Salah satu kelebihan  Daihatsu Ayal yang cukup populer adalah pada penggunaan bahan bakar nya yang cukup irit. Daihatsu Ayla memang termasuk ke dalam jenis mobil LCGC yang mana memiliki konsumsi bahan bakar yang irit dan ramah lingkungan. Untuk 1 liter bahan bakarnya dapat mencapai penggunaan 20 km.

2. Ukuran Bagasi Cukup Luas

Meskipun ukuran body mobil cukup mungil, namun ukuran bagasi dari Daihatsu Ayla cukup luas. Bahkan jika dibandingkan dengan mobil lain yang sekelas dengannya, ukuran bagasi mobil Ayla terluas di kelasnya. Dengan begitu, anda bisa menampung lebih banyak barang di dalam bagasi.

3. Harga Di Pasaran Cukup Murah

Kelebihan lainnya dari Daihatsu Ayla adalah harganya yang cukup murah di pasaran. Bahkan daihatsu ayla memiliki predikat mobil dengan harga termurah di kelasnya. Harga Daihatsu Ayla sendiri berkisar mulai dari 75 juta – 114 juta Rupiah. Cukup terjangkau bukan? (baca juga: Perbedaan Mobil SUV dan MPV)

4. Kabin Yang Lega

Tak hanya ukuran bagasi nya saja yang cukup luas, kabin mobil Daihatsu Ayla juga cukup lega. Dengan body mobil yang terlihat mungil, namun Ayla memberikan kenyamanan ideal untuk ruang gerak penumpang di dalamnya. Kabin mobil ini dapat menampung hingga 5 orang penumpang di dalamnya.

5. Fitur Hiburan Lengkap

Meskipun harganya cukup terjangkau, namun fitur hiburan yang ada di dalam kabin mobil cukup lengkap sehingga mampu membuat perjalanan anda semakin nyaman. Untuk tipe X, mobil ini sudah dibekali dengan center cluster dengan tampilan sporty namun tetap mudah dioperasikan. Tak hanya itu saja, sistem audio sudah support pada Radio, MP3, CD, AUX< WMA, dan USB. Sehingga anda bisa memutar musik langsung melalui smartphone anda.

6. Tersedia Dalam Sistem Transmisi Otomatis

Dengan harga murah yang ditawarkan, Daihatsu Ayla juga hadir dengan menggunakan sistem transmisi otomatis. Sistem transmisi otomatis dapat anda temukan pada tipe M dan X, yang mana dapat memberikan kemudahan berkendara apalagi di saat jalanan sedang macet.

Kekurangan Daihatsu Ayla

1. Tenaga Mesin Kurang Maksimal

Hal yang sangat disayangkan dari Daihatsu Ayla adalah pada tenaga mesin yang kurang begitu maksimal. Dengan mesin berkapasitas 1.0 liter, tenaga maksimum yang dikeluarkan oleh mesin hanya sekitar 65 Ps. Dan tentu saja ini tergolong rendah jika dibandingkan dengan mobil lain di kelasnya.

2. Akselerasi Lamban

Kekurangan lainnya dari Daihatsu Ayla adalah pada akselerasi mobil yang dirasa terlalu lamban. Untuk bisa mencapai kecepatan 100 km saja, Daihatsu Ayla membutuhkan waktu sekitar 15 detik. Padahal untuk mobil mobil lain di kelasnya bisa lebih cepat lagi.

3. Body Mobil Ringan

Body mobil Daihatsu Ayla terbilang cukup ringan. Dengan bobotnya yang cukup ringan ini nampaknay berdampak negatif pada stabilitas dari mobil ketika anda mengendarainya di kecepatan tinggi. Sehingga saat anda berkendara dan berpapasan dengan kendaraan yang lebih besar, maka anda akan merasakan getaran hingga ke kabin mobil. (baca juga: Cara Mengkilapkan Cat Mobil Warna Hitam)

4. Fasilitas Yang Kurang Lengkap

Pada beberapa tipe, Daihstu Ayla tidak dilengkapi dengan fasilitas yang cukup memadai. Misalnya saja pada tipe D (tipe terendah) sangat minim sekali fitur-fitur hiburan di dalam kabin mobil. Bahkan tidak terdapat airbags yang mana merupakan fitur keamanan yang cukup penting di sebuah kendaraan.

Perbandingan Suzuki Ignis dan Daihatsu Ayla

1. Harga Mobil

Untuk harga dari kedua mobil ini cukup berbeda. Untuk masalah harga, Suzuki Ignis memiliki harga yang cukup tinggi dibandingkan dengan Daihatsu Ayla mulai dari Rp 139.500.000. Sedangkan untuk Daihatsu Ayla dibanderol dari harga Rp 92.550.000. Perbedaan harga kedua mobil ini memang sesuai dengan fitur-fitur yang dimiliki oleh masing-masing mobil.

2. Pilihan Warna

Untuk pilihan warna, Suzuki Ignis hadir dengan varian warna yang lebih banyak dan menarik. Di pasaran Suzuki Ignias hadir dengan 7 pilihan warna. Sedangkan untuk Daihatsu Ayla hanya hadir dengan 6 pilihan warna. Namun keduanya sama sama memiliki pilihan warna yang menarik. (baca juga: Tips Mobil Anti Maling)

3. Kapasitas Mesin dan Tenaga

Untuk Suzuki Ignis dibekali dengan mesin berkapasitas 1197 cc yang mana dapat mengeluarkan tenaga hingga 82 Ps. Sedangkan untuk Daihatsu Ayla hanya dibekali dengan mesin berkapasitas 998 cc yang mampu mengeluarkan tenaga hingga 64 Ps.

4. Ukuran Velg dan Ban

Perbandingan lainnya pada ukuran velg dan ban yang digunakan kedua mobil ini. untuk Daihatsu Ayla menggunakan velg 155/80 R13. Sedangkan untuk Suzuki Ignis menggunakan velg berukuran 176/65 R15. (baca juga: Cara Mengatasi Pedal Kopling Keras)

Nah itu tadi perbandingan antara Suzuki Ignis dan Daihatsu Ayla beserta kekurangan dan kelebihan yang dimilikinya. Anda bisa menyesuaikan jenis mobil dengan kebutuhan berkendara anda. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk anda.

Yogi Suherman

Recent Posts

7 Cara Mengatasi Cat Mobil Retak Dijamin Mulus Kembali

Terkadang cat mobil yang retak  itu bukan berarti permukaan cat tersebut mengalami pecah. Hal ini…

5 years ago

7 Cara Mengatasi Aki Mobil Drop dengan Efektif

Jika kejadian ini dialami saat di tengah perjalanan tentu pengalaman  yang sangat dibenci. Sebab tanpa…

5 years ago

Cara Mengatasi Mobil Terkunci dari Dalam Dijamin Berhasil

Mobil terkunci dari dalam bukan kejadian yang sedikit dialami. Berbagai komponen mobil memang harus dijaga…

5 years ago

7 Cara Menghilangkan Cat Terkelupas pada Mobil dengan Benar

Cat mobil yang terkelupas untuk memperbaikinya bisa dibawa ke bengkel, namun jika ingin memperbaikinya sendiri…

5 years ago

9 Cara Menyamarkan Cat Mobil Belang Paling Mudah dan Cepat

Melakukan pengecatan mobil bukan suatu hal yang mudah apalagi bagi yang sama sekali belum pernah…

5 years ago

3 Penyebab Oli Bocor Pada Mobil Matic Sangat Mudah Dikenali

Mobil Anda mungkin mengalami kebocoran cairan transmisi karena berbagai alasan, namun hal yang terpenting utnuk…

5 years ago