Categories: Info Mobil

Apa Sih, Fungsi dan Kegunaan Spion Tanduk Pada SUV

Pada bagian kap mesin di SUV keluaran lama terdapat kaca spion, ada yang terletak di sebelah kanan ataupun sebelah kiri, tergantung dari posisi setir. Apa sebenarnya kegunaan dan fungsi dari spion tanduk pada SUV?

Mungkin sebagian dari anda bertanya-tanya, sebenarnya apa sih kegunaan dari spion tanduk pada SUV? Karena spion ini menghadap ke bawah dan begitu menonjol kearah luar, dan sering ditemui pada mobil jenis SUV keluaran tahun yang lama.

Kemudian, apa sih sebenarnya kegunaan dan juga fungsi dari spion tanduk SUV ini? Karena memang kerap dijumpai pada SUV keluaran lama dan ada sebuah kaca spion kecil berbentuk tanduk yang diletakkan pada bagian ujung kap mesin.

Karena dianggap dapat merusak estetika pada mobil, tidak jarang pemilik mobil mencopot spion ini, padahal spion tersebut mempunyai fungsi bagi pengendara. demi keselamatan pastikan kaca spion mobil terpasang seperti ini bisa anda jadikan sebagai informasi tambahan.

Ternyata fungsi dari spion tersebut yaitu untuk mengetahui posisi ban bagian depan, karena ketika parkir, blind spot yang paling besar terdapat pada bagian ban sebelah kiri ataupun kanan (tergantung dari posisi setir dipasang, apakah itu left hand drive atau right hand drive).

Memang cara ini bisa dibilang oldskool atau unik, tetapi sebagian orang ada yang suka dengan cara tersebut, apabila dibandingkan dengan menggunakan kamera 360 angle or bird view dan apabila rusak akan mahal sekali untuk memperbaiki sistemnya.

Karena kegunaan dari spion tanduk ini yaitu sebagai patokan untuk melihat posisi paling kiri dari mobil, karena biasanya spion tenduk diletakkan pada bagian ujung paling luar dari mobil.

Jadi, ketika anda kebetulan akan berpapasan ketika di gang sempit atau bahkan di jalan yang ukurannya kecil, anda tidak perlu khawatir dan takut bodi mobil anda dapat menggesek dan akan baret atau penyok. Karena pada saat tembok ataupun benda lain bersentuhan dengan bodi mobil anda, yang akan bergesekan adalah bagian tangkai spion tanduk tersebut.

Kemudian, bagaimana cara untuk mengatur kaca spion untuk mengurangi bahaya blind spot? Terdapat cara yang dapat anda lakukan.

1.Memaksimalkan fungsi ketiga kaca spion

Dengan mengatur dengan benar untuk ketiga kaca spion (kanan, kiri, dan tengah) sebelum anda memulai perjalanan, sebenarnya blind spot dapat anda minimalkan. Untuk kaca spion tengah dapat anda atur sedemikian rupa sehingga anda dapat melihat dengan baik kendaraan yang ada di belakang.

Dan untuk kaca spion kanan dan kiri sebaiknya anda atur agak melebar, sehingga untuk jangkauan pandangan ke kedua arah dapat semakin luas dan hanya sedikit bagian belakang bodi mobil yang masih dapat terlihat.

Anda juga harus menoleh kea rah samping kendaraan, setelah anda memperhitungkan jarak mobil anda dengan kendaraan yang ada di depan, pada saat anda akan menyalip atau berbelok. Tujuannya, supaya kendaraan yang berada pada area blind spot dapat terlihat, terutama apabila yang berada pada area tersebut adalah motor atau mobil kecil.

2.Pasang kaca spion tambahan atau yang berjenis multivex

Spion tambahan tersebut biasanya berukuran kecil, agak cembung, dan ditempelkan pada bagian spion utama di kanan dan kiri mobil. Banyak pengendara mobil yang memasang spion tambahan tersebut untuk melihat area blind spot. spion multivex mampu memperkecil area blind spot bisa anda jadikan sebagai informasi tambahan.

Karena pantulan kaca yang berefek cembung tersebut diklaim dapat melihat dengan jelas area blind spot. Tetapi anda tetap harus berhati-hati, karena apabila salah memasang dapat menyebabkan blind spot semakin luas.

Jangan memasang kaca spion tambahan pada bagian bawah kaca spion utama, karena akan membuat banyak objek tidak dapat terlihat. Sebaiknya untuk spion tambahan yang benar yaitu pada bagian atas dari sisi terluar kaca spion utama, supaya kamu dapat melihat keduanya dengan jelas. 

Untuk mobil-mobil keluaran terbaru biasanya sudah dilengkapi dengan kaca spion jenis ini. Tetapi sebenarnya kaca spion tambahan hanya diperlukan apabila kaca spion mobil anda belum berjenis multivex.

Karena kaca spion multivex mempunyai sisi yang berbentuk melengkung pada bagian luar sehingga dapat memperkecil bagian luar sehingga memperkecil area blind spot yang akan berimbas pada luasnya jangkauan pandangan ketika anda sedang berkendara.

Berikut plus minus dari spion tanduk:

Plus

  • Blindspot dapat berkurang (karena banyak yang memasang kaca spion tambahan pada bagian moncong mobil untuk mengurangi blindspot)
  • Aakn lebih mudah dilihat, hanya cukup dilirik sehingga tidak perlu menengok terlalu dalam
  • Untuk tampilan klasik, vintage dan untuk model bulat kacanya dapat diganti dengan milik sepeda motor semacam Scoopy)

Minus

  • Untuk pengaturan posisi spion harus naik turun mobil
  • Ketika hujan, pandangan akan terhalang oleh hujan. Dan air hujan akan menepel pada kaca depan, titik air di spion itu sendiri juga tetesan hujan di antara kaca depan dan juga spion
  • Akan rawan tersenggol motor, karena letaknya yang menyendiri

Sebelum anda memutuskan untuk memasang spion tanduk pada mobil SUV anda, sebaiknya anda pikirkan terlebih dahulu. Karena apabila tidak sesuai dengan keinginan anda, hanya dapat membuat kerjaan untuk mencopot kembali kaca tanduk tersebut.

Suharyanto Arby

Recent Posts

7 Cara Mengatasi Cat Mobil Retak Dijamin Mulus Kembali

Terkadang cat mobil yang retak  itu bukan berarti permukaan cat tersebut mengalami pecah. Hal ini…

5 years ago

7 Cara Mengatasi Aki Mobil Drop dengan Efektif

Jika kejadian ini dialami saat di tengah perjalanan tentu pengalaman  yang sangat dibenci. Sebab tanpa…

5 years ago

Cara Mengatasi Mobil Terkunci dari Dalam Dijamin Berhasil

Mobil terkunci dari dalam bukan kejadian yang sedikit dialami. Berbagai komponen mobil memang harus dijaga…

5 years ago

7 Cara Menghilangkan Cat Terkelupas pada Mobil dengan Benar

Cat mobil yang terkelupas untuk memperbaikinya bisa dibawa ke bengkel, namun jika ingin memperbaikinya sendiri…

5 years ago

9 Cara Menyamarkan Cat Mobil Belang Paling Mudah dan Cepat

Melakukan pengecatan mobil bukan suatu hal yang mudah apalagi bagi yang sama sekali belum pernah…

5 years ago

3 Penyebab Oli Bocor Pada Mobil Matic Sangat Mudah Dikenali

Mobil Anda mungkin mengalami kebocoran cairan transmisi karena berbagai alasan, namun hal yang terpenting utnuk…

5 years ago