Kopling mekanik merupakan salah satu jenis jenis kopling mobil dengan prinsip kerjanya diatur handel kopling, yang mana kerja pembebasannya dilakukan dengan menarik handel kopling yang ada di batang kemudi. Kedudukan kopling ini berada tepat di crankshaft atau poros engkol.
Pada umumnya,bagian dari sistem kopling terdiri dari 3 macam komponen kopling mekanik utama yaitu unit kopling, unit pembebas, dan tutup kopling. Unit kopling sendiri terdiri dari beberapa komponen lain di dalamnya mulai dari plat kopling, pegas kopling, dan plat tekan.
Tutup kopling ini diikat dengan roda gila, sedangkan di dalamnya terpasangkan dalam roda poros persneling yang mana ditempatkan antara plat tekan dan roda gila. Plat tekan akan bekerja menekan plat kopling pada roda gila yang mana tekanannya tersebut berasal dari pegas-pegas kopling. Komponne ini terbuat dari bahan dasar besi tuang yang mana pada bagian permukaan dibentuk halus dan merata.
Sedangkan untuk plat kopling didesain untuk bisa memberikan gesekan besar dalam roda gila serta plat tekan yang mana ditempatkan antara keduanya. Pada permukaan kedua plat kopling ini dipasangkan dengan kampas serta dikelilingi dengan paku keling. Biasanya permukaan plat akan diberikan kepingan logam. Fungsi dari pemberian kepingan logam ini untuk memperkuat serta menyalurkan panas. Pada bagian tengah plat kopling, ada bagian pegas torsi yang mana memiliki fungsi untuk mengurangi terjadinya kejutan kejutan yang ada disaat kopling bekerja serta mencegah kemungkinan jika plat kopling pecah atau rusak.
Lalu bagaimana cara kerja kopling mekanik? Apakah sama dengan jenis kopling lainnya?
Cara Kerja:
Untuk cara kerja kopling mekanik ini tentunya berbeda dengan jenis kopling lainnya. Saat mesin dinyalakan, maka persneling akan masuk akan tetapi handel kopling tidak tertarik sehingga kopling akan bekerja untuk menghubungkan putaran mesin hingga ke poros primer persneling.
Putaran pada poros engkol tersebut nantinya akan dilanjutkan roda gigi utama atau primer sehingga nantinya rumah kopling dan kampas akan berputar bersama. Hal ini dikarenakan kampas kopling terjepit dengan plat kopling yang mana sedang mendapatkan tekanan. Selanjutnya putaran yang terjadi akan diteruskan menuju poros primer persneling.
Saat mesin dinyalakan, persneling akan masuk dan kemudian handel kopling akan ditarik sehingga membuat tali kopling tersebut akan menarik tuas serta mendorong pen pendorong. Pen pendorong ini nantinya akan menekan tutup pegas yang membuat plat dasar sehingga dapat mundur. Dengan begitu plat-plat penjepit pad akampas dapat merenggang yang membuat putaran mesin nantinya hanya sampai pada kampas kopling saja. Hal ini lah yang kemudian disebut sebagai fungsi kopling sebagai pemutus hubungan.
Saat mobil melakukan proses pemindahan gigi, maka proses yang terjadi adalah pedal persneling ditekan dan kemudian handel kopling tersebut akan memutar pengangkat atau lifter cam yang membuat posisi peluru mempunya penahan bola yang rapat dengan komponen kam pengangkat. Hal ini pula lah yang membuatnya dapat berpindah tempat. Sehingga nantinya akan menyebaban pengangkat terdorong serta mendorong kopling luar.
Akibat dari proses ini tentu saja membuat posisi plat kopling yang ditekan tersebut akan menjauhi komponen pemberat sehingga kampas kopling serta plat nantinya akan merenggang dan setelah itu pengoperan gigi dapat terjadi dengan mudah. Hal ini lah yang dinamakan proses putaran piris engkol menuju sistem transmisi dapat terputus.
Pada jenis kopling mekanik, ada 2 cara yang digunakan untuk proses pembebasan pada kopling dengan tidak meneruskan putaran mesin menuju sistem transmisi, yaitu manual dan hidrolik. Untuk metode pembebasan manual sendiri adalah dengan cara menggunakan kabel kopling yang kemudian ditarik handel kopling. Ada 3 tipe pembebasan kopling dengan cara manual, antara lain adalah:
Nah itu tadi penjelasan mengenai cara kerja kopling mekanik yang dapat anda ketahui. Tak hanya cara kerja nya saja, cara merawat kopling pada masing-masing jenis juga memiliki perbedaan satu sama lainnya. Semoga penjelasan diatas dapat bermanfaat untuk anda.
Terkadang cat mobil yang retak itu bukan berarti permukaan cat tersebut mengalami pecah. Hal ini…
Jika kejadian ini dialami saat di tengah perjalanan tentu pengalaman yang sangat dibenci. Sebab tanpa…
Mobil terkunci dari dalam bukan kejadian yang sedikit dialami. Berbagai komponen mobil memang harus dijaga…
Cat mobil yang terkelupas untuk memperbaikinya bisa dibawa ke bengkel, namun jika ingin memperbaikinya sendiri…
Melakukan pengecatan mobil bukan suatu hal yang mudah apalagi bagi yang sama sekali belum pernah…
Mobil Anda mungkin mengalami kebocoran cairan transmisi karena berbagai alasan, namun hal yang terpenting utnuk…