Categories: Tips dan Trick

6 Tips Memilih Mobil Bekas Bagi Pemula Yang Aman Dari Penipuan

Saat ini membeli mobil bekas dapat menjadi solusi alternatif untuk mendapatkan mobil idaman dengan harga yang terjangkau. Namun membeli mobil bekas bukanlah hal yang mudah. Apalagi bagi anda yang masih pemula dan kurang mengetahui banyak tentang mobil. Yang ada anda bukannya akan mendapatkan mobil idaman yang sesuai dengan harapan namun malah mendapatkan mobil dengan beragam kerusakan di dalamnya. Sehingga penting untuk mengetahui tips membeli mobil bekas yang tepat. Nah bagi anda yang masih pemula, berikut ini beberapa tips memilih mobil bekas bagi pemula sehingga anda terhindar dari tindakan penipuan dan sejenisnya.

1. Tentukan Jenis Mobil Yang Akan Anda Beli

Hal pertama yang harus anda tentukan adalah terkait jenis mobil yang anda miliki. Apakah anda memilih mobil yang cocok untuk keluarga, mobil yang digunakan sehari-hari atau lainnya. Anda harus menetukan tipe mobil yang anda butuhkan terlebih dahulu. Jika anda menginginkan mobil untuk keluarga, tipe mobil MPV memang menjadi pilihan yang tepat. Jika kondisi jalanan yang anda tempuh kurang begitu baik, maka pilihan mobil SUV dirasa tepat sebagai mobil pribadi anda.

2. Tentukan Budget Membeli Mobil

Masalah keuangan memang menjadi hal yang penting saat akan membeli sebuah barang, termasuk mobil bekas. Sehingga penting untuk menentukan anggaran membeli mobil bekas terlebih dahulu. Hal ini nantinya akan mempermudah fokus anda dalam mencari mobil yang sesuai dengan dompet anda. Tentukan anggaran yang sesuai dengan kondisi real keuangan anda saat ini. Jangan lupa untuk menyediakan dana untuk perawatan dan perbaikan mobil bekas.

3. Belilah Di Tempat Yang Terpercaya

Karena anda masih pemula, akan lebih baik untuk membeli mobil bekas di tempat yang terpercaya, semisal showroom yang memang sudah memiliki nama besar. Sehingga jika nantinya terdapat masalah pada mobil bekas yang anda beli, anda bisa langsungd atang ke showroom tersebut. Hindari untuk membeli mobil bekas dengan tawaran yang sangat murah namun kondisi yang tidak jelas. Membeli di tempat yang terpercaya akan menghindarkan anda dari resiko penipuan.

4. Lakukan Pengecekan Fisik

Setelah anda menentukan mobil yang anda pilih,tips memilih mobil bekas untuk pemula lainnya adalah saatnya untuk melakukan pengecekan fisik pada mobil tersebut. Pengecekan fisik meliputi beberapa hal antara lain:

  • Pertama kali lihatlah bagian eksterior mobil, periksa dari ujung ke ujung apakah terdapat bagian yang bergelombang. Jika iya menunjukkan jika terdapat bekas penyok maupun kerutan yang mana merupakan ciri ciri mobil bekas tabrakan. Selain itu jika terdapat cat yang belang maka menandakan jika telah dilakukan pengecetan ulang.
  • Periksa pula bagian kaki-kaki mobil. Caranya sangat mudah cukup memposisikan jika mobil berada di tempat yang rata. Jika terdapat bagian yang melorot dan posisi mobil terlihat miring, maka periksalah kekencangan pada ban serta kondisi angin ban. Namun jika kondisinya baik-baik saja, berarti terdapat masalah pada kaki-kaki mobil. Sehingga pertimbangkan untuk membelinya.
  • Lanjutkan ke pemeriksaan ban mobil. Pastikan jika kondisi keempat ban memiliki jenis dan tingkatan keausan yang sama. Periksa pula kondisi ban cadangan mobil dan bandingkan dengan keempat mobil yang terpasang. Jika kondisi keausan pada ban sudah terlihat parah, maka menunjukkan jika kondisi rangka mobil tidak seimbang.
  • Periksa bagian kolong mobil, perhatikan jika terdapat bagian yang kurang normal seperti sasis yang bengkok ataupun plat yang terlihat koyak. Hal ini menandakan jika mobil pernah mengalami kondisi yang buruk. Periksa pula bagian knalpot, apakah terdapat bercak-bercak hitam yang menunjukkan terjadinya kebocoran.
  • Jangan lupa memeriksa bagian interior mobil. Pastikan tidak terdapat karat atau lubang pada kabin mobil. Kondisi interior yang banyak lecet menunjukkan jika mobil sering membawa beban yang terlalu berat dan tidak indah dipandang lagi.
5. Pemeriksaan Mesin

Selanjutnya lakukan pemeriksaan pada mesin kendaraan. Cara mengecek mesin pada mobil bekas memang akan menyulitkan untuk anda yang pemula. Namun tips-tips di bawah ini akan sangat membantu.

  • Pertama kali periksa kondisi fisik dari ruang mesin, apakah terdapat bagian yang penyok ataupun berkarat. Pastikan jika kondisi ruang mesin terawat dengan baik. Kondsii mesin yang tidak terawat dan kotor menandakan jika kondisi mesin kurang begitu dirawat dan diperhatikan. San jika terdapat bagian yang berakarat serta bekas las terlalu banyak memandakan jika mobil sebelumnya pernah mengalami tabrakan.
  • Periksa blok mesin, pastikan jika tidak terdapat bercak oli berwarna coklat kehitaman yang menunjukkan terjadinya kebocoran.
  • Selain itu perhatikan kondisi dari sabuk dan selang mobil. Pastikan jika tidak terdapat bagian yang retak atau kering. Terutama pada bagian selang radiator, seharusnya tidak dalam kondisi lunak. Jika sudah mulai usang, maka bisa saja selang-selang tersebut dapat putus yang akan merusak bagian dalam mesin.
  • Bagi anda yang mencari tahu tips memilih mobil matic bekas, pastikan untuk memeriksa warna dari oli transmisi. Lakukan hal ini dengan menghidupkan mesin mobil dan menggunakan tuas pengukur. Jika warna oli kehitaman, menandakan jika kondisinya sudah tidak prima lagi. Warna oli yang baik adalah merah ataupun merah jambu.
  • Jangan lupa untuk mengecek kondisi timing belt. Bagian ini cukup mahal jika harus diganti sehingga perhatikan kondisi dengan baik.
 6. Test Drive

Setelah melakukan serangkaian pemeriksaan, penting untuk melakukan uji jalan pada mobil bekas tersebut. Lakukan pada jarak dekat maupun jarak jauh. Dengan melakukan uji jalan nantinya anda bisa mengetahui jika terjadi kerusakan pada bagian komponen mesin tersebut. Perhatikan apakah semua fungsi dan fitur mobil berjalan dengan baik atau tidak. Pastikan jika tidak ada suara-suara mengganggu yang muncul

Nah itu tadi beberapa tips memilih mobil bekas untuk pemula yang dapat anda lakukan. Berhati-hati dalam memilih mobil bekas karena kondisinya yang memang sudah pernah digunakan orang lain sebelumnya. Jangan terpicu karena harganya yang murah namun kondisinya kurang meyakinkan. Hal ini hanya akan merugikan anda saja dikemudian harinya jika terjadi kerusakan.

Yogi Suherman

Recent Posts

7 Cara Mengatasi Cat Mobil Retak Dijamin Mulus Kembali

Terkadang cat mobil yang retak  itu bukan berarti permukaan cat tersebut mengalami pecah. Hal ini…

5 years ago

7 Cara Mengatasi Aki Mobil Drop dengan Efektif

Jika kejadian ini dialami saat di tengah perjalanan tentu pengalaman  yang sangat dibenci. Sebab tanpa…

5 years ago

Cara Mengatasi Mobil Terkunci dari Dalam Dijamin Berhasil

Mobil terkunci dari dalam bukan kejadian yang sedikit dialami. Berbagai komponen mobil memang harus dijaga…

5 years ago

7 Cara Menghilangkan Cat Terkelupas pada Mobil dengan Benar

Cat mobil yang terkelupas untuk memperbaikinya bisa dibawa ke bengkel, namun jika ingin memperbaikinya sendiri…

5 years ago

9 Cara Menyamarkan Cat Mobil Belang Paling Mudah dan Cepat

Melakukan pengecatan mobil bukan suatu hal yang mudah apalagi bagi yang sama sekali belum pernah…

5 years ago

3 Penyebab Oli Bocor Pada Mobil Matic Sangat Mudah Dikenali

Mobil Anda mungkin mengalami kebocoran cairan transmisi karena berbagai alasan, namun hal yang terpenting utnuk…

5 years ago