Sponsors Link

Teknik Mengatasi Roda Depan Mobil yang Selip

Sponsors Link

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, pada saat musim hujan tentunya semua jalanan akan terasa lebih licin dari yang biasanya dan menggunakan jenis ban untuk musim hujan. Hal ini diakibatkan oleh curah hujan yang mengguyur jalanan tersebut. Selain itu, banyaknya air yang menggenangi jalanan serta becek atau lumpur bekas air hujan tersebut juga sebagai pemicu utama licinnya jalanan pada saat musim hujan.

ads

Nah pada kondisi seperti ini, masalah yang sering kita alami sebagai pengendara mobil adalah ban mobil kita mengalami selip atau air hujan masuk ke kabin. Selain membuat panik, pada saat mobil kita mengalami ban selip juga akan menimbulkan rasa was was

sekaligus membuat lemes pengendara. Pada kesempatan kali ini, kita akan mengulas sedikit mengenai cara atau tips terbaik untuk anda tentang bagaimana cara mengatasi selip. Tentunya informasi ini sangat penting buat anda, mari kita simak dengan seksama.

1. Periksalah ban anda secara rutin

Langkah pertama cara terbaik untuk mengatasi selip yang perlu anda lakukan adalah dengan memastikan ban pada mobil anda dalam kondisi yang baik dan sesuai dengan yang seharusnya agar jauh dari bunyi geluduk di ban belakang. Apabila ban mobil anda ada masalah, maka anda akan kesulitan untuk menyeimbangkan diri untuk mengatasi selip yang terjadi. Jenis ban mobil yang cocok untuk musim hujan bisa menjadi rekomendasi terbaik untuk menghindari selip.

2. Saat jalur menanjak

Cara terbaik untuk mengatasi selip yang kedua ialah saat jalur menanjak. Saat melawati jalur yang menanjak sesering mungkin lakukanlah pemindah transmisi mobil pada gigi yang rendah dan jangan menambah akselerasi mobil anda karena hanya akan menambah selip tersebut ke dalam keadaan yang lebih parah karena akselerasi yang tiba tiba atau agresif akan membuat keseimbanagn anda tidak merata. Tidak jarang mobil ngebul saat tanjakan juga akan memperburuk kondisi mobil tersebut.

3. Untuk mobil yang memiliki transmisi manual

Cara yang terbaik untuk mengatasi selip selanjutnya ialah mengendalikan kopling pada mobil manual, untuk itu anda wajib memperhatikan cara kerja kopling mobil manual. Disarankan untuk tetap menginjak kopling hingga kendaraan anda terkendali, karena kopling ini berfungsi sebagai komponen yang memutuskan tenaga yang dialirkan mesin terhadap roda.

Dengan menginjak kopling maka anda akan membebaskan roda berputar tanpa adanya takanan. Setelah itu barulah anda melakukan pengereman secara bertahap, selain itu lakukan counter steer beberapa kali sesuai dengan kebutuhan samapi kendaraan benar benar terkendali.

4. Untuk mobil yang memiliki transmisi otomatis (matic)

Pastikan mobil anda benar benar memiliki kontrol traksi . caranya yakni dengan menggerakan handle dari D langsung ke netral. Apabila teryata handle nya tidak bisa digerakan secara langsung, itu artinya mobil anda benar benar mamiliki transmisi otomatis dan bisa mengontrol selip secara otomatis. Untuk sekedar antisipasi jika suatu waktu terjadi selip, maka anda wajib mengetahui ciri kampas kopling mobil matic habis dan cara mengatasinya agar bisa memberikannya penanganan sedini mungkin.

Sponsors Link

Dan kalau ternyata handle mobil matic anda tidak bisa dipindah dari D langsung ke netral, iyu artinya mobil anda tidak memiliki kontrol traksi dan harus diberi tindakan seperti pada mobil transmisi manual untuk menghindari selip yang lebih parah lagi. Hanya sebagai tambahan informasi anda saja, pada umumnya hard skill dalam mengemudikan mobil hanya berlaku sekitar 10% saja, sedangkan yang 90% lainnya berupa soft skill atau bagaimana perilaku anda dalam berkendara.

5. Saat jalur menikung

Pada saat kita menikung akselerasi harus diatur. Jadi saat menikung usahakan jangan terlalu cepat. Karena ban depan traksinya mengecil. Perlambatan dengan agresif juga jangan anda lakukan, kita mgerem mendadak, distribusi bobot pindah ke depan, ban belakang cengkeramannya sedikit, ini bisa menyebabkan oversteer.

6. Motif dan jenis ban

Motif dan jenis ban yang digunakan pada mobil juga sanagt berpengaruh terhadap kestabilan kendaraan. Karena jika kita menggunakan motif atau jenis ban yang disetting untuk permukaan jalan yang kering maka pada saat musim penghujan permukaan jalan akan terkena air hujan.

Sponsors Link

Dan alhasil mobil pun akan sulit untuk dikendalikan karena motif atau jenis ban yang digunakan tidak sesuai dengan lintasan yang ditentukan. Sebaiknya anda menggunakan ban yang disetting untuk dua tipe permukaan jalan yakni yang basah dan kering.

Nah, itu tadi beberapa tips yang dapat anda lakukan dengan mudah untuk meminimalisir terjadinya ban depan selip saat berkendara. Maka dari itu anda juga harus memperhatikan beberapa faktor yang dapat membuat ban depam mobil anda terjadi selip. Selain itu cara mengemudi kita juga sangat berpengaruh terhadap kestabilan berkendara karena jika kita mengemudi dengan cara yang tidak benar maka kita juga akan merasakan sensasi ban depan yang selip.

Demikian artikel yang dapat saya ulas kali ini mengenai cara mengatasi ban depan yang selip, dan anda dapat melakukannya dengan mudah dan aman. Jangan lupa juga untuk menjaga kondisi mobil agar tetap prima. Semoga artikek kali ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Tips dan Trick