Sponsors Link

5 Penyebab Mobil Berbahan Bakar Solar Lebih Berisik yang Wajib Diketahui

Sponsors Link

Jika kita berbicara mengenai mobil, tentunya kita juga akan berbicara mengenai jenis meisn dari suatu mobil tersebut. Setuju ya sobat. Karena seperti yang sudah kita ketahui bersama, bahwasanya mobil yang kita lihat dijalalan ataupun yang beredar dipasaran memiliki dua jenis mesin, yakni mesin diesel ( bahan bakar solar )  dan juga mesin berbahan bakar bensin. Tentunya kedua jenis mesin ini memiliki keunggulan dan juga kekurangan masing –  masing. Sobat semua pecinta otomotif tentunya paham ya sobat akan hal ini.

ads

Oke sobat semua, tidak jauh berbeda dari artikel yang sebelumnya, pada postingan kali ini penulis masih akan membahas mengenai otomotif. Namun yang akan menjadi pembahasan atau materi yang akna kta ulas dalam postingan kali ini yakni mengenai penyebab mobil berbahan bakar solar lebih berisik. Tentunya sobta semua sudah paham akan hal ini ya, namun untuk lebih jelasnya, yuk sobat merapat langsung saja kita simak ulasan berikut ini dengan seksama.

Sebagai penyedia tenaga dalam sebuah mesin kendaraan, maka engine dituntut untuk bekerja ekstra untuk menggerakkan roda agar mobil anda bisa bergerak. Pada dasarnya, mesin pada mobil bekerja dengan prinsip perubahan energi panas menjadi energi gerak.

Adapun energi panas tersebut dihasilkan dari proses pembakaran mesin yang kemudian hasilnya dapat berupa panas yang diubah ke energi rotasi. Untuk melaksanakan tugasnya tersebut, seperti yang sudah penulis utarakan diatas terdapat dua jenis mesin pada kendaraan, yakni mesin diesel dan mesin bensin.

Namun ada perbedaan yang mencolok diantra kedua jenis mesin ini sobat, yakni pada bunyinya. Pada umunya bunyi suara mesin yang berjenis diesel lebih berisik dari pada yang berbahan bensin. Lantas, apa sih sobat sebenarnya yang mengakibatkan suara mesin berbahan diesel tersebut lebih berisik. Berikut ulasannya secara lengkap untuk anda.

Ada beberapa komponen yang berpotensi menyebabkan suara berisik pada mesin, penyebab ini terjadi memang bukan hanya pada mesin diesel, namun pada meisn diesel memiliki cycle lebih keras, sehingga bunyinya pun lebih berisik.

1. Bunyi Akibat Engine Knocking

Penyebab yang pertama adalah karena bunyi yang diakibatkan oleh knocking. Engine knocking atau detonation merupakan kondisi dimana terdapat lebih dari satu kali proses pembakaran mesin dalam satu siklus. Mengapa demikian? Memang secara normal, langlah combustion pada meisn itu hanyalah berlangsung sekali dan secara serentak, artinya ketika busi tersebut menyala maka seluruh gas yang ada diruang bakar haruslah terbakar.

Namun pada kejadian detonation ini sobat, dikenal dengan istilah pra – ignition atau yang disebut dengan penyalaan dini, yakni ketika gas terbakar dengan sedirinya tanpa adanya percikan dari busi. Biasanya hal ini terjadi ketika sebelum busi menyala, sehingga tekanan yang dihasilkan oleh pembakaran ini akan bertumpuk pada piston yang mengarah ke TMA sehingga bunyi konockingnya lebih keras sehingga menimbulkan bunyi yang berisik.

Sponsors Link

2. Bunyi yang Disebabkan Oleh Timing Chain

Penyebab yang kedua adalah karena bunyi yang disebabkan oleh timing chain. Adapun fungsi dari rantai timing adalah untuk menghubungkna putaran engkol dengan camshaft. Tujuannya agar camshaft tersebut bisa berputar sesuai dengan RPM mesin.

Pemakaian timig chain berbahan baja ini ditujukan agar lebih kuat dan tidak molor sehingga meisn timing bisa terjaga tanpa mundur. Namun sobat, rantai ini layaknya seperti rantai sepeda motor yang terkadang kendor. Nah sobat semua, pada saat rantai ini kendor yang bisa saja diakibatkan oleh penuaan, maka akan terdengar suara yang berisik dari mobil diesel anda.

3. Celah Katup yang lebar

Penyebab yang ketiga adalah karena celah katup yang lebar. Celah katup adalah gap atau jarak antara ujung batang katup dengan rocker arm. Apabila katup pada mesin  tersebut lebih panjang, maka akan menimbulkan adanya rocker arm tersebut.

Oleh karena adanya gap atau celah tersebut, maka ketika rocker arm menekan katup, maka akan terdengar ketukan dari bagian silinder yang membuat kinerka rocker arm tersebut lebih cepat, sehingga akan terdengar bunyi yang berisik dari mobil diesel tersebut ketika anda gunakan.

4. Kompresi Mesin Yang Lebih Tinggi

Penyebab yang keempat adalah karena kompresi meisn yang lebih tinggi. Mesinn diesel tidak menggunakan busi untuk membakar BBM nya, melainkan hanya mengandalkan tenaga BBM dan udara yang tinggi diruang bakar. Jika udara dan solar ditekan dengan tinggi meskipun tanpa  percukan busi maka solar bisa terbakar namun tentunya dengan kopresi yang tinggi. Nah sobat, dari kompresi yang tinggi inilah yang menyebabkan bunyi mobil diesel anda lebih berisik.

Sponsors Link

5. Kurangnya Presisi Pembakaran

Penyebab yang kelima adalah karena kurangnya presisi pembakaran. Pada mesin diesel, kejadian tidak presisinya pembakaran sangat sering terjadi. Hal ini diakibatkan oleh campuran udara dan solar di dalamnya. Pada saat seperti ini, maka suara mesin diesel mobil anda akan lebih berisik.

Itulah beberapa penyebab mobil berbahan bakar solar lebih berisik yang bisa penulis sajikan buat anda. Semoga bermafaat dan menjadi refrensi buat anda. Semoga artikel ini bisa membantu dan membawa banyak manfaat bagi sobat semua. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel kali ini. Jangan lupa untuk terus update perkembangan artikel – artikel baru berikutnya. Salam hangat selalu dari penulis.

Sponsors Link
, , , , ,




Oleh :
Kategori : Tips dan Trick