Sponsors Link

Hal Hal yang Wajib Diperhatikan Saat Pakai Defogger Pada Mobil

Sponsors Link

Sobat semua pengguna kendaraan roda empat atau mobil, tentunya sudah tidak asing lagi dengan yang satu ini ya sobat, yakni defogger. Defoger ini merupakan salah satu fasilitas atau fitur yang tergolong canggih dalam mobil keluaran sekarang ini.

ads

Fitur baru yang telah disematkan pada produk mobil terbaru ini memang cukup membuat rasa nyaman bagi mereka pemiliki atau pengguna mobil tersebut. Dengan adanya fitur defogger tersebut, maka konsentrasi anda dalam menyertir pun akan lebih konsentrasi oleh karena kondisi kabin dalam mobil anda sudah nyaman sebelumnya. Ketahui bahwa dampak kabin kotor jika tidak segera untuk dibersihkan pasti akan menurunkan tingkat kenyamanan anda. Jadi apa salahnya anda selalu melakukan pengecekan ya sobat.

Untuk itulah sobat, fitur atau komponen defogger  tersebut tergolog salah satu fitur yang diidamkan oleh mereka pemilik mobil tersebut. Untuk mengentahui lebih jelasnya mengenai defogger tersebut, yuk langsung saja kita simak ulasan berikut ini. Cekidot.

Apa Itu Defogger?

Defogger merupakan salah satu fitur yang disematkan dalam sebuah mobil yang tentunya berperan untuk membuat kabin mobil anda lebih nyaman. Komponen atau fitur defogger ini sendiri biasanya selalu berada di dekat setir mobil anda tombol ini juga sealu bertuliskan seperti simbol “ embun “ .

Defogger ini memmiliki peranan yang cukup penting pada saat musim hujan, yakni dalam hal memebrikan energi panas dalam mobil anda. Fitur yang satu ini tergolong fitur yang canggih yang kini sudah banyak digunakan di mobil keluaran yang baru.

Apa Fungsi dari Defogegr Tersebut?

Berikut ini adalah beberapa fungsi atau peranan dari defogger tersebut, antara lain :

  • Sebagai fitur yang dirancang khusus untuk memeriksa energi panas terhadap kabut yang menempel pada kaca mobil bersih. Dengan adanya fitur defogger ini maka tidak akan mengganggu kenyamanan pengendara terlebih lagi untuk jarak pandang penglihatan.
  • Sebagai fitur yang menunjang keamanan pada saat berkendara. Terutama pada saat turun hujan, maka defogger ini bisa membersihkan kabut yang ada pada kaca tersebut sehingga keamanan anda saat berkendara bisa tetap terjamin.
  • Sebagai fitur yang akan memberikan rasa nyaman dan hangat pada kabin mobil anda, terlebih pada saat anda sedang melakukan perjalanan jauh dan juga pada saat anda sedang berada di daerah yang bersuhu rendah, sehingga dengan adannya fitur defogger ini, anda bisa menghangatkan tubuh anda.

Itulah sobat beberapa fungsi atau peranan penting dari fitur defogger tersebut yang sangat penting dan bermanfaat untuk anda. Untuk penggunaan defogger itu sendiri sobat, anda tinggal hanya menekan tombol  yang berbentuk seperti awan saja, maka secara otomatis tombol tersebut akan berfungsi untuk menghangatkan kabin mobil anda dan juga menghilangkan kabut atau embun yang ada pada kaca mobil anda.

Sponsors Link

Pada umumnya, fitur defogger ini berada di bagian kaca depan dan juga pada bagian kaca belakang, namun ada pula yang hanya terdapat di bagian belakang saja, tergantung dari spesifikasi mobil anda.

  • Jenis Defogger Pada Mobil

Pada umumnya, terdapat dua jenis defogger tersebut, antara lain adalah sebagai berikut :

  • Defogger Menggunakan Udara

Adapun defogger yang menggunakan udara ini yakni defogger yang memanfaatkan udara yang masuk kedalam mobil dengan menggunakan ventilasi yang berada pada bagian dashboard mobil anda.

  • Defogger Menggunakan Elektrik

Adapun defogger elektrik ini merupakan defogger yang digunakan pada kaca bagian belakang, karena pada bagaian akca belakang tersebut tidak terdapt ventilasi sehingga tidak bisa memanfaatkan udara yang masuk kedalam mobil anda, untuk itulah diciptakan fitur defogger elektrik tersebut.

Mengingat akan pentingnya fitur defigegr ini sobat, maka bagi anda pemiliki kendaraan roda empat atau mobil disarankan untuk melakukan perawatan secara berkala terhadap fitur yang satu ini.

Sebenarnya sobat, fitur  defogger ini tidaklah terlalu sulit, bahkan bisa anda lakukan sendiri dan tanpa adanya perawatan khusus.  Selain itu, ada hal hal yang wajib diperhatikan saat pakai defogger pada mobil tersebut, antara lain adalah sebagai berikut :

  • Perhatikan cara mematikan dan menghidupakn fitur defogger tersebut.
  • Hidupkan fitur defogger tersebut ketika sudah terdeteksi atau sudah terdapat embun pada kaca belakang mobil anda.
  • Jangan menghidupakn fitur defogger ini dengan cara yang salah. Cara yang salah tersebut seperti menghidupkan fitur pada saat hujan turun dan langsung mematikannya pada saat embutn tersebut hilang. Namun cara yang benar adalah pada saat akan menghidupkanya, pada saat sudah terdeteksi embun dan baru kemudian matikan setelah embun tersebut sudah hilang.
  • Perhatikan cara anda mengelap kaca, jangan sampai konector atau soket pada fitur defogger tersebut karena posisinya rentan untuk terkena tangan anda. Jika konector atau sicket tersebut rusak, maka akan berdampak pada fungsi defogger tersebut itu sendiri nantinya. Untuk itu sobat, baiknya anda menggunakannya secara baik dan benar.
Sponsors Link

Demikianlah sobat ulasan yang bisa penulis sajikan untuk anda pada postingan kali ini mengenai hal hal yang wajib diperhatikan saat pakai defogger pada mobil. Semoga ulasan diatas bisa bermanfaat bagi anda yang sudah berkunjung dan membaca artikel ini. Sampai jumpa diartikel selanjutnya. Kenali terlebih dahulu kerusakan yang terjadi pada mobil anda sebelum memutuskan untuk mengikuti cara – cara yang penulis berikan. Salam hangat.

Sponsors Link
, , , , ,




Oleh :
Kategori : Tips dan Trick