Sponsors Link

7 Gejala Dinamo Starter Mobil Rusak yang Perlu Diwaspadai

Sponsors Link

Dari semua permasalahan mobil, masalah starter mungkin adalah salah satu yang paling sering dialami oleh para pengemudi mobil. Tidak jarang masalah starter ini menjadi salah satu penyebab mobil mogok mendadak. Tentunya akan sangat mengganggu jika starter mobil Anda sampai rusak. Kegiatan Anda bisa terhambat. Apalagi jika mobil sedang berada di perjalanan.

ads

Namun permasalahan mengenai starter rusak sebenarnya bisa ditangani. Salah satu langkah awalnya adalah dengan mengenali Gejala Dinamo Starter Mobil Rusak. Diantaranya adalah starter mobil bunyi cetek cetek. Selain itu, masih banyak lagi penyebab dari mobil injeksi susah distarter, Honda Jazz susah distarter dan mobil-mobil jenis lainnya yang sulit distarter. Berikut adalah penjelasannya.

Gejala-Gejala Dinamo Starter Rusak

Ketika Anda sedang berkendara dan tiba-tiba starter mobil Anda tidak bisa dinyalakan, maka Anda patut curiga bahwa ada hal yang salah terjadi pada mobil Anda. Penyebabnya bisa beragam. Namun jika starter rusak adalah penyebab utamanya, maka akan nampak gejala-gejala pendukungnya. Dikutip dari axleaddict.com, gejala dinamo starter yang rusak diantaranya adalah:

1. Lampu Depan Mobil Tidak Menyala

Jika Anda tidak mendengar adanya suara yang aneh pada kendaraan tetapi lampu depan mobil tidak menyala, maka kemungkinannya adalah:

  • Baterai mobil mati
  • Ada rangkaian terbuka (open circuit) pada starter mobil
  • Sambungan (terminal) yang korosi (biasanya sambungan baterai) yang menghalau arus listrik untuk mencapai mesin starter atau sistem lainnya.

2. Lampu Mati Ketika Starter Dinyalakan

Bagaimana jika lampu menyala dengan baik, namun mati tiba-tiba begitu mobil distarter? Kemungkinan-kemungkinannya adalah sebagai berikut:

  • Baterai mobil mungkin belum diisi dayanya
  • Jika daya baterai sudah diisi, kemungkinan ada arus pendek yang menyebabkan starter menarik banyak daya
  • Kemungkinan lainnya bukan starter yang rusak, melainkan mesin mobil Anda

3. Terdengar Bunyi Dengung

Terkadang Anda akan mendengar suara dengung. Penyebabnya arus listrik tidak mampu menuju solenoid untuk menggerakkan pinion gear dan flywheel. Kegagalan ini biasanya disebabkan oleh arus listrik rendah yang dihasilkan oleh baterai yang kehabisan daya atau karena sambungan listrik di sepanjang rangkaian starter yang buruk, termasuk sambungan baterai (terminal baterai) yang mengalami korosi.

4. Terdengar Bunyi “Klik” yang Keras

Bunyi yang terdengar mungkin akan seperti bunyi sekali “klik” yang padat. Jika ini yang terjadi, rangkaian listrik pada starter mungkin sudah mendapatkan arus listrik yang cukup, tetapi solenoid, mesin starter atau bahkan mesin mobilnya yang bermasalah.

 5. Bunyi yang Terdengar Adalah Bunyi Gilingan

Jika bunyi yang Anda dengar ketika menyalakan mesin adalah bunyi gilingan yang kasar, kemungkinan mounting bolt starter Anda yang kendur, atau gerigi pinion wheel, flywheel Anda yang keropos atau rusak. Jika gerigi-gerigi pada flywheel maupun pinion gear tidak dapat saling bertautan dengan baik, suara yang akan Anda dengar adalah suara benturan logam.

Sponsors Link

6. Tidak Terdengar Suara Apapun

Ketika Anda menyalakan starter dan tidak terdengar bunyi apapun, penyebabnya bisa karena masalah listrik yaitu:

  • Baterai yang rusak
  • Komponen-komponen sistem seperti relay atau safety switch yang gagal beroperasi
  • Kabel listrik yang korosi, termasuk baterai terminal yang menghambat arus listrik mencapai mesin starter.

7. Baterai yang Mati

Jika baterai lemah atau benar-benar mati, kemungkinan starternya akan menjadi lambat. Anda akan mendengar suara seperti menggeram “RRR-RRR-RRR”. Jika voltasenya jauh menurun, bunyinya akan menjadi putus-putus “K-K-K” atau “cetek cetek” dan jika voltasenya lebih menurun lagi, bisa jadi tidak ada suaranya.

Dilansir dari autofella.com, hubungan antara baterai yang mati dan starter mobil yang mengeluarkan bunyi adalah sebagai berikut:

Sponsors Link

  1. Jika Anda menyalakan starter mobil dan terdengar suara “klik” yang keras, lalu tenaga mobil mati setelahnya, maka masalah bukan terdapat pada starter mobilnya. Masalah ini bisa terjadi karena sambungan baterai yang kotor, mengalami korosi atau longgar. Ketika tenaga mobil mati (termasuk radio, lampu mobil dan lainnya) memang lebih baik memeriksa sambungan baterai terlebih dahulu.
  2. Ketika Anda menyalakan starter, apakah Anda mendengar suara “klik” yang cepat dan bertubi-tubi? Jika iya, lagi-lagi ini bukan disebabkan oleh masalah starter. Tetapi masalah baterai yang kehabisan daya atau sambungan baterai yang kendur.
  3. Jika Anda memutar kunci starter dan setelahnya starter mengenkol namun mesin tidak mau menyala, maka ini juga bukan merupakan tanda-tanda dari starter yang buruk. Ketika hal ini terjadi, kemungkinan masalah yang terjadi pada mobil Anda adalah busi yang rusak, kesalahan pompa bahan bakar, kurangnya tekanan oli di dalam mesin atau injektor bahan bakar yang kotor.

Demikianlah penjelasan mengenai Gejala Dinamo Starter Mobil Rusak. Jika dinamo mobil Anda rusak dan kebetulan Anda sedang berada di rumah, segeralah cari solusinya dari buku panduan mobil Anda. Namun jika tidak dijelaskan, Anda dapat membawa mobil Anda ke tempat reparasi mobil yang terpercaya, atau jika masalahnya tidak terlalu parah Anda dapat memanggil teknisi ahli ke rumah.

Sponsors Link
, , ,