Sponsors Link

Exhaust System Mobil : Penjelasan dan Fungsinya

Sponsors Link

Masih membhas seputa otmotif nih sobat, jika apda postingan sebelumnya kita membahas mengenai sistem transmisi pada mobil, nah sobat semua pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai exhaust system mobil. Bagi sobat semua pemilik dan pengguna kenaraan roda empat atau mobil ini, ada baiknya jika anda mengerti akan komponen yang satu ini ya sobat, karena komponen yang satu ini adalah salah satu komponen yang terbilang memiliki fungsi atau peranan yang penting pada kendaraan kesayangan anda.

ads

Untuk lebih jelasnya mengenai exhaust system mobil tersebut, yuk sobat langsung saja merapat mari kita simak ulasan berikut ini dengan seksama. Exhaust system atau yang biasa kita sebut dengan sistem pembuangan pada mobil, memiliki peranan penting dalam proses pembakaran yang terjadi pada mesin kendaraan anda.

Adapun sistem exhaust ini akan melepaskan gas buang sisa dari pembakaran yang dihasilkan oleh mesin atmosfir atau udara bebas. Sistem exhaust atau sistem pembuangan ini tentunya memiliki beberapa fungsi atau peranan yang sangat penting untuk mendukung performa mobil anda agar tetap “ oke “. Adapun fungsi dari exhaust sistem atau sistem pembuangan pada mesin mobil antara lain adalah sebagi berikut :

1. Untuk Memastikan Efisiensi Mesin

Fungsi yang pertama adalah sebagai komponen yang bertugas untuk memastikan efisiensi mesin pada kendaraan anda. Sistem exhaust ini bekerja untuk membuat kinerja mesin anda agar tetap efisien dengan cara memperbaiki tingkat pelepasan gas buang dari mesin.

Hal ini dilakukan dengan adanya bantuan gas oksigen sensor ECU akan menerima signa mengenai kondisi kandungan zat –  zat yang terdapat pada gas buang , jika tidak sesuai atau ternyata melebihi ketentuan, maka ECU akan memerintahkan actuator untuk memperbaiki kinerjanya.

2. Untuk Membersihkan Gas Buang

Fungsi yang kedua adalah sebagai komponen yang bertugas untuk membersihkan gas buang. Adapun prinsip kerja dari system exhaust ini adalah dengan membersihakn gas buang dengan membuang zat –  zat yang berbahaya. Gas buang yang masih mengandung zat berbahaya tersebut akan dibersihkan dan dibuang untuk mengurangi terjadinya polusi udara, serta tidak membahayakan lingkungan dan makhluk hidup yang ada di sekitarnya atau pun yang sedang dilaluinya. Okeh karena hal tersebutlah, system exhaust ini sangat penting fungsinya membersihkan sistem pembuangan pada kendaraan anda.

3. Untuk Mengurangi Suara Ledakan

Fungsi yang ketiga adalah sebagai komponen yang bertugas untuk menguranhi suara ledakan.  Pernahkah anda mendenagr suara kanlpot mobil yang keras sobat, seperti seolah – olah tersendat – sendat atau seperti orang batuk namun suara ini sangat mengganggu kenyamana orang yang ada disekitarnya.

Nah sobat, jika memang anda pernah mendengar atau bahkan merasakan hal yang seperti ini, itu tandanya sistem exhaust atau sistem pembuangan pada kendaraan anda sedang bermasalah. Pada umunya sobat, system exhaust pada mobil anda berfungsi untuk mengurangi suara ledakan yang dikeluarkan oleh gas buang pada kendaraan anda.

Terjadinya pembakaran tentunya akan menghasilkan ledakan, jika hal ini tidak diantisipasi, akan menyebabkan kebisingan dan mengganggu kenyamanan tentunya, untuk itulah sistem pembuangan pada kendaraan anda harus mampu untuk mengurangi kebisingan atau sudara letupan tersebut.

Untuk menjaankan fungsinya sebagai pengatur sistem pembuangan terhadap kendaraan anda sobat, tentunya sistem exhaust ini memiliki beberapa komponen yang juga berperan penting dalam mendukung kinerja dari exhaust sistem tersebut. Adapun komponen yang dimaksud antara lain adalah sebagai berikut :

  • Exhaust Manifold

Exhaust manifold yakni komponen yang terdiri dari beberapa saluan /manifold yang terhubung ke masing –  masing silinder untuk menyalurkan gas buang sisa pembakaran dan kemudian tergabung dalam satu saluran buang.

Sponsors Link

  • Catalyc Conventer

Yakni komponen yang berfungsi untuk membersihkan gas buang dari zat –  zat yang berbahaya agar tidak mencemari udara  dan juga lingkungan. Komponen yang satu ini tergolong penting ya sobat, karena seperti yang sudah kita ketahui bersama, gas buang hasil pembakaran yang terjadi pada mesin kendaraan anda sangatlah berbahaya. Apabila tidak d saringa atu dibersihakan oleh catalyc converter ini, maka udara sekitarnya akan menjadi berbahaya untuk kesehatan lingkungan begitupun penghuni lingkungan tersebut.

  • Pipa Gas Buang / Exhaus Pipe

Yakni komponen yang berfungsi untuk menyalurkan gas buang dari mesin ke atmosfir atau udara bebas. Adapun gas buang yang dikeluarkan dari kendaraan ini adalah gas buang yang sudah tidak berbahaya lagi terhadap kesehatan lingkungan dan sekitarnya karena sebelumnya sudah dibersihakan oleh catalyc conventer.

ads
  • Muffer

Yakni komponen yang berfungsi untuk menyerap atau mengurangi suara ledakan hasil pembakaran di dalam ruang silinder, sebab gas buang hasil dari pembakaran dari meisn bertemperatur dan bersuhu tinggi, sehungga menghasilkan suara ledakan jika dilepaskan secara langsung. Namun dengan adanya muffer ini , maka suara yang ada akan dibuat menjadi meredam, seingga mengurangi tekanan sisa pembakaran apda gas mobil anda.

Demikianlah ulasan mengenai exhaust system mobil yang bisa penulis sajikan buat sobat. Semoga artikel ini bisa membantu dan membawa banyak manfaat bagi sobat semua. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel kali ini. Jangan lupa untuk terus update perkembangan artikel – artikel baru berikutnya. Salam hangat selalu dari penulis.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Tips dan Trick