Sponsors Link

Cara Pasang Alarm Mobil dan Fungsinya Paling Lengkap

Sponsors Link

Melindungi aset anda merupakan suatu kewajiban tanpa mengenal waktu sebab pencurian tidak mengenal waktu. Mempunyai kendaraan, biasanya kita memiliki rasa khawatir terhadap pencurian, salah satunya pencurian mobil yang semakin marak beredar pada jaman ini.

ads

Oleh sebab itu salah satu antisipasi agar terhindar dari pencurian kendaraan yaitu dengan memasang alarm pada kendaraan kita, tujuannya yaitu agar si pencuri kesulitan dalam menjalankan aksinya. Alarm merupakan tanda peringatan, pastinya alarm sangat berguna bagi manusia, seiring berjalannya waktu alarm semakin mengalami perubahan dari waktu ke waktu.

Ini dapat dilihat dari fungsi alarm yang semakin meluas hingga untuk otomotif. Dan yang paling banyak digunakan saat ini yaitu alarm untuk mobil. Memiliki remote alarm mobil merupkan kewajiban untuk meningkatkan keamanan mobil anda.

Namun dalam memasang alarm pada mobil juga tidak sembarangan. karena alarm pada model lama tidak memiliki alat keamanan khusus, dengan kata lain alarm tidak bisa menangkal para pencuri bahkan terkadang para pencuri lebih pintar dalam menyiasati alarm tersebut.

Tersedianya berbagai alarm mobil canggih di pasaran menjadikan pemilik mobil bis dengan mudah memilih alarm yang sesuai dengan keinginannya. Saat anda memutuskan untuk memasang alarm, saya sarankan anda juga mencoba tips memilih aki mobil yang berkualitas. Karena alarm akan berfungsi dengan maksimal jika kualitas aki juga baik.

Pada artikel kali ini saya akan memberikan tips cara memasang alarm mobil, langsung saja kita simak ulasan berikut ini. Sebelum kita memasang alarm pada mobil, alangkah baiknya kita mengetahui terlebih dahulu kegunaan alarm untuk mobil. Berikut adalah kegunaan alarm mobil.

1. Sebagai Sistem Keamanan

Fungsi utama alarm mobil yaitu sebagai alat keamanan agar terhindar dari bahaya. Alarm mobil yang biasa digunakan pada umumnya adalah alarm yang bekerja hanya untuk mengeluarkan bunyi ketika pintu mobil dibuka paksa.

penyebab pintu mobil seret wajib anda perhatikan, karena kerusakan ini nantinya akan menyusahkan anda sendiri. Saat anda memaksakan pintu mobil dibuka, bisa saja alarm otomatis bunyi dan alih – alih malah anda yang dikira pencuri.

2. Sebagai Pencegah Pencurian

Fungsi alarm selanjutnya yaitu sebagai tanda peringatan akan pencuri yang hendak mengambil mobil, biasanya tindakan beberapa pencuri akan berbuntut tindakan pencongkelan pintu mobil. ketika pintu mobil dibuka paksa tanpa menggunakan kunci otomatis maka alarm mobil akan berbunyi jika pemilik mobil menempatkan alarm pada mobil. Poin ini sangat cocok dijadikan sebagai tips mencegah mobil dari kemalingan, karena bunyi yang dihasilkannya akan membuat orang yang berniat jahat berpikir berulang kali.

3. Sebagai Tanda Permintaan Tolong

Alarm mobil pada kenyataanya merupakan sistem keamanan yang tidak kita sadari namun sudah kita miliki, tidak harus instalasi dirumah, tidak memerlukan listrik dirumah serta sulit dimatikan oleh orang lain. Saat alarm mobil dinyalakan secara terus menerus maka otomatis akan mengundang perhatian orang lain dan membangunkan tetangga, satpam kompleks maupun orang lain yang ada disekitar lingkungan anda.

Dengan begitu maka ketika anda dalam keadaan bahaya mereka akan segera menolong anda. Fungsi pada poin ini seperti halnya fungsi lampu dim secara umum pada mobil yang sering dijadikan penanda ya sobat. Sebagai penanda pastinya akan sangat menguntungkan anda sendiri sebagai pemilik mobil.

Sponsors Link

4. Sebagai Pemberi Peringatan

Fungsi alarm lainnya adalah sebagai peringatan ketika mobil mengalami benturan yang cukup keras, alarm akan berbunyi sebagai peringatan kepada anda apabila mobil mengalami benturan, menandakan agar anda harus berhati-hati dan memberikan respon secara cepat dan tanggap terhadap situasi dan kondisi dalam keadaan yang sedang anda alami. Hal ini bisa juga dijadikan sebagai tips mudah parkir di perkotaan agar mobil aman dari benturan. Anda tau sendiri ya sobat bahwa area perkotaan sangat padat dan sempit.

5. Sebagai Alat Bantu Dalam Menemukan Mobil

Alarm juga berfungsi sebagai alat bantu anda dalam menemukan mobil ketika kita sedang parkir ditempat yang ramai dan sulit menemukan posisi mobil, dengan begitu mobil akan mudah ditemukan. Hindari kebiasaan buruk menutup pintu mobil terlalu keras demi kestabilan fungsi alarm mobil ya sobat. Agar nantinya diharapkan fungsi alarm mobil sebagai alat bantu menemukan mobil tetap bekerja dengan baik dan tentu saja akan memudahkan anda, terutama yang sering lupa menempatkan mobil pada area parkir.

6. Sebagai Pengecek Kunci Mobil

Fungsi alarm berikutnya adalah sebagai pemilik mobil kita bisa mengecek fungsi dari kunci automatis, biasanya mobil mutakhir saat ini sudah dilengkapi dengan kunci  penutup dan kunci pembuka pintu mobil yang praktis dan otomatis.

ads

Hanya dengan menekan tombol maka secara otomatis pintu mobil akan terkunci maupun terbuka. Namun anda bisa mengecek kunci otomatis hanya dengan menggunakan indikator nada alarm yang terpasang pada mobil anda. Sangat mudah untuk dilakukan ya sobat. Untuk menjaga kondisinya tetap baik perhatikan cara merawat pintu mobil karena bagian ini sangat berhubungan dengan alarm.

Itulah beberapa fungsi dari alarm mobil, setelah kita mengetahui fungsi alarm selanjutnya saya akan menjelaskan tips cara memasang alarm mobil, langsung saja kita simak ulasan berikut ini :

  • Langkah pertama cara memasang alarm mobil yaitu memilih alarm yang sudah dilengkapi fitur GPS, karena dengan fitur GPS akan memudahkan kita dalam mencari keberadaan mobil kita. selain itu juga GPS memiliki fungsi sebagai remot untuk mematikan mesin mobil. Dengan begitu bila mobil kita dicuri, kita akan dengan mudah menemukan keberadaan mobil kita.
  • Letakanlah sirine pada tempat yang sulit dijangkau pencuri atau ditempat yang tersembunyi. Hal ini bertujuan agar sipencuri tidak mudah melumpuhkan sistem alarm ketika alarm berbunyi.
  • Beri keamanan spesifik, pada kabel disekitar kepala aki agar bagian ini sulit buat dipotong. Aki merupakan komponen yang berperan penting untuk menunjang kerja alarm. Kalau kabel terputus, maka alarm tidak akan berbunyi dengan begitu si pencuri jadi lebih leluasa dalam menjalankan aksinya. tanda aki kering mobil soak juga wajib anda perhatikan mengingat alarm bisa berfungsi dengan baik karena kondisi aki yang baik juga.

Itulah cara memasang alarm pada mobil, dengan dipasangnya alarm maka akan menyulitkan para pencuri dalam melakukan aksinya dan sedikit mencegah terjadinya tindakan pencurian terhadap kendaraan anda, meskipun tidak 100% melindungi kendaraan namun kita sudah tau bahwa mencegah itu lebih baik daripada mengobati jadi sebelum kejadian alangkah baiknya kita mencegah terlebih dahulu.

Sekian artikel kali ini yang membahas mengenai cara memasang alarm mobil. Semoga bermanfaat dan juga menambah wawasan kita semua, juga menjadi sumber referensi bagi anda. Selamat membaca dan sampai jumpa lagi dilain artikel. Terima kasih sudah mampir di artikel ini. Salam hangat dari penulis.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Tips dan Trick