Sponsors Link

Cara Pahami Spesifikasi Pelek Mobil Anda Sendiri, Yuk Simak

Sponsors Link

Jika kita berbicara mengenai kendaraan roda empat, maka tak akan lengkap rasanya jika kita tidak membahas mengenai pelek atau yang sering kita sebut dengan velg mobil tersebut.

ads

Setiap  mobil tentunya memiliki pelek yang berperan untuk mendukung kinerja atua fungsi roda agar mobil kita bisa berjalan atau bergerak, terkecuali jika memang mobil tersebut diciptakan khusus tidak menggunakan mekanisme roda seperti hooverboard tentunya.

Dan baik itu roda atau ban dan pelek tersebut adalah dua hal yang tidak dapat  dipisahkan fungsi dan peranannya. Dan untuk meningkatkan penampilan dari mobil tersebut, maka pelek ini seringkali dilakukan penggantian atau modifikasi, untuk mendongkrak performa mobilnya dar pelek yang standar atau original ke pelek yang lebih keren.

Penggantian pelek dari pelek original atau OEM (  Original Equipment ) , dengan  pelek yang lain sesuai dengan selera dan keinginan  pemiliki mobil tersebut, akan menjadikan penampilan mobil anda memang sangat berbeda dan tampil lebih keren. 

Proses modifikasi pelek ini juga beragam, anda bisa menggantinya dengan prodak aftermarket, atau bisa juga melakukan substitusi dengan pelek OEM dari mobil yang lain. 

Hal seperti ini tentunya sah sah saja ya sobat, namun yang jelas proses modifikasi pelek tersebut harus berpaduan atau tidak boleh meleset dari spesifikasi pelek yang cocok dan memang diperuntukkan untuk mobil tersebut.

Karena setiap komponen yang ada di dalam mobil yang memiliki spesifikasi tersendiri, maka pelek anda pun juga tentunya memiliki spesifikasi tersebut, sehingga tidak boleh asal melakukan modifikasi tanpa mengerti spesifikasi pelek mobil tersebut.

Sebelum anda melakukan modifikasi pelek pada mobil anda,  maka ada baiknya jika anda mengerti cara pahami spesifikasi pelek mobil anda sendiri. Berikut ini penulis akan menyajikan ulasannya untuk anda Yuk sobat, langsung saja kita simak ulasan berikut ini. Cekidot.

1.Pahami Wheel Diameter Pelek

Pada saat kita berbicara mengenai pelek, maka hal yang akan sering kita dengar adalah mengenai istilah pelek ring 15, ring 16 dan juga ring 17 ataupun seterusnya. Kata “ ring “ tersebut sebenarnya menunjukkan “ wheel diameter “ alias diameter  pelek. 

Diameter pelek tersebut merupakan panjang pelek bagian dalam yang diukur dalam satu inci. Sobat semua yang paham akan komponen komponen dalam mobil tersebut tentunya akan paham mengenai Wheel diameter  tersebut.

Silahkan anda cek berapa Wheel diameter pelek mobil anda dan pastikan sama dengan spesifikasi pelek yang akan anda modifikasi tersebut. yang wajib diperhatikan saat membeli pelek bekas bisa anda jadikan sebagai informasi tambahan.

2. Pahami Wheel Width Pelek

Selain wheel diameter, maka yang harus juga anda pahami adalah wheel width atau lebar pelek yang menunjukkan panjang jarak antara bibir pelek bagian luar dengan bibir pelek bagian dalam yang juga dalam satuan inci. 

Lebar pelek tersebut juga perlu anda sesuaikan dengan lebar pelek yang akan anda modifikasi atau ganti dan sesuaikan dengan spesifikasi yang cocok dengan yang mobil anda. lebih baik reparasi pelek mobil atau beli pelek baru bisa anda pelajari.

[AdSense- C]

3. Pahami Offset Pelek

Sementara itu, offset  pelek merupakan jarak antara posisi lubang hubungan pelek dengan mounting pelek. Dan offset inilah yang akan menentukan bagaimana posisi berdirinya pelek dengan ruang fender, untuk memastikan apakan menjorok keluat atau ke dalam. 

Oleh karena  itulah, ada istilah dalam pelek yang sering kita sebut dengan istilah offset positif, offset nol, dan juga adanya offset negatif. Dan  yang menjadi satuan dari offset ini menggunakan mm ( millimeter ) .

Sebagai patokan, semakin kecil offset pelek maka posisi pelek ketika terpasang, di mobil akan semakin mepet ke fender mobil anda. Sebaliknya, makin besar angka offset tersebut, atau a bahkan jika sampai ke offset negatif,  itu artinya pelek tersebut akan semakin menjorok ke bagian dalam ruang fender.

Sebut saja saat salah satu pelek memiliki ukuran offset dari pelek sebesar 55mm, maka itu artinya posisi pelek sedikit masuk ke ruang bagian bawah fender mobil anda,  yakni sejumlah 55mm.

4. Pahami Pitch Circle Diameter ( PCD )

Hal yang tidak kalah penting yang juga harus anda perhatikan adalah pada bagian Pitch Circle Diameter ( PCD ) pelek tersebut. Adapun PCD ini merupakan jarak antara lubang baut yang satu dengan lubang baut yang lainnya yang terdapat pada pelek yang berada tepat di center bore pelek tersebut.

Pada beberapa mobil, ada dua pelek yang memiliki spesifikasi 4 x 100 yang mana artinya adalah pelek mobil tersebut memiliki 4 lubang dengan masing masing jarak adalah 100 mm. 

Atau ada juga pelek yang memiliki ukuran 6 x 139.7 yang berarti pada pelek tersebut terdapat 6 lubang dengan jarak 139.7 mm.  Itulah sebabnya anda harus  mengerti cara memahami spesifikasi pelek dalam mobil anda tersebut.

Sponsors Link

Nah sobat semua, sekarang anda sudah paham ya  bagaimana cara memahami spesifikasi pelek dalam mobil anda, sehingga pada saat anda akan melakukan modifikasi anda sudah bisa menyesuaikan dengan ukuran pelek mobil anda yang sebelumnya.

Semoga ulasan tersebut bermanfaat untuk anda. Kenali masalah yang terjadi pada mobil anda terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mencoba cara yang penulis berikan. Sampai jumpa, salam hangat dari penulis.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Tips dan Trick