Sponsors Link

3 Cara Merawat Kaki Kaki Mobil Beserta Penjelasan Komponen – Komponennya

Mobil bukan hanya saja sebagai kendaraan yang mengantar kita kemanapun kita pergi, tapi mobil juga bisa menjadi sahabat kita sehari – hari. Nah sahabat, agar mobil kita ini tetap setia menemani perjalanan kita, ada baiknya kita mengenal mobil lebih jauh.

Kaki – kaki pada mobil adalah sebuah rangkaian yang rumit namun di sederhanakan oleh sebagian ahli saat akan di aplikasi pada sebuah mobil, setiap tipe dan merek mobil memiliki rangkaian kaki – kaki yang berbeda, namun fungsi dari kaki – kaki mobil itu sendiri tetap sama untuk menstabilkan, menjaga kenyamanan dan keamanan saat akan berkemudi.

Perawatan kaki – kaki mobil juga tidak kalah pentingnya dengan perawatan mesin mobil yang banyak orang menganggap mesin jauh lebih penting. Tanpa adanya kondisi baik pada bagian lainnya, tentu saja akan mempengaruhi kondisi mobil secara keseluruhan.

Cara Merawat Kaki – Kaki Mobil

Situasi kaki-kaki mobil memiliki manfaat yang betul-betul paling utama untuk kenyamanan berkendaraan. Ditambah lagi apabila kita kerjakan perjalanan jauh dan lewat jalan yang banyak berlubang. Situasi kaki – kaki mobil yang bertindak baik dan normal jadi prasyarat paling utama.

Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan cara merawat kaki – kaki mobil agar awet, namun sebelum kita membahas mengenai cara merawat kaki – kaki mobil alangkah baiknya kita mengenal dulu komponen – komponen yang berada dibagian kaki-kaki mobil. Berikut 6 komponen yang ada dibagian kaki – kaki mobil :

  • Ban

Ban adalah komponen kaki – kaki mobil yang utama dalam kendaraan, apapun jenis kendaraan pasti ada roda sebab kalau tidak ada rodanya maka kendaraan tidak akan berjalan bukan. Ban bisa dikatakan sebagai komponen yang cuku penting keberadaannya. Baca juga mengenai cara merawat mesin mobil tua.

  • Suspension / suspensi

Suspensi adalah komponen kaki – kaki mobil yang berfungsi sebagai peredam kejutan atau getaran yang terjadi pada kendaraan akibat jalanan yang tidak rata yang dapat meningkatkan kenyamanaan berkendara dan pengedalian kendaraan.

  • Tie Rod

Benda yang berfungsi sebagai penghubung setir dan pengikat roda agar dapat dibelok kan kekiri dan kekanan, bentuk dari tie rod adalah bundar kurang lebih besarnya seperti kelereng.

Komponen kaki – kaki mobil inilah yang sama pentingnya untuk dijaga daya ikatnya karena apabila terjadi kelonggaran mengakibatkan bunyi–bunyi dibagian roda serta membuat roda menjadi tidak stabil. Baca juga mengenai cara merawat mesin mobil injeksi.

  • Ball Joint

Sesuai dengan namanya bentuknya seperti bola. Dengan posisinya yang berada di dudukan roda dan juga sebagai penghubung lengan ayun,memudahkan untuk suspensi bergerak yang menahan roda agar tidak lepas dari chassis.

Apabila kalian berkendara dengan kecepatan 50 – 60 KM/Jam lalu roda masuk ke lubang kecil atau menabrak bebatuan kecil, maka setir akan langsung sulit di kendalikan.

  • Bushing

Bushing berbentuk karet yang berfungsi untuk meredam getaran agar tidak mengganggu komponen logam lain yang tersambung, peran komponen kaki – kaki mobil ini berpengaruh akan kenyamanan dalam mengemudi.

Pada umumnya bushing memiliki dua jenis berdasarkan tempatnya yaitu Bushing stabilizer sebagai pengikat ke chassis mobil dan menyeimbangkan kedua suspense kiri dan kanan, sedangkan bushing swing arm untuk meredam getaran pada saat mobil berjalan. Baca juga mengenai cara mengatasi mesin mobil cepat panas.

  • Bearing

Bearing atau laher yang kalian kenal merupakan komponen kaki – kaki mobil memiliki fungsi sebagai bantalan roda agar dapat roda berputar dengan mereduksi atau memperkecil gaya gesek yang terjadi pada sumbu putar sehingga perputarannya menjadi lebih halus dan lancar.

Bearing merupakan factor kenyamanan dan keselamatan dalam berkendara karena sebagai komponen sentral, apabila tanpa adanya bearing roda akan cepat panas berlebih, bergetar dan komponen putar yang ada di dalamnya menjadi patah.

Itulah 6 komponen bagian dari kaki – kaki mobil, setelah kita mengetahui bagian dari kaki mobil langkah selanjutnya adalah merawatnya, Agar kaki – kaki mobil tetap awet dan tidak mudah rusak.

Sebelum terjadi kerusakan yang fatal. Langkah awal yaitu, mengecek setiap komponen kaki mobil secara berkala, hal ini bertujuan untuk mengetahui seberapa parah kerusakan pada komponen tersebut, jika salah satu komponen ada yang rusak maka akan berpengaruh ke komponen yang lainnya dan akan mengganggu performa kenyamanan anda dalam berkendara.

Jika sudah begini mau tidak mau kita harus membawanya kebengkel untuk diperbaiki. Berikut adalah cara merawat kaki – kaki  mobil agar tetap awet :

1. Jalan perlahan

Jika anda ingin merawat kaki – kaki mobil agar tetap prima dan tidak cepat rusak, anda harus bisa mengendalikan diri dan mobil anda pada saat melalui jalan atau medan yang rusak. Usahakan jangan terlalu menghentakkan kaki-kaki pada jalan yang rusak, karena bisa berdampak buruk alias dapat merusak komponen kaki – kaki mobil anda.

Paculah mobil dengan kecepatan sedang, ini untuk menghindari jika sewaktu-waktu kita melihat jalanan berlubang, agar kita bisa menghindari lubang tersebut.

2. Jangan Parkir Sembarangan

Cara merawat kaki – kaki mobil selanjutnya ialah tidak parkir sembarangan. Masalah parkir adalah salah satu masalah yang tidak banyak di sadari oleh pengguna karena dapat merusak komponen mobil dan komponen mesin mobil secara perlahan selain itu parkir disembarang tempat akan mengganggu pengguna jalan lainnya. Maka dari itu hindari parkir disembarang tempat dan juga hindari parkir pada tempat yang tidak rata.

Carilah tempat parkir yang permukaannya rata. Jika anda memaksakan parkir dengan tempat yang permukaan tidak rata maka bisa di pastikan kaki-kaki mobil akan memiliki tekanan yang tidak merata dan dapat dengan cepat merusak komponen kaki-kaki mobil.

Kemudian, hindari  juga parkir dengan ban atau stir dalam keadaan belok dan usahakan sebelum parkir kondisi stir dalam keadaan yang lurus.

3. Jangan Memakai Velg Besar

Biasanya pengguna kendaraan ingin tampil beda dengan memodifikasi bagian velgnya dengan ukuran yang lebih besar. Namun perlu anda ketahui bahwa sebagian mobil punya standarisasi sendiri untuk ukuran velg, tidak semua mobil cocok dengan velg ring yang telalu besar.

Jika di paksakan, maka dapat merusak komponen kaki-kaki mobil anda dengan cepat.sebagai saran alangkah baiknya kita tetap menggunakan velg standar perusahaan.

Itulah beberapa cara merawat kaki – kaki mobil, rawatlah komponen – komponen pada bagian kaki mobil sebelum terjadi kerusakan, karena merawat lebih baik daripada memperbaiki. Jika kaki – kaki mobil terawat dengan baik, bukan tidak mungkin kondisi mobil dan performanya pun akan awet.

Kita sebagai pengendarapun akan merasa nyaman jika kondisi mobil dalam keadaan baik, apalagi jika kita sedang melakukan perjalanan jauh.

Dapat diambil kesimpulan bahwa artikel mengenai cara merawat kaki – kaki mobil mungkin bisa anda jadikan sebagai referensi dalam upaya menjaga peforma mobil secara keseluruhan.

Sekian artikel yang bisa saya jelaskan, semoga cara merawat kaki – kaki mobil di atas bisa membawa manfaat bagi anda sekalian. Sampai jumpa pada artikel berikutnya ya. Salam otomotif.

 

 

 

, , , ,
Oleh :
Kategori : Tips dan Trick