Categories: Tips dan Trick

2 Cara Menguras Tangki Mobil Paling Lengkap

Hello sobat semua yang terkasih, kembali lagi bertemu dengan penulis yang tentunya selalu setia memberikan ulasan demi ulasan yang menarik buat anda ya sobat. Pada postingan kali ini nih sobat, agak berbeda dengan postingan sebelumnya pada kesematan kali ini kita akan mengulas mengenai otomotif.

Nah buat sobat semua yang memang gemar akan otomotif tidak ada salahnya nih sobat anda menyimak ulasan berikut ini agar pengetahuan dan wawasan anda semakin bertambah dalam hal otomotif tersebut. Yuk sobat langsung saja kita simak ulasan berikut ini dengan seksama.

Pernahkah sobat semua berkeinginan untuk menguras tangka abhan bakar anda? Apakah itu karena anda salah mengisi bahan bakar atau terdapat kerusakan di dalamnya yang mengharuskan anda untuk mengurasnya atau hanya karena anda ingin mengurasnya saja, namun anda bingung bagaimana cara menguras tangki mobil tersebut?

Nah sobat semua, mulai sekarang anda tidak usah bingung lagi karena pada kesempatan kali ini penulis akan mengulasnya secara lengkap buat sobat semua. Yuk sobat, berikut ulasannya untuk anda. Adapun cara yang bisa anda lakukan untuk menguras bahan bakar dalam tangka mobil tersebut antara lain adalah sebagai berikut :

1. Dengan Menyedot Bensin

Cara menyedot bensin bisa anda lakukan dengan cara sebagai berikut :

  • Habiskan Bahan Bakar Dalam Tangki Anda

Cara menguras tangki mobil pertama. Sebaiknya anda menggunakan bensin yang ada di dalam mobil anda sampai sehabis mungkin. Namun apabila memang mobil anda salah bahan bakar sehingga performanya tidak sebaik yang seharusnya, anda hanya perlu menyalakan mesin mobil anda agar abhan bakar yang terdapat di dalma tangka tersebut habis. Setelah habis anda hanya perlu mengurasnya saja.

  • Gunakan Alat Penyedot Bahan Bakar

Cara menguras tangki mobil kedua. Gunakan alat penyedot bahan bakar. Pada umumnya alat penyedot bahan bakar ini banyak dijual di toko suku cadang mobil. Alat penyedot ini merupakan pompa yang dioperasikan secara manual yang akan menyedot bahan bakar dari mobil anda ke dalam sebuah wadah.

  • Dengan Menggunakan Selang

Cara menguras tangki mobil ketiga. Gunakan selang untuk menyedot bahan bakar tersebut dari dalam tangka mobil anda. Bagian ini memang tergolong agak sulit, karena mobil yang lebih baru pada umumnya memiliki bola pelindung logam atau layar yang mencegah bensin keluar dari tangka apabla terjadi kecelakaan. Namun anda tetap bisa melakukan hal ini dengan mengarahkan selang tersebut pas pada lobang tangka bahan bakar tersebut.

  • Dengan Menggunakan Pompa

Cara  menguras tangki mobil keempat. Dengan menggunakan pompa akan jauh lebih dimudahkan. Pompa ini juga bis anda peroleh di toko – toko otomotif atau bisa juga anda peroleh di toko penjual suku cadang otomotif yang lainnya.

2. Menguras Bensin Bakar Dengan Pompa Bahan Bakar

Berikut ini adalah tahapan – tahapan yang bisa anda ikuti untuk melakukan pengurasan bahan bakar :

  • Cek terlebih dahulu apakah mobil anda tangkinya bisa dikuras secra langsung, karena pada umumnya tidak semua tangki bahan bakar bisa dikuras secara langsung. Apabila anda bisa menemukan tangki ktangkaberada di bawah mobil dan dapat melepas sambunagn dan atau sumbat penguras kecil secara langsung , maka anda bisa langsung dengan mudah menguras tangka mobil anda tersebut.
  • Letakkan dulang atau wadah di bawah sumbat penguras. Apabila ternyata masih ada sisa bensin yang terdaapt dalam tangka bahan bakar anda, maka sebaiknya anda menamung bensin tersebut terlebih dahulu agart tidak tumpah ke lantai anda. Sediakan wadah yang sekiranya dapat menampung bahan bakar yan sisa tersebut.
  • Masukkan tepat di bawah tangki mobil anda wadah tersebut, dan cari selang sumbat penguras dalam mobil anda. Tangki bahan bakar merupakan wadah logam yang kukuh dan besar yang berada di sisi mobil yang sama dengan tempat pengsian bensin. Gunakan pintu bensin sebagai pengukur. Pada umumnya berada pada bagain bawah kursi penumpang. Pastikan wadah tersebut anda tempatnya persis di bawahnya.
  • Buka terlebih dahulu baut sumbat penguras dan biarkan bahan bakar tersebut mengalir dengan sendirinya sampai habis. Langkah ini akan memakan banyak waktu sesuai dengan jumlah bahan abkar yang masih tersisa di tangki bahan bakar anda.
  • Setelah bensin yang terdapat pada tangka abhan bakar anda sudah habis dan berhenti mengalir, maka lakukan pembersihan pada tangka tersebut karena dikuatirkana ada beberapa kotoran yang nempel di dalamnya.
  • Setelah anda merasa tangki tersebut sudah bersih, tutuplah kembali sumbat penguras denagn rapat agar pada saat mengisi abhan bakar ke mobil anda tidak akan mengalami kebocoran.

Hanya sebagai tambahan informasi saja nih sobat, pada saat anda akan menguras bahan bakar tersebut dari tangki  mobil anda, pastikan kondisi mesin mobil anda dalam kedaan dingin. Karena jika pada saat mesin anda masih panas namun anda menguras tangki mobil anda, hal ini akan berdampak buruk pada performa mobil anda nantinya.

Sekian informasi yang bisa penulis sampaikan mengenai cara menguras tangki mobil pada postinagn kali ini. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan sobat semua dalam hal otomotif. Sampai jumpa di artikel selanjutnya tentunya dengan ulasan yang menarik. Salam hangat selalu dari penulis.

Yogi Suherman

Recent Posts

7 Cara Mengatasi Cat Mobil Retak Dijamin Mulus Kembali

Terkadang cat mobil yang retak  itu bukan berarti permukaan cat tersebut mengalami pecah. Hal ini…

5 years ago

7 Cara Mengatasi Aki Mobil Drop dengan Efektif

Jika kejadian ini dialami saat di tengah perjalanan tentu pengalaman  yang sangat dibenci. Sebab tanpa…

5 years ago

Cara Mengatasi Mobil Terkunci dari Dalam Dijamin Berhasil

Mobil terkunci dari dalam bukan kejadian yang sedikit dialami. Berbagai komponen mobil memang harus dijaga…

5 years ago

7 Cara Menghilangkan Cat Terkelupas pada Mobil dengan Benar

Cat mobil yang terkelupas untuk memperbaikinya bisa dibawa ke bengkel, namun jika ingin memperbaikinya sendiri…

5 years ago

9 Cara Menyamarkan Cat Mobil Belang Paling Mudah dan Cepat

Melakukan pengecatan mobil bukan suatu hal yang mudah apalagi bagi yang sama sekali belum pernah…

5 years ago

3 Penyebab Oli Bocor Pada Mobil Matic Sangat Mudah Dikenali

Mobil Anda mungkin mengalami kebocoran cairan transmisi karena berbagai alasan, namun hal yang terpenting utnuk…

5 years ago