Categories: Tips dan Trick

3 Cara Menghilangkan Noda Karat Pada Cat Mobil Mudah dan Cepat

Karat merupakan salah satu penyakit yang seringkali menyerang kendaraa, termasuk mobil. Banyak hal yang menyebabkna karat dapat menempel pada sebuah kendaraan, seperti air, garam, hujan, panas, atau apapun yang memiliki kandungan zat besi serta garam yang tinggi di dalamnya. Biasanya karat akan menyerang bagian mobil yang berbahan dasar besi atau seng. Karat adalah masalah yang cukup serius dalam sebuah kendaraan, hadirnya karat akan menyebabkan bagian mobil menjadi keropos sedikit demi sedikit dan kemudian menjadi rapuh. Namun meskipun begitu, karat merupakan proses alamiah sehingga sangat sulit untuk dihindari sebuah kendaraan.

Lalu apakah noda karat yang menempel hanya akan dibiarkan begitu saja? Tentu saja tidak. Bagian mobil yang terkena karat tersebut tentunya perlu dibersihkan dengan baik sehingga tidak menganggu peforma komponen mobil maupun tampilan mobil anda. Nah berikut beberapa cara menghilangkan noda karat pada cat mobil dengan mudah.

1. Amplas dan Cat Ulang

Cara pertama yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan noda berkarat pada cat mobil anda adalah dengan cara mengamplas dan mengecat ulang bagian body mobil yang terkena karat tersebut.

  • Siapkan alat-alat dan bahan yang digunakan dalam proses ini
  • Pertama kali anda bisa mengamplas bagian body mobil yang terkena karat. Anda bisa menggunakan mesin pengamplas.
  • Untuk pencegahan, anda bisa mencoba menutupi semua bagian yang mana tidak boleh terkena debu. Partikel-partikel debu tersebut nantinya dapat menempel pada cat mobil dan susah dihilangkan. Anda bisa menggunakan plester dan kertas koran.
  • Setelah itu hilangkan cat yang berada di sekitar karat dengan menggunakan sander dual action. Lakukan hal ini hingga permukaan mobil terasa hingga halus.
  • Gunakan grinding wheel logam untuk menghilangkan bagian berkarat yang cukup tebal.
  • Semprotkan primer secara tipis dan merata pada bagian cat mobil tersebut. Semprotkan 3 lapis primer dan tunggu beberapa saat hingga mengering. Jangan terlalu banyak menggunakan primer yang akan membuat anda menunggu lama agar primer dapat kering dengan baik.
  • Setelah itu gosok dengan menggunakan kertas amplas grit 400 yang sudah dibasahi
  • Semprotkan satu lapisa cat secara merata dan tipis saja dan diamkan selama 1-2 menit.
  • Jangan lupa menggosokkan pinggiran cat baru agar bisa membaur dengan lapisan cat lama.

2. Gunakan Filler Patches

Cara menghilangkan noda karat pada cat mobil lainnya yang bisa anda lakukan adalah dengan menggunakan filler patches. Untuk caranya, anda bisa melakukan langkah-langkah dibawah ini:

  • Pertama kali asah bagian mobil yang terkena noda karat. Anda bisa menggunakan grinder logam untuk menghilangkan karat yang menempel pada bagian body mobil anda.
  • Bersihkan semua karat yang menempel secara bersih.
  • Tutup bagian body mobil yang berlubang dengan menggunakan filler. Sehingga nantinya cat bisa menempel serta tidak menimbulkan karat.
  • Untuk meratakan tambalan yang ada gunakan kertas ampelas. Jika perlu anda bisa menambah filler lagi untuk memberikan hasil yang maksimal.
  • Awali pengampelasan dengan menggunakan kertas ampelas yang lebih kasar untuk menghaluskan tonjolan. Setelah itu akhiri dengan menggunakan kertas ampelas yang halus. Lakukan dengan perlahan dan merata.
  • Semprotkan primer serta cat yang baru ke bagian body mobil yang ditambal. Namun dalam proses ini, anda perlu menutupi sekeliling area yang terkena karat tersebut agar jangan sampai terkena partikel cat ataupun primer. Diamkan lapisan ini beberapa saat hingga mengering.
  • Amplas dengan menggunakan amplas basah sehingga cat bisa menempel sempurna pada body mobil anda.
  • Jangan lupa untuk menggosok pinggiran car sehingga warna cat baru dapat membaur sempurna dengan cat lama.

3. Menggunakan Bahan-Bahan Dapur

Anda juga bisa menggunakan bahan-bahan dapur yang sederhana sebagai cara membersihkan karat, antara lain adalah:

1. Lemon

Anda bisa menggunakan lemon yang ternyata mampu untuk menghilangkan karat yang menempel pada body mobil. Caranya pun sangat mudah, anda hanya cukup merendam kain dalam perasan lemon beberapa saat. Setelah itu gosokkan pada bagian cat mobil yang terkena noda karat. Jika ingin hasilnya lebih maksimal, anda bisa menggunakan penggosok aluminium dan taburkan garam pada bagian mobil yang berkarat tersebut.

2. Cuka

Campurkan cuka dengan air dan setelah itu teteskan pada bagian cat mobil yang terkena noda karat. Cara ini inijuga  cukup ampuh sebagai cara menghilangkan karat pada pintu mobil. Gosok secara perlahan dengan menggunakan sikat hingga karat yang menempel tersebut benar benar menghilang dan setelah itu lap dengan menggunakan kain bersih.

3. Baking Soda

Baking soda merupakan bahan yang lebih efektif untuk membersihkan noda berkarat pada cat mobil. Anda hany perlu mengoleskan bahan tersebut pada bagian body mobil yang terkena noda karat. Setelah itu sikat atau lap bagian tersebut hingga bersih.

Nah itu tadi beberapa cara membersihkan karat yang ampuh anda lakukan tanpa perlu membawanya ke salon mobil. Selain itu, jangan lupa melakukan perawatan body mobil dengan rutin. Mulai dari mencuci mobil setiap harinya sehingga kondisi mobil akan selalu bersih. Perhatikan cara mencuci mobil anda agar body mobil bisa bersih sempurna. Untuk memberikan perlindungan, anda bisa menggunakan paint protection terbaik untuk melindungi lapisan cat mobil anda.

Jangan lupa untuk rajin membersihkan mobil setelah terkena hujan karena akan sangat rentan untuk berkarat. Semoga penjelasan diatas dapat bermanfaat untuk anda.

Yogi Suherman

Recent Posts

7 Cara Mengatasi Cat Mobil Retak Dijamin Mulus Kembali

Terkadang cat mobil yang retak  itu bukan berarti permukaan cat tersebut mengalami pecah. Hal ini…

5 years ago

7 Cara Mengatasi Aki Mobil Drop dengan Efektif

Jika kejadian ini dialami saat di tengah perjalanan tentu pengalaman  yang sangat dibenci. Sebab tanpa…

5 years ago

Cara Mengatasi Mobil Terkunci dari Dalam Dijamin Berhasil

Mobil terkunci dari dalam bukan kejadian yang sedikit dialami. Berbagai komponen mobil memang harus dijaga…

5 years ago

7 Cara Menghilangkan Cat Terkelupas pada Mobil dengan Benar

Cat mobil yang terkelupas untuk memperbaikinya bisa dibawa ke bengkel, namun jika ingin memperbaikinya sendiri…

5 years ago

9 Cara Menyamarkan Cat Mobil Belang Paling Mudah dan Cepat

Melakukan pengecatan mobil bukan suatu hal yang mudah apalagi bagi yang sama sekali belum pernah…

5 years ago

3 Penyebab Oli Bocor Pada Mobil Matic Sangat Mudah Dikenali

Mobil Anda mungkin mengalami kebocoran cairan transmisi karena berbagai alasan, namun hal yang terpenting utnuk…

5 years ago