Sponsors Link

8 Cara Menghemat Bensin Mobil Manual Terbukti Ampuh

Sponsors Link

Irit bahan bakar merupakan keinginan bagi setiap pemilik mobil. Dengan irit bahan bakar, anda bisa mengurangi pengeluaran yang tidak perlu. Sehingga uang di dompet anda bisa digunakan untuk hal-hal yang lebih bermanfaat atau melakukan hal-hal yang anda sukai. Beberapa orang bertanya bagaimana cara menghemat bensin mobil manual karena setahu mereka hanya dengan perawatan yang tepat. Selain dari perawatan, ada beberapa saran yang patut dipertimbangkan untuk cara menghemat bensin mobil manual. Berikut cara menghemat bensin mobil manual.

ads

1. Isi Ulang Bensin Ketika Setengah Penuh

Dianjurkan agar anda selalu mengisi ulang ketika bensin masih setengah penuh untuk mengurangi kandungan udara di tangki. Tujuannya untuk mengurangi penguapan bensin. Bensin adalah senyawa yang gampang menguap meski kenaikan suhunya hanya beberapa celcius. Jadi tap jarum indikator menunjuka ke tengah, maka sebaiknya anda segera berangkat ke SPBU.

2. Hindari Penguapan Bensin

Poin pertama, isilah bensin di pagi hari. Tujuannya adalah mengisi bensin ketika kondisi bensin masih kental. SPBU selalu memiliki tempat penyimpanan bensin di bawah tanah. Di pagi hari, kondisi tanah masih dingin. Sehingga semakin dingin tanahnya maka semakin kental bensinnya. Kalau di siang hari dimana kondisi tanah lebih panas dari pagi hari, maka kondisi bensin cenderung mengembang. Karena itulah jika anda mengisi bensin di pagi hari, maka bensin yang masuk bisa lebih banyak daripada siang hari.

Poin kedua, hindari tempat panas ketika memarkir mobil ternyata penguapan juga berpengaruh ke kebiasaan anda parkir. Jangan biasakan parkir di tempat panas. Karena seperti yang dibahas di paragraf sebelumnya, laju penguapan bensin cukup cepat. Usahakan parkir di tempat teduh untuk menghambat laju penguapan bensin.

3. Kendalikan Putaran Mesin

Cara menghemat bensin mobil manual kedua adalah mengendalikan putaran mesin. Putaran mesin yang optimal adalah 3000 rpm. Karena itulah jangan sampai terlalu tinggi atau terlalu rendah dari 3000 rpm. Menjaga putaran mesin tetap di titik 3000 rpm berhubungan dengan konsumsi bahan bakar. Anda bisa mengamati melalui tachometer yang ada di dashboard mobil. Tachometer adalah indikator untuk mengukur putaran mesin.

4. Atur Jarak Dengan Kendaraan di Depan

Bensin tidak akan efisien jika digunakan untuk rem, gas, rem dan gas berkali-kali pada selisih waktu yang terlalu cepat. Karena itu aturlah jarak antara mobil dengan kendaraan di depan anda. Jangan terlalu menempel. Mungkin anda bisa menjaga jarak sekitar dua meter. Kalau mengerem jangan mendadak dan kalau menambah kecepatan lakukan secara perlahan atau bertahap. Saran ini digunakan ketika anda terpaksa menghadapi kemacetan. Sebisa mungkin hindarilah kemacetan.

5. Penggunaan Gigi Yang Sesuai

Penggunaan gigi yang tepat termasuk ke cara menghemat bensin mobil manual. Efisiensi penggunaan bahan bakar bisa meningkat. Contohnya seperti menggunakan gigi rendah ketika melalui tanjakan. Kalau menggunakan gigi tinggi maka berpotensi membuat bahan bakar boros.

Sponsors Link

6. Perawatan Filter Udara

Merawat filter udara adalah metode perawatan yang termasuk cara menghemat bensin mobil manual. Bersihkan dari debu atau ganti jika sudah aus. Sebelum membersihkan, anda perlu membaca fungsi filter bahan bakar mobil secara umum dan cara membersihkan filter bahan bakar. Komponen ini sangat mempengaruhi irit tidaknya bensin. Proses pembakaran menggunakan udara dari luar mobil.

Udara yang membawa debu dan kotoran ini disaring oleh filter udara. Jika filter udara kotor, maka jumlah udara yang masuk akan berkurang yang berarti pasokan udara pun akan berkurang. Hal ini akan mengakibatkan mobil kurang bertenaga yang mengharuskan anda untuk menginjak pedal gas lebih dalam. Semakin dalam anda menginjak pedal gas maka semakin banyak pula bensin yang dikonsumsi.

7. Jangan Terlalu Membawa Banyak Beban

Jangan biasakan membawa beban yang berat ketika berkendara. Kecuali terpaksa. Mobil jadi susah melakukan percepatan. Entah itu menaruh beban di bagasi atau di atas atap mobil. Hambatan angin akan lebih besar jika ada beban di atap mobil dan itu berarti akan mengkonsumsi bensin lebih banyak.

Sponsors Link

8. Optimalkan Tekanan Ban

Tekanan ban yang optimal bisa menghemat bensin anda. Karena jika tekanan udaranya optimal, ban bisa berputar dengan sempurna karena tidak ada hambatan internal. Permukaan ban yang kontak langsung dengan jalan tidak berlebihan dan tidak terlalu kurang. Sehingga tenaganya pun ideal.

Demikian beberapa tips untuk menghemat bensin anda. Selain yang disebutkan di atas tadi, lakukan tune-up mobil anda secara berkala terutama busi dan koilnya. Bisa di bengkel dan bisa anda lakukan secara mandiri. Sebelum melakukan tune up secara mandiri, anda perlu tahu cara tune up sendiri agar konsumsi bahan bakar anda selalu terjaga. Jangan lupa juga gunakan oli sintesis agar bensin anda lebih hemat.

Penggunaan oli sintetis bisa menghemat bensin sekitar lima persen. Lakukan penggantian oli secara berkala. Ada beberapa sebab mobil boros bbm. Jika anda ingin membeli mobil, anda perlu memperhitungkan mobil cowok murahmobil keluarga murah, irit dan nyamanmobil anak muda murahmobil paling irit bbmmobil mpv paling irit dan mobil sedan paling irit tahun 90an agar jauh lebih hemat.

Sponsors Link
, , , ,