Sponsors Link

3 Cara Mengendalikan Kopling Agar Nyaman Saat Digunakan

Sponsors Link

Bagi sobat semua yang sudah sering mengemudikan mobil tentunya komponen mobil yang satu ini sudah tidak asing lagi ya sobat, karena memang pada umumnya setiap mobil yang memiliki transmisi manual sudah pasti memiliki komponen mobil yang satu ini, yaitu kopling.

ads

Adapun kopling ini memiliki perananan yang cukup penting baik itu kopling mobil maupun kopling motor. Namun pada kesempatan kali ini kita khusus akan membahas mengenai kopling mobil ya sobat semua. Adapun fungsi kopling mobil itu sendiri adalah komponen yang digunakan untuk menyambungkan kedua poros yang ada di dalam perangkat mobil.

Yaitu pada proses pemindahan daya dan poros penggerak, atau dari putaran mesin yang menuju ke arah transmisi. Nah sobat semua, itulah peranan penting komponen kopling ini dalam kendaraan transmisi manual anda. Namun sobat, dalam penggunaannya sering kali kopling dalam mobil kita terasa berat dan keras dan tidak nyaman ketika digunakan. jenis jenis kopling mobil juga wajib anda perhatikan ya sobat, karena untuk mendapatkan kenyamanan pastinya harus tau penggunaaannya yang baik seperti apa.

Hal ini tentunya akan membuat anda merasa tidak nyaman dan lelah serta membuat anda kaku karena kopling pada mobil anda tidak nyaman. Nah bagi sobat semua yang pernah merasakan hal seperti ini, berikut ini penulis akan memberikan tips bagi sobat semua tentang bagaimana cara mengendalikan kopling agar nyaman. Berikut ulasannya untuk anda.

1. Penggunaan Setengah Kopling

Cara mengendalikan kopling agar nyaman yang pertama ialah dengan menggunakan setengah kopling. Pada saat anda menggunakan kopling, sebaiknya menggunakannya jangan setengah kopling ya sobat, karena penggunaan setengah kopling ini akan membuat daya jepit pressure plate tidak maksimal. Dan sering kali menjadi penyebab kampas kopling mobil cepat habis karena penggunaannya yang kurang tepat.

Jika daya jepit pressure tidak maksimal, hal itu akan membuat daya jepit tersebut akan berkurang kea rah kapmas kopling, sehingga kana terjadi gesekan karena kampas kopling menahan beban mobil yang berat. Inilah salah satu penyebab tidak nyamannya kopling mobil anda sobat.

2. Kekurangan Minyak Rem

Sistem kopling mobil pada umumnya sudah menggunakan rangkaian hidrolik. Sehingga volume fluida hidrolik sangat berpengaruh pada sistem ini agar tidak terjadi masuk angin. Masuk angin adalah kondisi dimana sejumlah udara masuk di dalam saluran kopling hidrolik tersebut.

Hal ini kaan mengakibatkan koplingan akan ngempos karena sifat angin yang bisa mengecil volumenya atau kompresi sehingga udara di dalam saluran hidrolik akan menyerap tenaga dari pedal. Nah sobat semua disinilah peran minyak rem sebagai fluida.

Sehingga pada reservisor minyak rem menyalurkan minyak rem menuju kedua sistem ini, jadi apabila anda kekurangan minyak rem sudah barang tentu kopling anda juga akan berasa tidak nyaman ya sobat. Posisi minyak rem disini merupakan salah satu komponen kopling mobil yang cukup penting untuk menunjang akselerasi mobil tersebut.

Sponsors Link

3. Lakukan Penyetelan Celah Kopling yang Sesuai

Pada umumnya kondisi kopling pada saat terus menerus digunakan, posisinyan lama kelamaan pasti akan berubah. Untuk itu lakukanlah penyetelan secara berkala pada kopling mobil anda agar tetap nyaman ketika anda gunakan. Untuk menyetelnya, bisa dilakukan pada master silinder bawah dengan memutar mur penyetel kea rah yang tepat.

Sekian informasi yang penulis bagikan apda kesempatan kali ini ya sobat mengenai cara mengendalikan kopling agar nyaman. Semoga informasi tersebut bermanfaat bag sobat semua yang sudah membacanya. Sampai ketemu diartikel selanjutnya. Salam hangat selalu dari penulis.

Sponsors Link
, , , , ,




Oleh :
Kategori : Tips dan Trick