Sponsors Link

Cara Mengaktifkan Fitur Child Lock Ini Belum Banyak Orang Tahu

Sponsors Link

Sekarang ini, mobil merupakan salah satu kebutuhan yang sudah sangat diperlukan bagi setiap orang untuk menunjang semua kegiatan atau aktivitasnya setiap harinya.

ads

Bukan hanya berbicara mengenai penunjang aktivitas dalam bekerja saja, namun pada saat hang out dengan keluarga besar, maka akan menambah kenyamanan kita saat menggunakan mobil pribadi. Setuju ya sobat.

Pada saat kita bepergian dan juga turut serta membawa anggota keluarga yang sebut saja mempunyai anak kecil, maka tentunya akan  repot jika kita tidak menggunakan mobil sendiri.

Untuk itulah kebutuhan akan mobil MPV yang notabebenya dirancang khusus bagi keluarga, adalah salah satu jenis mobil yang paling banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. 

Dan yang perlu anda perhatikan adalah pada saat menggunakan mobil pribadi dan juga membawa serta anak anda ( terutama anak kecil ) pastikan anda mengaktifkan fitur child lock pada mobil anda untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, dan juga agar perjalanan anda safety terutama bagi anak anak anda. ketahui fitur di luar central lock bisa anda jadikan sebagai informasi tambahan.

Lantas, apasih fitur child lock tersebut dan bagaiman cara mengaktifkannya? Berikut ini penulis akan menyajikan ulasannya untuk anda.

1.Apa Itu Fitur Child Lock Tersebut?

Membawa anak kecil  pada saat melakukan perjalanan bukanlah perkara yang mudah, apalagi pada saat anak anak tersebut sudah mulai aktif pegang sana pegang sini.

Sehingga kita sebagai orang tua harus waspada akan hal seeprti ini, sehingga baik bagi anda untuk menggunakan fitur child lock pada mobil anda untuk menunjang keamanan dan juga keselamatan tentunya.

Fitur child lock tersebut merupakan fitur untuk mengunci pintu melalui tuas tambahan yang sudah dirancang dan disematkan pada mobil anda tersebut. 

Dan pada saat sudah diaktifkan, maka fitur child lock ini akan mengunci secara otomatis dan tidak akan bisa dibuka dari dalam kecuali anda menonaktifkan kembali fitur child lock tersebut.

Oleh karena perannya yang sangat penting tersebut, terutama saat anda membawa anak kecil berusia 2 tahun keatas, maka fitur child lock ini akan berperan menguranhi resiko celaka.

Oleh karena itu pula lah setiap mobil yang dikeluarkan oleh pabrikan Toyota, umumnya menggunakan fitur child lock ini untuk meningkatkan keselamatan penggunanya.

Dan pada saat fitur child lock ini tidak terpasang pada mobil anda, maka anda bisa memasangnya sendiri secara terlpisah di toko – toko otomotif tentunya, hal ini guna untuk mendukung keselamatan anda dan keluarga tercinta pada saat berkendara. tips agar mobil lebih ramah anak bisa anda jadikan sebagai informasi tambahan.

Sponsors Link

2. Bagaimana Cara Mengaktifkan Fitur Child Lock Tersebut?

Pada umumnya, mobil  yang sudah keluaran terbaru sudah menggunakan fitur child lock yang satu ini. Hal ini dikarenakan fitur child lock ini dirasa memberikan fungsi dan peranan yang cukup berkontribusi dalam meningkatkan keselamatan pengendarana anda. Berikut ini adalah cara menagtkifkan fitur child lock ini, belum banyak orang tau.

  • Pertama, buka pintu bagian belakang maka anda akan menemukan tuas bertanda lock, dan silahkan anda gerakkan tuas tersebut kearah dalam untuk mengunci.
  • Kedua, setelah anda melakukan langkah pertama maka secara otomatis penghuni kabin mobil anda pada baris kedua tidak akan bisa membuka pintu mobil dari sisi dalam, dan satu satunya cara untuk membuka pintu yang sudah diaktifkan fitur child lock tersebut adalah dar luar, atau harus menonaktifkan kembali fitur child lock tersebut.
  • Ketiga, untuk menonaktifkan kembali fitur child lock tersebut, maka silahkan anda menggeser tuas lock kearah luar, maka pintu belakang anda akan bisa dioperasikan kembali seperti semula, karena memang kondisinya fitur child lock tersebut sudah di nonaktifkan.

Pada umumnya, fitur child lock yang satu ini merupakan salah satu fitur atau piranti yang kecil dan tergolong sederhana, namun fitur ini sangat bermanfaat sekali bagi anda yang sering memboyong serta anak kecil ketika bepergian bersama keluarga tercinta. Oleh karena itu, untuk mendukung pengendaraan anda baiknya pasanglah fitur child lock ini.

3. Bagaimana Cara Pemasangan Fitur Child Lock Tersebut?

Jika memang di dalam mobil anda kebetulan tidak terpasang fitur child lock tersebut, namun demi menjaga safety pada saat berkendara, maka berikut cara pemasangan child lock tersebut dalam mobil anda.

Fitur yang satu ini umumnya erat kitannya dengan pedal rem pada mobil anda, karena saat kiat sudah menginjak pedal rem maka beberapa menit kemudian maka fitur ini akan kita aktifkan. 

Jumper atau potong kabel dan mengambil setrum kontrak, kabel ignition dan sambungkan pada kabel kuning modul, lalu sambungkan kabel setrum hitam merah di modul kabel hitam dan hubungkan dengan ground.

Setelah itu rangkailah kabel dari switch rem hijau stri kuning dengan kabel violet dan segeralah beralih kepintu untuk menyambungkan kabel child lock tersebut.

Terakhir, silahkan anda hubungkan kabel putih strip biru dengan kabel abu – abu, selesai deh. Namun baiknya pasanglah child lock tersebut di bengkel resmi agar hasilnya maksimal.

Sponsors Link

Sekian ulasan mengenai fitur child lock tersebut yang bisa penulis sajikan untuk sobat semua. Semoga bermanfaat untuk anda. Kenali masalah yang terjadi pada mobil anda terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mencoba cara yang penulis berikan. Sampai jumpa, salam hangat dari penulis.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Tips dan Trick