Sponsors Link

6 Cara Mencegah Tikus Bersarang di Ruang Mesin Mobil

Sponsors Link

Sobat sema pemiliki kendaraan roda empat atau mobil tentunya mengerti dan memahami ya sobat bahwasanya ruang mesin mobil memiliki suhu yang hangat. Oleh  karena hal tersebutlah sering kali ada beberapa hewan yang mencoba untuk masuk ke daerah atau ruang mesin tersebut untuk menghangatkan badannya dan untuk tempat berlindungnya. Sebut saja seperti tikus.

ads

Ada begitu banyak pemilik mobil yang mengeluhkan hal tersebut. Hal ini tentunya akan berpotensi mengundang masalah baut terhadap keamanan mobil anda. Sebut saja seperti sistem kabelan dalam mobil anda, tentunya hal kabel ini akan menjadi incaran para tikus tersebut.

Selain  berbahaya bagi kabel dalam ruang mesin mobil anda sobat, tentunya hal ini juga berpengaruh terhadap kinerja mobil anda secara keseluruhan nantinya. Karena tentunya sistem kabel pada ruang mesin anda akan berpengaruh juga pada performa mesin anda nantinya.

Selain itu sobat, yang paling menyebalkan lagi, tikus-tikus tersebut sering kali meninggalkan jejak berupa kotoran yang masih ada pada ruang mesin sehingga menyebabkan bau yang menyengat dari kotoran tikus tersebut.

Nah sobat semua, untuk mengantisipasi hal tersebut, maka ada baiknya anda mengetahui bagaimana cara mencegah tikus bersarang di ruang mesin mobil anda. Yuk sobat, langsung saja kita simak ulasan berikut ini dengan seksama. Cekidot

1. Panaskan Mesin Mobil

Cara yang pertama adalah dengan memanaskan komponen mesin mobil. Jika sobat semua memiliki mobil yang jarang digunakan, maka jangan lupa untuk selalu memanaskan mobil tersebut setiap harinya. Cukup panaskan 5 sampai dengan 8 menit. Dengan panasnya suhu mobil tersebut, maka akan membaut tikus enggan untuk naik ke kap mobil apalagi masuk ke ruang mesin dan bersarang di dalamnya.

2. Taruh Perangkap Tikus Pada Mobil

Cara yang kedua adalah dengan menaruh perangkap tikus pada ruang mesin mobil anda. Untuk menghindari tikus tersebut masuk ke ruang mesin mobil anda. Perangkap tikus tersebut bisa beruap penjepit tikus atau bisa juga berupa lem tikus.

Tarulah sedikit makanan yang disukai tikus, seperti ikan asin misalnya untuk memancing tikus tersebut masuk kedalam perangkap.  Namun sebaiknya jangan menaruh racun tikus pada mobil anda karena anda tidak akan tau dimana tikus tersebut mati yang bisa saja membusuk di mobil anda sehingga aroma mobil anda menjadi bau.

3. Taruh Benda yang Beraroma Tak Sedap

Cara yang ketiga adalah dengan memberi benda yang beraroma tak sedap pada ruang mesin mobil anda. Pada umumnya, ada beberapa bebauan yang tidak disukai oleh tikus yang banyak dijual di toko pembasmi hama. Untuk informasi saja nih sobat buat anda, tikus tidak suka dengan aroma peppermint, rambut kucing dan juga rambut anjing.

Anda bisa menempatkan bebauan ini pada mesin mobil anda, agar tikus tersebut enggan datang atau menyelinap apda ruang mesin mobil anda. Anda juga bisa menebarkan kapur barus pada kap mobil anda, agar tikus tersebut enggan datang ke mesin mobil anda. Jika tidak segera ditangani, kap mobil berasap tidak bisa dihindari.

Sponsors Link

4. Tutup Akses Masuk

Cara yang keempat  adalah dengan menutup akses masuk tikus tersebut. Jika mobil anda berada pada area atau garasi yang tertutup, maka sebaiknya anda lakukan penutupan akses tikus tersebut masuk kedalam garasi mobil anda. Pastikan pintu garasi tersebut tertutup rapat terutama pada saat malam hari, karena pada umumnya tikus-tikus tersebut akan masuk ke garasi dan bagian bawah mobil anda adalah pada saat malam hari.

Namun, jika garasi mobil anda berada pada area yang terbuka, usahakan anda menutup jalur masuknya tikus tersebut dengan menebar kapur barus atau bisa juga menggunakan pestisida yang aman bagi lingkungan, sehingga tidak akan membahayakan lingkungan. Pastikan anda menyeprot secara rata pada sekitar mobil anda secara keseluruhan.

5. Jaga Kebersihan Ruang Mesin

Cara yang kelima adalah dengan menjaga kebersihan ruang mesin kendaraan anda. Kebersihan ruangan mesin anda merupakan salah satu hal yang tidak boleh anda lewatkan. Karena pada umumnya tikus sangat menyukai daerah yang kotor.

Tikus pada umumnya akan datang ke tempat yang kurang terjaga kebersihannya, untuk itu anda harus memastikan mobil anda secara keseluruhan harus bersih dan jangan suka menyimpan makana dalam mobil. Hal ini juga yang kerap mengundang tikus untuk masuk kedalam ruang mesin mobil anda.

6. Pasang Alat Ultrasonik Pengusir Tikus

Cara yang keenam adalah dengan memasang alat ultrasonic pengusir tikus pada mobil anda. Jika anda merasa tikus yang menyerang mobil anda secara keseluruhan,sebut saja seperti sudah terlalau sering menggigit kabel atau meninggalkan kotoran dalam mobil anda, maka anda bisa memasang pengusir tikus ultrasonik ini dalam mobil anda. Alat ini akan bekerja untuk mengeluarkan suara yang bisa menggangu tikus tersebut, sehingga akan takut dan enggan untuk menyelinap kedalam mesin mobil anda.

Sponsors Link

Nah sobat semua, kini anda sudah mengetahui bagaiamana cara mencegah tikus bersarang di ruang mesin mobil anda. Semoga ulasan tersebut bisa bermanfaat bagi anda yang sudah berkunjung dan membacanya. Sampai jumpa di ulasan selanjutnya. Jangan lupa kenali terlebih dahulu kerusakan pada mobil anda, sebelum mencoba tips yang penulis berikan. Salam hangat selalu.

Sponsors Link
, , , ,




Oleh :
Kategori : Tips dan Trick