Sponsors Link

Cara Aman Cuci Karburator Mobil Paling Lengkap

Sponsors Link

Masing masing komponen yang terdapat dalam mobil kita tentunya memiliki tugas dan peranan tersendiri yang tentunya berbeda dengan komponen atau piranti yang lainnya yang terdapat dalam mobil anda. Hal ini sudah dirancang dari pabrikanya untuk mendukung atau menciptakan performa kendaraan tersebut secara keseluruhan. 

ads

Dan salah satu komponen atau piranti tersebut adalah seperti piranti karburator yang terdapat dalam mobil anda. komponen karburator mobil sendiri merupakan salah satu komponen yang memiliki fungsi vital dalam kendaraan anda dan fungsi dari karburator pada mobil tersebut disesuaikan dengan komponen yang lain ada secara satu kesatuan dalam karburator tersebut.

Dan untuk ulasan selengkapnya mengenai karburator tersebut, berikut ini penulis akan menyajikan ulasannya untuk anda. Yuk sobat, langsung saja kita simak ulasan berikut ini. Cekidot.

1.Apa Saja Fungsi Karburator Tersebut Pada Mobil Anda?

Adapun beberapa fungsi dan peranan karburator tersebut dalam mobil anda antara lain adalah sebagai berikut  :

  • Sebagai piranti yang bertugas untuk mengatur udara dan juga bahan bakar kedalam saluran isap dalam mobil anda.
  • Sebagai piranti yang bertugas untuk mengatur perbandingan bahan bakar udara pada beban kecepartan.
  • Sebagai piranti yang bertugas untuk mencampurkan bahan bakar dengan udara. Campuran bahan bakar gas dan udara 1 gram : 15 gram udara.
  • Sebagai piranti yang bertugas untuk mengubah bahan bakar menjadi gas sesuai dengan peruntukannya.

Itulah beberapa fungsi dan peranan piranti karburator tersebut dalam mobil anda. Sangat penting bukan sobat? Dan untuk menjalankan fungsinya yang sangat penting tersebut, tentunya ada beberapa komponen yang terdapat dalam karburator tersebut yang masing masing dari setiap komponen memiliki fungsi dan peranannya masing-masing.

Berikut ini adalah beberapa komponen yang menjadi satu kesatuan dari karburator tersebut.

2. Apa Saja Komponen Parburator Pada Mobil Anda?

Beberapa jenis komponen karburator tersebut antara lain adalah sebagai berikut :

  • Float chamber
  • Floating
  • Pin float
  • Housing nadle valev
  • Needle valve
  • Air bleder
  • Main jet primer

Itulah beberapa komponen yang terdapat dalam karburator tersebut, yang mana masing masing dari komponen tersebut memiliki fungsinya tersendiri dan saling berkaitan satu dengan yang lainnya. masalah sistem karburator memang wajib diketahui dan bisa anda jadikan sebagai informasi tambahan.

Sponsors Link

Sebut saja seperti float chamber yakni yang berperan sebagai penampungan  dan tempat persediaan sebagai tempat yang bersifat sementara.

Kemudian ada juga floating yang  biasa disebut dengan pelampung. Alat ini digunakan sebagai pembatas jumlah bahan bakar yang masuk ke dalam floating chumber. 

Dan juga komponen pin float yang bertugas untuk mengunci pelampung agar tidak terlepas dari dudukannya. Sehingga demikian, maka akan tercipta keterkaitan diantara komponen tersebut yang saling bersinergi antara komponen yang satu dan yang lainnya.

Oleh karena pentingnya fungsi dan peranan karburator tersebut dalam mobil anda, maka anda sebagai pemilik kendaraan diwajibkan untuk melakukan perawatan dan pengecekan secara berkala untuk memastikan fungsi dan peranan karburator tersebut tetap stabil.

Dan salah satu perawatan yang bisa anda lakukan adalah dengan mencuci karburator tersebut. Lantas, bagaimana cara aman cuci karburator mobil tersebut? Berikut ini penulis akan menyajikan ulasannya untuk anda. Cekidot

3. Cara Aman Cuci Karburator Mobil

Berikut ini adalah pedoman untuk anda agar bisa mencuci karburator tersebut dengan aman, antara lain adalah sebagai berikut :

  • Hal yang harus anda perhatikan sebelum mencuci karburator mobil tersebut adalah dengan memperhatikan posisi kabel kutub negative dari aki, pastikan dalam keadaan terbuka.
  • Tutuplah terlebih dahulu saringan udara atau filter udara dan juga rumahannya.
  • Saat membuknya, baiknya anda perhatikan kondisinya secara detail, dan bila perlu silahkan anda  foto untuk melakukan perbandingan dengan hasil yang anda lakukan nantinya. Buka selang bahan bakar dan selang yang lainnya yang terhubungan dengan karburator tersebut dan silahkan membuka baut dari karburatir tersebut secara satu persatu.
  • Bukalah dan preteli bagian bagian karburator yang akan dibersihkan tersebut. Dan pastikan anda mengingat semua posisi posisi dari setiap bagian yang anda lepas tersebut.
  •  Bersihkan semua bagian yang sudah anda pretelin tersebut satu  persatu. Gunakan kuas dan bensin atau sebaiknya semprot dengan menggunakan karburator cleaner agar kotoran yang membandel bisa langsung terangat.
  • Setelah itu, bersihkan dengan cara menyemprot menggunakan angin kompresor ke seluruh sela sela dan lubang – lubang dari sudur karburator tersebut. Namun lakukan hal ini dengan cara berhari – hari dan jangan terlalu keras.
  • Setelah anda merasa semua bagian – bagian yang anda copot tersebut sudah bersih secara keseluruhan, dan sudah kering maka anda bisa merakitnya kembali sesuai dengan yang seharusnya sperti pada saat tadi anda mencopotnya pada mobil anda, dan lakukan hal  ini secara perlahan agar hasilnya bisa seperti semula.
Sponsors Link

Demikian ulasan yang bisa  penulis sajikan untuk anda pada ulasan kali ini. Semoga ulasan  ini bisa bermanfaat untuk anda yang sudah berkunjung dan membaca postingan ini. Kenali masalah yang terjadi pada mobil anda sebelum memutuskan untuk mencoba cara yang penulis berikan. Sampai jumpa di ulasan selanjutnya. Salam hangat selalu dari penulis.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Tips dan Trick