Sponsors Link

5 Cara Aman Berkendara di Tanjakan Agar Tidak Mundur Paling Mudah dan Aman

Sponsors Link

Jika berbicara mengenai keamanan dan keselamatan dalam berkendara, tentunya hal tersebut adalah sesuatu yang sangat penting untuk kita perhatikan dan lakukan ya sobat. Nah sobat semua, pada kesempatan kali ini, penulis akan membahas seputar otomotif yang topik pembahasannya adalah mengenai cara aman berkendara ditanjakan agar tidak mundur. Sebagai referensi bagi anda yang ingin membeli mobil, jenis mobil yang kuat di tanjakan bisa anda jadikan sebagai salah satu pilihan.

ads

Nah buat sobat semua yang sering mengalami hal tersebut, ada baikya sobat semua menyimak ulasan berikut ini agr pengetahuan anda mengetahui cara aman tersebut. Yuk sobat semua mari kita simak dengan seksama. Seperti lagu yang berbunyi “ naik –  naik kepuncak gunung, tinggi –  tinggi sekali”. Nah sobat semua tentunya lagu anak –  anak yang satu ini sudah melekat dibenak kita semua ya.

Begitupun hal nya pada saat kita mengemudikan kendaraan roda empat atau mobil kita pada tanjakan atau puncak jalanan tentunya kita sangat was – was apakah mobil kita bisa mendakinya atau malah sebaliknya mundur. Jika mobil kita tidak bisa melewatinya dan malah sebaliknya mundur kebelakang tentunya akan membuat sleuruh penumpang mobil akan panik ya sobat, selain itu keselamatan pengendara yang ada di belakang anda juga tentunya akan menjadi tanggung jawab kita.

Nah sobat semua, pada kesempatan kali ini penulis akan membagikan tips atau cara  aman berkendara di tanjakan agar tidak mundur. Tips sini tentunya sangat penting untuk kita ketahui bersama apalagi khususnya bagi para pengemudi pemula, harus mengerti dan memahami tips atau cara ini untuk menjamin keselamatan perjalanan anda ya sobat. Nah anda bisa menggunakannya sebagai tips berkendara jarak jauh yang aman dan nyaman.

Karena pada umumnya berkendara di jalanan datar atau jalanan biasa sangatlah jauh berbeda dengan jalanan yang penuh dengan tanjakan, terlebih lagi jalanan tersebut macet, nah sobat keadaan seperti ini tentunya membutuhkan kehandalan dan skill dari si pengemudinya tentunya untuk bia melewati jalanan tersebut. Berikut ini cara aman berkendara ditanjakan agar tidak mundur. Yuk sobat, mari kita simak dengan seksama.

1. Memperhitungkan Kemiringan Jalanan

Cara pertama, sesaat anda mulai memasuki jalanan yang menanjak, pertama sekali perlu memperhitungkan kemiringan dari jalanan yang ada. Jika jalanan tersebut tidak terlalu curam, maka anda bisa tetap mengendarai  mobil dengan tetap memposisikan gigi pada gigi 2 dan 3. Namun apabila jalanan yang akan dilalui sudah terlihat kemirinagn yang cukup curam maka sebaiknya gunakanlah gigi 1 agar mobil anda tidak mundur ya sobat.

2. Tindakan Saat Terjadi Kemacetan

Cara  kedua, apabila pada saat berada di jalan tanjakan terjadi kemacetan maka perlu dilakukan pengereman dengan tiga cara, yakini :

  • Menggunakan rem tangan. Pahami betul cara menyetel rem tangan mobil agar saat anda menggunakan tidak kaku dan nyaman.
  • Diikuti dengan rem kaki.
  • Memastikan menggunakan setengah kopling.

Tetapi sebelum melakukan hal tersebut, anda harus terlebih dahulu paham betul cara penggunaanya ya sobat.

3. Manfaatkan Rem Tangan Sebagai Back Up

Cara yang ketiga agar mobil anda tidak mundur pada saat berkendara ditanjakan yang berikutnya adalah dengan bisa melakukan pengereman dengan menggunakan rem tangan dan hal ini dapat dilakukan pada saat kemacetan sangat panjang sehingga memungkinkan mobil anda akan berhenti lama.

Sponsors Link

Apabila anda akan melakukan metode ini, pastikan untuk emnarik terlebih dahulu rem rem tangan baru memindahkan gigi pada posisi netral dan pada saat jalanan mulai lancar amka pindahkan ke gigi 1 kemudian menekan pedal gas serta melepaskan kopling mobil secara perlahan, kemudian langkah yang terakhir anda tinggal melepaskan handle rem atau rem tangan.

4. Pengereman Menggunakan Kaki Sesuai Kebutuhan

Cara yang ke empat adalah melakukan pengereman dengan menggunakan kaki. Pengereman seperti ini dapat anda lakukan pada saat mobil anda berhenti tidak terlalu lama dan agar mobil anda tidak mundur pada saat anda berada dijalanan yang menanjak tersebut, cara penggunaan rem seperti ini adalah dengan cara menekan secara perlahan pedal kopling bersamaan dengan menekan pedal rem.

Pada saat mobil anda ingin dijalankan, maka bisa dengan melepaskan kaki dari pedal rem terlebih dahulu secara perlahan, baru setelah itu injaklah pedal gas dengan diikuti melepas pedal kopling juga tentunya. Lakukan dengan menggunakan perkiraan yang tepat ya sobat. Karena bagi pemula pasti akan merasakan kesulitan.

5. Lakukan Pengereman Setengah Kopling

Cara yang terakhir yang bisa anda lalukan terkait cara aman berkendara ditanjakan agar tidak mundur yang berikutnya adalah dengan melakukan rem mobil setengah kopling. Pengereman setengah kopling disini maksudnya adalah saat mobil anda berhenti dalam waktu singkat, maka anda dapat mengkombinasikan antara pedal gas dengan pedal kopling. Setelah itu, barulah anda menyesuaikannya saat menginjak kedua pedal tersebut agar tidak terjadi kesalahan.

Sponsors Link

Nah sobat semua cara aman berkendara ditanjakan agar tidak mundur seperti ke enam rips yang sudah penulis bagikan di atas tetunya tidaklah mudah untuk dilakukan oleh setiap pengemudi, terutama bagi pengemudi pemula. Namun tidak ada kata sussah dan tidak ada kata tidak bisa apabila anda mau belajar dan berusaha ya sobat. Seiring dengan selalu berlatih dan adanya rasa keingin tahuan dari anda maka hal tersebut tentunya bisa saja anda taklukan dengan baik.

Oke sobat semua yang terkasih, sekian informasi mengenai cara aman berkendara ditanjakan agar tidak mundur yang bisa penulis share pada kesempatan kali ini. Terima kasih bagi sobat semua yang sudah meluangkan waktunya untuk membaca artikel ini. Sampai jumpa di lain kesempatan.

Sponsors Link
, , , , ,




Oleh :
Kategori : Tips dan Trick