Sponsors Link

3 Cara Memperbaiki Body Mobil Keropos yang Terampuh

Sponsors Link

Body mobil yang keropos tentu tidak enak untuk dipandang. Ini menimbulkan berbagai macam kesan buruk seperti mobil yang kurang perawatan, pemilik yang tidak peduli pada mobilnya sendiri, mobil kotor dan berbagai persepsi negatif lainnya. Selain itu, dampak negatif jika membiarkan body mobil yang keropos nanti akan menular ke bagian lain. Sehingga penampilan dan kinerja mobil terganggu.

ads

Body mobil yang keropos disebabkan oleh beberapa hal. Seperti adanya garam yang mengenai body mobil. Bisa juga karena air yang tergenang di body mobil pada waktu yang lama dan tidak kunjung kering dan pada akhirnya terjadilah proses korosi yang mengakibatkan keroposnya body mobil. Ini sering terjadi ketika musim hujan. Garam, pasir dan air sering kali membuat body mobil keropos.

Meski body mobil sudah menggunakan teknologi anti karat atau undercoat. Kadang kala teknologi itu kalah karena garam, pasir dan air lebih kuat. Perawatan mobil dari kekeroposan harus lebih intesif jika mobil anda sering digunakan di daerah berkadar garam yang cukup banyak seperti di laut. Berikut cara memperbaiki body mobil keropos.

  • Menggunakan Epoxy Untuk Area Keropos Kecil

Cara memperbaiki body mobil keropos yang area keroposnya kecil, solusinya terbilang cukup mudah. Yaitu dengan amplas dan epoxy mobil. Pertama gunakan amplas untuk menghaluskan body mobil. Setelah benar-benar halus, gunakan epoxy mobil untuk menghilangkan keroposnya. Epoxy mobil juga bermanfaat untuk mencegah dan mengurangi risiko karat di masa depan. Harga epoxy mobil cukup murah. Anda bisa mendapatkannya kira-kira paling mahal Rp 80000. Jangan sampai salah pilih ketika membeli. Karena ada juga epoxy untuk lantai. Gunakan alat repair body mobil.

Di tahap ini, jangan terburu-buru menyimpulkan bahwa area keroposnya kecil. Periksalah dulu apakah keropos hanya melanda permukaan saja atau mencapai bagian dalam. Jangan sampai anda salah mengira bahwa keroposnya hanya mencakup area kecil, tapi aslinya sampai menyentuh bagian dalam.

  • Proses Pendempulan Untuk Area Keropos Besar

Cara memperbaiki body mobil keropos jika area keroposnya besar, maka solusinya cukup susah. Tahap pertama cara memperbaiki body mobil keropos besar adalah pengamplasan. Tujuannya untuk meratakan dan menghaluskan permukaan body mobil yang keropos. Ketika semua sudah halus, lanjutkan ke proses pengelapan menggunakan degreaser untuk membersihkan sisa serpihan.

Gunakan epoxy primer surfaces agar tekstur ratanya lebih maksimal. Kalau titik keroposnya terlalu parah dan dalam, lakukan pendempulan yang bertujuan untuk menambal beberapa bagian yang keropos agar permukaannya rata dan bagus Kemudian lakukan pengamplasan lagi seteleh didempul supaya permukaan hasil kerja lebih halus ketika disentuh. Kemudian, pada tahap akhir, lakukan pengecatan ulang agar hasilnya menjadi seperti baru lagi.

Tapi jika area keroposnya lebih parah dari besar, maka anda perlu cara memperbaiki body mobil keropos yang berbeda dari proses yang sebelumnya. Maka gunakan plat mobil untuk menutupnya. Mendapatkan plat mobil sangat mudah karena dijual secara bebas. Meskipun begitu, anda juga harus teliti dalam memeriksa kondisi fisik plat mobil. Pastikan kualitasnya bagus dan cocok dengan biaya anda.

Sponsors Link

  • Teknik Penggunaan Panel

Cara memperbaiki body mobil keropos dengan teknik penggunaan panel cocok digunakan untuk anda bagi kolektor atau pemilik mobil tua. Untuk menggunakan teknik ini, perlu ketelitian yang lebih dan tidak boleh ngawur karena dikhawatirkan kondisinya malah jelek. Tahap awal teknik penggunaan panel ini tentukan bagian mana yang perlu diperbaiki dulu. Gunakan thinner atau degreaser untuk membantu kerja anda. Setelah itu amplaslah dengan scotch brite agar hasil di antara permukaan cat dan body mobil bisa melekat dengan baik.

Karena proses penggantian panel plat mengakibatkan warna catnya lebih kusam sehingga tidak menarik untuk dilihat. Gunakan primer agar panel plat yang telah dipasang sama warnanya dengan warna cat mobil. Bagian yang cocok dipasangi panel biasanya berada di pintu bagian bawah karena di situlah bagian yang sering kena kotoran dan air ketika musim hujan tiba.

Sponsors Link

Demikian informasi tentang cara memperbaiki body mobil keropos. Agar body mobil anda selalu tampak bersih dan sehat, jagalah kebersihan dan rutinlah dalam melakukan perawatan body mobil. Maka body mobil akan bebas karat, awet dan tahan lama. Bersihkan setelah selesai digunakan. Apalagi setelah terkena air dan garam. Apalagi ketika musim hujan. Kotoran yang menempel di mobil karena cipratan air akan mengakibatkan karat dan keropos jika dibiarkan dalam waktu lama. Jangan lupa terapkan ilmu tentang cara mengkilapkan mobil dengan kit dan cara coating mobil sendiri. Untuk memperbaiki bumper rusak, maka anda perlu tahu cara memperbaiki bumper mobil.

Penampilan mobil ditentukan oleh body mobil. Jika dirawat, berkilau dan bersih, maka orang akan terpukau pada mobil anda. Begitu pun sebaliknya. Jika kita membiarkan masalah atau membiarkan kotoran yang menempel di body mobil, maka kesannya mobil menjadi kurang terawat. Mungkin anda pernah merasakan body mobil bergetar. Ada juga masalah lain seperti penyok dan ditumbuhi jamur. Maka solusinya cara memperbaiki body mobil yang penyok dan cara menghilangkan jamur pada body mobil. Ada juga noda air dan cat yang retak. Maka anda perlu tahu cara menghilangkan noda air pada body mobil dan cara memperbaiki cat mobil.

Sponsors Link
, , ,