Sponsors Link

Yang Harus Diperhatikan Saat Membersihkan Mesin Mobil

Sponsors Link

Kebersihan mobil juga tidak hanya pada bagian eksterior ataupun interior mobil saja misalnya menjaga kebersihan karpet mobil saat musim hujan, pada bagian mobil juga perlu mendapatkan perhatian. Hal ini karena mesin menjadi salah satu pusat kinerja mobil sehingga membutuhkan perhatian yang khusus.

ads

Mesin mobil kotor sangat beresiko karat dan pastinya membahaykan saat dikendarai. Biasanya mesin mobil yang kotor disebabkan oleh tetesan oli, panas mesin, ditambah dengan menempelnya debu pada mesin yang tertetes oli tersebut dan lain lain. Beberapa hal yang dapat menjadi alasan kenapa kebersihan mesin mobil mejadi hal yang paling penting dan perlu mendapatkan perhatian khusus. Dan berikut adalah alasannya beberapa diantaranya :

  • Mencegah terhambatnya pelepasan panas atau koil panas yang ada pada mesin akibat kotoran kotoran yang menumpuk seperti tetesan oli atau debu pada komponen mesin, radiator mesin dan AC dan lain sebagainya.
  • Dapat mencegah resiko terjadnya aus pada bagian bagian komponen mesin yang terbuka. Komponen mesin tersebut seperti ACG, dinamo, balt AC, power steering dan lain sebagainya.
  • Meringankan kerja kipas pada radiator mesin dan pendingin udara untuk mencegah penyebab AC mobil panas.
  • Menjaga kondisi konektor listrik agar tetap bekerja dengan maksimal karena tidak ada kotoran yang dapat mengambat di dalamnya.

Nah, setelah mengetahui bahwa kebersihan tidak hanya pada ekstrior maupun interior mobil saja, akan tetapi kebersihan juga harus dijaga pada kebersihan mesin mobil. Hal ini menjadi salah satu hal yang cukup penting dalam menjaga performa mobil . Berikut akan dijelaskan mengenai cara cara yang baik untuk mencuci mesin mobil anda.

Pembersih mesin mobil

Tentunya mencuci mesin mobil berbeda dengan bagian bodi mobil, bahkan pembersih yang digunakan juga berbeda. Jenis pembersih yang digunakan untuk mencuci mesin ada dua jenis, yaitu :

  • Engine clean, yaitu salah satu jenis wiper pada mobil dan pembersih mesin mobil yang digunakan pada kotoran kotoran yang cukup melekat pada mesin mobil.
  • Engine dressing, yaitu salah satu jenis pembersih yang digunakan untuk mengembalikan warna komponen mesin mobil.

Selain pembersih diatas, beberapa pembersih lainnya yang bisa digunakan oleh banyak orang untuk membersihkan mesin mobil antara lain adalah :

1. Minyak tanah atau engine degreaser

Beberapa orang sebenanrnya labih banyak menggunakan solar untuk cairan pembersih mesin mobil, namun karena sifat solar yang mudah terbakar sehingga lebih baik bila menggunakan minyak tanah untuk membersihkan mesin mobil. Minyak tanah juga memiliki harga yang jauh lebih murah bila dibandingkan dengan cara merawat mobil berbahan bakar solar . Untuk engine degreaser, biasanya pembersih ini dijual dalam bentuk kaleng kaleng aerosol. Untuk harga lebih mahal bila dibandingkan dengan minyak tanah.

Sponsors Link

2. Belt dreaser

Pembersih ini berupa cairan khusus yang dapat digunakan pada semua jeni rubber belt seperti water pump, AC, altenator dan lain sebagainya. Pembersih ini biasanya dijual dalam bentuk kaleng aerosol.

3. Sabun colek

Sabun colek digunakan sebagai pembersih mesin mobil karena kekuatannya yang dapat membersihkan noda noda yang melekat sekalipun.

4. Cairan silikon

Pembersih ini digunakan untuk menjaga kelenturan komponen yang berbahan karet atau PU, semisal pada karet damper, karet kap mesin dan lain sebagainya.

5. Grease

Kebanyakan orang menyebutnya dengan gemuk. Pembersih inimerupakan pelumas yang berbentuk seperti pasta.

Kemudian proses pencucian mesin obil sama dengan cara proses pencucian bodi mobil. Hanya pada proses pencucian mesin mobil membutuhkan ketelitian dan tenaga ekstra. Berikut ini adlaha hal hal yang perlu diperhatikan saat membersihkan mesin mobil, antara lain :

  • Perhatikan sela sela mesin mobil, hal ini dilakukan dengan tujuan agar air yang digunakan untuk proses pencucia tidak masuk kedalam mesin mobil atau karburator. Hal ini dapat membuat mesin mobil akan mengalami permasalahan yang cukup serius karena di dalam mesin oli tercampur dengan air dan hal inilah yang menyebabkan mesin mengalami kerusakan yang cukup serius.
Sponsors Link

  • Perhatikan kabel yang terhubung ke mesin mobil, hal yang kedua yang perlu diperhatikan dalam proses pembersihan mesin mobil adalah dengan memperhatikan kabel kabel yang terhubung ke mesin. Dengan memperhatikan kabel tersebut maka kita dapat meminimalisir terjadinya kerusakan yang diakibatkan oleh kabel yang terlepas pada saat proses pembersihan mobil dilakukan. Atau pada saat anda mencopot kabel tersebut anda dapat menghubungkannya kembali dengan benar dan tepat.
  • Perhatikan selang yang terhubung ke mesin, berikutnya adalah dengan cara memperhatikan selang yang terhubung ke mesin mobil misalnya selang bahan bakar dan lain sebagainya. Dengan memperhatikan selang yang terhubung ke msein mobil kita dapat meminimalisir kerusakan yang terjadi pada mesin yang diakibatkan oleh selang yang terlepas tersebut. Selain itu kita juga bisa mencegah terjadinya kerusakan yang diakibatkan oleh selang yang putus atau rapuh kita dapat menggantinya dengan yang baik.

Demikian artikel yang dapat saya ulas kali ini mengenai hal yang dapat diperhatikan saat melakukan pembersihan mesin mobil. Dan lebih baik lagi jika anda membawa mobil anda ketempat pembersihan mesin mobil yang ditangani langsung oleh ahlinya sehingga anda dapat meminimalisir kerusakan yang dapat terjadi pada mesin mobil anda.

Sponsors Link
, , , , ,




Oleh :
Kategori : Perawatan