Sponsors Link

6 Perawatan Mobil Matic Honda Yang Perlu Dilakukan Rutin

Sponsors Link

Honda adalah salah satu merk mobil ternama yang ada di Indonesia. Ada beragam produk-produk mobil andalan Honda yang mana cukup laris di pasaran. Dari sekian banyak jenis mobil yang dikeluarkan, rata-rata mobil matic Honda memang menjadi incaran banyak konsumen di Indonesia. Bahkan penjualan mobil matic Honda dapat dikatakan cukup tinggi diantara pesaing-pesaing lainnya. Tak heran jika banyak sekali konsumen yang memilih mobil matic Honda sebagai pilihan untuk berkendara.

ads

Namun sama halnya dengan mobil lainnya, mobil-mobil matic Honda tentunya membutuhkan  cara perawatan mobil matic yang tepat. Tentu saja perawatan yang dilakukan berbeda dengan mobil manual Honda lainnya. Untuk itu dibutuhkan perawatan yang lebih intensif dan khusus untuk menunjang kenyamanan dan keamanan dalam berkendara. Mobil yang tidak nyaman tentu saja nantinya akan membahayakan keselamatan pengemudi. Lalu bagaimana cara perawatan mobil matic Honda yang tepat? Berikut ini langkah-langkahnya.

1. Penggantian Oli Mobil Rutin

Sama halnya dengan mobil matic lainnya, mobil honda matic juga membutuhkan penggantian oli secara berkala. Biasanya kurun waktu penggantian sudah ditentukan oleh bengkel Honda sendiri. Namun rata-rata penggantian dilakukan pada jarak 20.000-25.000 km. Dengan rutin melakukan penggantian oli, maka tentu saja komponen mesin mobil anda akan terlumasi sempurna. Sehingga menyebabkan akselerasi mobil maksimal serta ringan digunakan ketika berkendara.

Sistem transmisi otomatis akan sangat bertumpu dalam sistem hidrolis yang mana membutuhkan oli sebagai sebagai sebuah media penyalur tekanan. Sehingga penting untuk menggunakan oli mobil terbaik dan berkualitas. Dibandingkan dengan sistem transmisi manual, oli pada sistem transmisi otomatis memiliki kerja yang lebih berat dibandingkan dengan transmisi manual. Sehingga penting untuk memperhatikan kualitas dari oli transmisi sehingga menghindari terjadinya slip kopling yang mana berakibat pada efisiensi penggunaan bahan bakar.

2. Servis Berkala

Tak hanya penggantian oli saja yang harus rutin dilakukan, sebagai pemilik mobil matic penting untuk melakukan service mobil secara berkala. Service mobil ini dapat anda lakukan di bengkel-bengkel Honda resmi sesuai dengan buku panduan manual yang tertera.

Service ini memiliki tujuan untuk melakukan pengecekan secara menyeluruh pada komponen-komponen mobil anda. Sehingga jika nantinya ada kerusakan, dapat langsung tertangani dengan baik. Sehingga hal ini akan mencegah resiko-resiko yang cukup fatal yang bisa saja terjadi. Bayangkan saja jika anda tidak melakukan pengecekan rutin, anda tidak mengetahui permasalahan yang terjadi pada mobil anda.

Sponsors Link

3. Teliti Dalam Menggunakan Persneling

Perawatan mobil Honda matic lainnya yang bisa anda lakukan adalah dengan memperhatikan penggunaan persneling. Sebagai pemilik mobil matic, penting untuk memahami mengenai beberapa hal yang perlu anda hindari ketika menggunakan persneling. Yang pertama, hindari menggunakan persneling P saat mobil matic anda sedang berhenti. Jika anda melakukan kebiasaan ini terus menerus, maka akan menyebabkan terjadinya kerusakan pada persneling mobil matic anda.

ads

Selain itu perhatikan pula  posisi persneling ketika anda sedang memarkirkan mobil matic anda. Hindari penggunaan persneling D saat memarkirkan kendaraan. Menggunakan persneling D saat memarkirkan kendaraan hanya membuat kerusakan pada mobil matic anda. Sehingga gunakan persneling pada posisi P saat memarkirkan kendaraan.

4. Rutin Mengecek Peforma Mobil

Sangat penting untuk melakukan pengecekan pada peforma mobil anda secara rutin. Hal ini bisa anda lakukan dengan cara mengendarai mobil anda sendiri. Sehingga nantinya anda akan mengetahui jika terdapat keanehan-keanehan pada performa mobil anda.

Anda juga dapat melakukan uji jalan, hal ini menjadi salah satu perawatan mobil honda matic yang dapat anda lakukan. Anda hanya perlu menjalankan mobil anda dan mencba untuk memindah-mindahkan persneling. Saat perpindahan tersebut, anda bisa merasakan jika terjadi hal-hal yang tidak wajar pada mobil anda. Selain itu jika anda mendengarkan adanya suara-suara yang aneh ketika perpindahan persneling, maka hal ini menunjukkan jika ada masalah pada sistem transmisi mobil matic anda.

Jika masalah ini terjadi pada mobil anda, maka akan lebih baik untuk segera membawanya ke bengkel terpercaya dan resmi. Masalah transmisi cukup vital karena menjadi bagian yang paling penting dalam sebuah mobil matic.

5. Periksa Bagian Slip Kopling

Kendala mobil matic yang biasanya akan terasa langsung adalah pada bagian slip kopling. Jika terjadi kerusakan pada bagian ini, maka tentunya akan menyebabkan ketidakseimbangan ketika mobil anda melaju dalam kecepatan tinggi. Sehingga penting untuk memeriksa slip kopling pada mobil matic anda secara rutin. Sehingga hal ini akan menghindari resiko laju mobil yang tidak seimbang saat anda kendarai.

6. Pahami Penggunaan Transmisi Matic Yang Baik

Hal penting lainnya dalam perawatan mobil honda matic adalah mengenai cara mengemudi mobil matic yang benar. Hal ini lah yang harus dipahami setiap pemilik mobil matic. Tentunya penggunaan mobil matic berbeda dengan mobil transmisi manual. Untuk itu, ketika anda membeli jenis mobil transmisi otomatis, maka segeralah untuk mempelajari cara kerja dari mobil tersebut.

Sponsors Link

Agar sistem transmisi mobil matic tetap baik, maka akan lebih baik jika anda mengendarai mobil dalam kondisi yang stabil. Hindari jalanan-jalanan yang buruk yang mana dapat mengakibatkan kerusakan pada mobil anda. Selain itu jangan biasakan mengerem kendaraan namun tetap menarik gasnya, hal ini akan sangat berpengaruh pada sistem transmisi mobil.

Nah itu tadi beberapa cara merawat mobil matic baru yang bisa anda lakukan. Dan tentu saja, perawatan mobil matic Honda ini perlu dilakukan secara rutin sehingga peforma kendaraan tetap terjaga dengan baik. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk anda.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Friday 20th, October 2017 / 07:45 Oleh :
Kategori : Perawatan