Sponsors Link

10 Perawatan Mobil Bekas Paling Tepat

Sponsors Link

Perawatan mobil bekas tidak bisa disamakan dengan perawatan mobil baru. Mobil bekas cenderung membutuhkan perhatian lebih dan khusus agar kondisi serta peformanya tetap berjalan dengan baik. Yang terpenting adalah proses penanganan yang tepat dan tidak asal – asalan saja.

ads

Budayakan untuk disiplin saat proses perawatan mobil bekas. Jika anda tidak disiplin dan terjadi masalah pada mobil bekas anda, tidak sedikit orang yang merasakan dan mengeluh karena banyak biaya yang harus dikeluarkan.

Perawatan Mobil Bekas

perawatan-mobil-bekas Maraknya mobil beredar di masyarakat saat ini, membuat mereka untuk ingin segera memilikinya. Namun daya beli masyarakat sendiri bermacam – macam.

Untuk masyarakat dari kalangan kelas menengah ke atas, sudah pasti mampu untuk membeli mobil baru yang berada di dealer resmi. Berbeda dengan masyarakat dari kalangan kelas menengah ke bawah, tentunya mereka akan berfikir matang – matang untuk memutuskan membeli mobil baru.

Mereka lebih mementingkan kebutuhan yang lebih utama dari pada mobil seperti halnya tempat tinggal. Karena memang uang yang mereka miliki terbatas. Untuk mengatasi masalah seperti ini, tidak sedikit masyarakat memutuskan membeli mobil bekas yang kondisinya masih layak pakai.

Menurut saya itulah solusi yang paling tepat bagi mereka, toh fungsinya juga sama. Hanya saja apabila memutuskan untuk membeli mobil bekas, konsekuensinya harus paham cara perawatan yang baik dan benar.

Pada artikel kali ini saya bermaksud akan membahas lebih dalam mengenai perawatan mobil bekas yang mungkin bisa anda jadikan sebagai referensi, yuk simak penjelasannya bersama – sama sebagai berikut :

1. Service Berkala

Layaknya mobil baru, mobil bekas pun wajib untuk di service secara berkala. Service berfungsi untuk mengetahui kondisi mobil secara menyeluruh dan mengetahui sejak dini jika terjadi masalah atau pun kerusakan sehingga bisa segera tertangani dengan baik.

Untuk waktu yang tepat melakukan service biasanya sudah ditentukan oleh bengkel langganan anda setiap jarak tempuh tertentu. Jangan sampai anda mengabaikan poin yang satu ini jika anda tidak ingin mobil anda rusak parah dan perlu perbaikan berat dengan biaya mahal.

2. Ganti Oli

Jika anda ingin mengganti oli mobil secara mandiri hendaknya selalu memperhatikan cara ganti oli mobil yang baik dan benar. Disamping itu anda juga wajib mempelajari dan mengetahui cara ganti oli gardan mobil.

Pahami juga berapa lama harus ganti oli, jangan sampai terlambat. Keterlambatan bisa menyebabkan mobil berasap saat di gas.  Karena pada dasarnya fungsi utama dari oli sendiri berpengaruh terhadap peforma dari mobil anda. Tarikannya akan lebih enak jika oli masih dalam keadaan baik.

Sponsors Link

3. Bersihkan Interior dan Eksterior

perawatan interior mobil dan perawatan eksterior mobil sangat diperlukan untuk menjaga kondisi tetap bersih dan nyaman. Selain itu juga mempengaruhi peforma dari mobil itu sendiri. Debu yang dibiarkan saja secara terus menerus akan merubah warna mobil dan bisa juga beresiko munculnya karat.

Anda bisa melakukan proses pembersihan sebelum dan sesudah digunakan. Apalagi digunakan pada saat musim hujan dengan jalanan yang tergenang, anda wajib langsung mencucinya agar tidak cepat keropos atau pun berkarat.

4. Lakukan Pemanasan Mesin Setiap Hari

Perawatan mobil bekas selanjutnya adalah dengan melakukan pemanasan mesin secara rutin. Pemanasan mesin perlu dilakukan guna menjaga kondisi mesin tetap baik. Tanpa adanya pemanasan dalam jangka waktu yang lama, maka mobil akan sulit untuk distarter. Hal tersebut bisa memicu kerusakan pada mesin mobil anda.

ads

Biasakan melakukan pemanasan mobil setiap pagi meskipun tidak digunakan. Seminim – minimnya 10 sampai 15 menit dalam sehari sudah cukup. Yang terpenting mesin bisa bekerja secara rutin dan tidak ada jeda waktu terlalu lama.

5. Lakukan Pengecekan Pada Bagian Aki

Pengecekan aki juga sangat diperlukan untuk mengetahui kondisi air akinya kering atau tidak. Jika sudah mulai kering segeralah isi ulang air aki tersebut agar bisa kembali berfungsi dengan baik. Hal seperti ini biasanya menyebabkan aki sering tekor.

6. Lakukan Pengecekan Ban Secara Rutin

Isi angin pada ban yang tidak sempurna menimbulkan rasa ketidaknyamanan saat anda sedang mengemudi. Terlalu banyak angin menyebabkan ban menjadi keras dan saat berinteraksi dengan jalanan berbatu akan mudah terpental. Sedangkan terlalu sedikit angina menyebabkan velg cepat rusak.

7. Lakukan Pengecekan Kondisi Dari Air Radiator

Radiator yang baik adalah dalam kondisi terisi penuh air. Jika saat anda mengecek bagian radiator dan ditemukan air tidak penuh, maka segeralah isi sampai penuh. Namun anda wajib memperhatikan cara mengganti air radiator mobil agar tidak terjadi kesalahan nantinya.

Radiator sendiri sangat berpengaruh terhadap bagian mesin mobil, jika air dalam radiator tidak penuh akan menyebabkan bagian mesin menjadi cepat panas. Bisa dikatakan bagian ini adalah sebagai pendingin mesin mobil.

8. Lakukan Pembersihan Secara Rutin Pada Bagian Filter Karburasi

Jangan anda anggap remeh bagian yang satu ini. Jika kondisinya kotor karena jarang dibersihkan, akan menimbulkan masalah saat anda akan menghidupkan mobil. Tidak sedikit ditemukan kasus bagian filter karburasi dalam keadaan kotor pada mobil – mobil bekas yang dijual bebas dipasaran.

9. Perhatikan Bagian Wiper

Wiper merupakan salah satu bagian penting dari mobil yang mempunyai fungsi untuk membersihkan kaca mobil bagian depan secara otomatis. Anda wajib memperhatikan bagian karet yang ada pada wiper. Jangan sampai pada saat anda membutuhkannya di musim penghujan, malah wiper tidak bisa berfungsi dengan maksimal. Dampaknya anda bisa berada dalam bahaya karena jarak pandang mata terbatas dengan adanya air hujan tersebut.

Sponsors Link

10. Perhatikan Kondisi Cat Mobil Anda

Meskipun mobil bekas, menjaga kondisi cat agar tetap baik wajib dilakukan. Jika anda merawatnya dengan benar maka orang tidak akan mengira kalau mobil yang anda beli adalah mobil bekas. Karena kebanyakan orang yang dilihat dan dinilai ialah dari luarnya dulu. Kesan pertama inilah yang wajib anda perhatikan.

Dapat diambil kesimpulan bahwa artikel mengenai perawatan mobil bekas di atas yang diulas secara detail dan dikemas dengan menarik, diharapkan bisa membantu memudahkan dalam mempelajari serta memahaminya lebih dalam lagi.

Sehingga nantinya mungkin bisa dijadikan sebagai bahan referensi yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari – hari dan menambah wawasan bagi anda. Sampai disini dulu ya artikel kali yang membahas mengenai perawatan mobil bekas. Semoga bisa bermanfaat bagi anda dan terima kasih sudah meluangkan sedikit waktu untuk membaca artikel saya ini.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Thursday 05th, October 2017 / 12:32 Oleh :
Kategori : Perawatan