Sponsors Link

6 Cara Merawat Mobil Matic Avanza Yang Penting Dilakukan

Sponsors Link

Mobil Avanza merupakan salah satumobil terbaik dan mobil yang cocok untuk keluarga. Sehingga tak heran jika mobil MPV satu ini seringkali dijadikan pilihan bagi banyak orang untuk dijadikan sebagai mobil keluarga terbaik. Mobil Avanza didukung dengan fitur-fitur yang cukup lengkap dengan harganya yang cukup terjangkau di pasaran. Tak heran jika penjualan mobil Avanza cukup tinggi setiap tahunnya

ads

Mobil Avanza juga dilengkapi dengan 2 pilihan sistem transmisi yang mana dapat anda sesuaikan dengan kebutuhan berkendara yaitu sistem transmisi manual dan otomatis. Bagi anda yang memilih mobil Avanza dengan sistem transmisi otomatis, tentunya dibutuhkan cara perawatan mobil matic yang tepat sehingga mobil anda tetap terjaga peformanya. Apalagi mesin mobil avanza memang membutuhkan perawatan yang rutin, jika tidak bisa menyebabkan mesin menjadi macet dan rusak. Berikut ini beberapa cara merawat mobil matic Avanza yang dapat anda lakukan sendiri di rumah.

1. Rutin Mengganti Oli Transmisi

Untuk perawatan mobil avanza yang tepat, usahakan untuk menjaga kondisi oli transmisi agar tetap baik. Sama hal nya dengan mobil-mobil lainnya, penggantian oli menjadi hal penting yang sudha tertera dalam buku manual. Untuk Toyota sendiri menyarankan jika penggantian oli pada Avanza dilakukan setidaknya 40.000 – 100.000 km. Namun di beberapa bengkel-bengkel yang profesional menyarankan jika penggantian oli dilakukan saat jarak 20.000 – 25.000 km. Anda bisa menggunakan oli mobil terbaik yang direkomendasikan dari pabrikan mobil.

Banyak pemilik mobil yang terkadang mengabaikan hal ini, padahal dalam transmisi otomatis fungsi oli tidak hanya digunakan sebagai pelumas namun juga sebagai hidraulis. Sehingga kerja dari oli matik akan lebih berat dibandingkan dengan oli pada mobil manual. Sehingga butuh perhatian khusus pada kondisi oli transmisi matik anda.

2. Teliti Dalam Menggunakan Persneling

Cara merawat mobil avanza matic lainnya dapat dilakukan dengan cara meneliti dalam menggunakan persneling mobil. Sebagai pengguna mobil matic, penting  mengetahui beberapa hal yang harus dihindari dalam menggunakan persneling. Misalnya saja, hindari untuk menggunakan persneling P ketika mobil dalam kondisi berhenti. Kebiasaan buruk ini akan menyebabkan kerusakan pada bagian persneling mobil.

Selain itu, jika anda ingin memarkirkan kendaraan sehendaknya hindari menggunakan persneling D. Memarkirkan mobil matic dnegan persneling pada posisi D hanya akan membuat mobil mengalami kerusakan. Akan lebih aman jika anda memindahkannya pada posisi P.

3. Lakukan Uji Jalan

Sebagai pemilik mobil, anda tidak bisa melupakan uji jalan sebagai salah satu cara merawat mobil matic avanza. Caranya pun cukup mudah, anda hanya perlu mencoba memindah mindahkan persneling mobil anda. Setelah itu rasakan persneling anda ketika berpindah-pindah. Jika anda mendengarkan suara-suara aneh saat proses perpindahan persneling, seperti berisik dengan mobil sedikit terguncang maka hal ini menunjukkan jika sistem transmisi mengalami masalah.

Sponsors Link

Jika hal ini terjadi pada mobil anda, maka solusi tepat untuk mengatasinya adalah dengan segera membawa mobil anda ke bengkel-bengkel Toyota terpercaya. Hal ini merupakan masalah yang cukup krusial karena sistem transmisi menjadi bagian vital dari sebuah mobil matic.

4. Kenali Kerusakan Yang terjadi

Sebuah mobil tentu saja memiliki masalah tersendiri yang perlu diwaspadai, begitupun dengan moibl matic avanza. Sehingga penting untuk mendeteksi kerusakan dari dini sehingga nantinya tidak menjadi masalah yang besar. Misalnya saja masalah kebocoran pada gasket yang ada di dalam sistem transmisi. Jika volume oli berkurang sangat cepat dibandingkan kondisi normalnya, maka menandakan jika adanya kebocoran pada bagian tersebut.

Selain itu, saat berkendara pada jalanan yang tergenang atau banjir cukup tinggi, usahakan untuk melakukan pengurasan oli dikarenakan air bisa saja masuk ke dalam transmisi gearbo yang mana dapat merusakan komponen gearbo itu sendiri.

5. Service Mobil Berkala

Service mobil merupakan hal penting yang perlu diperhatikan setiap pemilik kendaraan karena kenyamanan dan keamanan dapat anda rasakan ketika melakukan service mobil secara rutin. Untuk mobil matic sendiri, tentunya anda harus mengikuti peraturan service yang sudah ditentukan dalam buku manual. Mobil matic apapun termasuk avanza sangat membutuhkan service mobil untuk menjaga peforma mobil tetap maksimal.

6. Memanaskan Mesin Mobil

Penting pula untuk memanaskan mobil anda setiap pagi sebelum akan digunakan, apalagi jika anda akan menggunakan mobil matic tersebut untuk perjalanan jauh. Beberapa orang mungkin menganggap memanaskan mobil merupakan hal yang sepele, namun cara ini dapat membuat kerja oli pada mesin menjadi lebih maksimal.

Sponsors Link

Jika anda mengabaikan kebiasaan ini maka dapat menyebabkan gangguan yang fatal pada mesin kendaraan. Dalam memanaskan mobil, penting untuk menempatkan tuas transmisi pada posisi N (Netral). Lakukan pemanasan kendaraan setidaknya 10-15 menit sebelum akan digunakan setiap paginya.

Selain itu penting pula untuk melakukan perawatan pada interior dan perawatan body mobil secara rutin. Tentunya hal ini akan berpengaruh cukup besar pada kenyamanan anda dalam berkendara. Jika terjadi kerusakan dan penggantian komponne, hendaknya mengganti komponen tersebut dengan spare part original dari mobil Avanza, jangan tertipu dengan harga yang murah namun kualitas tidak sebanding.

Nah itu tadi penjelasan mengenai cara merawat mobil matic avanza. Lakukan perawatan dengan rutin untuk menjaga peforma kendaraan. Semoga penjelasan diatas dapat bermanfaat untuk anda.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Friday 20th, October 2017 / 04:58 Oleh :
Kategori : Perawatan