Sponsors Link

5 Cara Merawat Mobil Hitam yang Benar

Sponsors Link

Jika Anda pergi ke dealer-dealer mobil, Anda tentu sudah tidak asing dengan harga mobil-mobil yang dijual di sana. Kisarannya bisa sampai ratusan juta, tergantung dari merek dan tipe mobil itu sendiri. Karena harganya yang sangat mahal ini, mobil sering dianggap sebagai aset dan dijadikan sebagai salah satu bentuk investasi bagi sebagian orang. Oleh karena itu, jika Anda memiliki mobil, sudah selayaknya dijaga dan dirawat, agar performanya tetap baik dan tidak menurunkan nilai jualnya.

ads

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk merawat mobil Anda. Semuanya tergantung dari jenis atau merek mobilnya. Cara merawat mobil berbahan bakar solar tentu akan berbeda dengan cara merawat mobil bensin. Mobil merek tertentu juga akan beda perawatannya dengan mobil yang berbeda merek. Misalnya cara sederhana merawat mobil toyota avanza berbeda dengan cara merawat mobil daihatsu dan yang lainnya. Perbedaan bisa ketika  ganti oli mobilcara mencuci mesin mobil,  cara memperbaiki kompresor AC mobil dan lain-lain. Bukan hanya itu, warna cat mobil juga dapat membedakan cara perawatannya. Mobil berwarna hitam bisanya mendapatkan perawatan yang berbeda dengan mobil warna lainnya. Cara Merawat Mobil Hitam akan dijelaskan lebih lanjut dalam artikel ini.

Cara Merawat Mobil Hitam

Perawatan mobil hitam sebenarnya tidak jauh berbeda dengan perawatan mobil berwarnya lainnya. Perbedaannya merawat mobil hitam harus dilakukan dengan sangat hati-hati. Karena jika ada goresan sedikit saja pada mobil hitam, maka akan sangat terlihat dan dapat merusak estetika mobil. Dilansir dari cars.com, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika kita hendak merawat mobil hitam.

1. Bersihkan Mobil dari Noda Secara Perlahan

Mobil manapun pasti perlu dibersihkan secara rutin untuk menghilangkan debu dan kotoran yang menempel. Namun beda perlakukannya dengan mobil hitam. Ketika membersihkan mobil hitam, dianjurkan untuk tidak menggosok catnya terlalu keras. Karena itu bisa menimbulkan goresan serta baret. Pada mobil hitam, sekecil apapun baret yang muncul pasti akan terlihat. Sebelum menggosok lebih baik semprotkan mobil terlebih dahulu dengan selang air bertekanan tinggi. Ini berguna untuk menghilangkan noda dan debu sebanyak mungkin agar tidak perlu banyak digosok.

2. Gunakan Dua Ember yang Berbeda

Ketika membersihkan mobil hitam, gunakanlah dua ember agar kotoran yang telah dibilas tidak kembali lagi ke badan mobil. Caranya adalah dengan mengguyur badan mobil dari atas, kemudian gosokkan ke arah yang sama. Kemudian bersihkan kain yang digunakan untuk menggosok dengan air bersih dan kemudian ulangi prosesnya. Kotoran yang menempel kembali pada mobil berbahaya akan menyebabkan goresan di kemudian hari. Meskipun tidak terlalu signifikan, namun dalam jangka panjang, goresan tersebut akan semakin nampak.

3. Gunakan Produk Lap yang Berkualitas Tinggi

Mengurangi sentuhan lapisan kasar pada eksterior mobil hitam sangat membantu dalam mengurangi resiko timbulnya goresan. Apalagi rambut-rambut halus saja dapat menimbulkan goresan pada mobil hitam. Philips seorang ahli otomotif menganjurkan untuk menggunakan kain mikrofiber untuk membersihkan mobil hitam. Kain mikrofiber dianggap memiliki kemampuan dalam menyerap air sebanyak tujuh kali lipat berat kain tanpa membuat goresan pada mobil.

Sponsors Link

Selain produk lap, teknik menggosok yang benar juga penting dalam menghindari timbulnya goresan pada mobil hitam. Cara yang dianjurkan adalah dengan menempelkan kain lap ke bagian mobil yang basah dan kemudian menepuk-nepuknya secara perlahan. Dengan menggunakan cara ini kain lap tidak perlu lagi disere-seret sehingga dapat menyebabkan goresan dan baret di sekitar mobil. Cara ini memang sangat memakan waktu, namun jika Anda tidak memiliki waktu untuk mengerjakannya, cukup dengan menggosokkan kain tadi ke badan mobil secara perlahan.

4. Gunakan Wax Mobil

Wax mobil memiliki manfaat yang sama dengan tabir surya, yaitu melindungi cat mobil dari sinar matahari. Selain itu, wax mobil juga berperan dalam menghalau air yang menempel dan menjaga bagian eksterior mobil tetap berkilau. Untuk melindungi cat mobil, segeralah aplikasikan wax pada mobil hitam Anda. Namun prosedur dan pemilihannya tetap harus mengikuti buku panduan mobil. Menurut Philips, waktu yang dianjurkan untuk menggunakan wax pada mobil adalah dua hingga tiga kali dalam setahun.

Sponsors Link

5. Hindari Pencucian Mobil Otomatis

Mencuci mobil hitam secara manual saja berpotensi menimbulkan goresan dan baret, apalagi dengan mencuci mobil secara otomatis. Pencucian mobil secara otomatis memang sangat cepat dan hasilnya juga tidak kalah dari yang mencuci secara manual, namun terkadang tempat pencucian mobil otomatis menggunakan bahan kimia yang keras yang dapat merusak cat mobil. Oleh karena itu, pilihan terbaik untuk mencuci mobil hitam Anda adalah dengan melakukannya sendiri.

Demikianlah penjelasan mengenai Cara Merawat Mobil Hitam yang benar. Perlu diingat, mobil dengan warna apapun dapat mengalami baret ataupun goresan. Hanya saja baret dan goresan pada mobil berwarna hitam akan sangat terlihat. Oleh karena itu, pembersihannya harus dilakukan dengan cara yang sangat hati-hati.

Sponsors Link
, , ,




Oleh :
Kategori : Perawatan